Memahami Karakter Seorang Introvert

Memahami Karakter Seorang Introvert

Introvert menurut Carl Jung adalah pribadi yang “dalam”. Introvert adalah sikap dan karakter yang cenderung menyendiri, dan sering mengesampingkan kehidupan sosial. Faktanya, kebanyakan orang menganggap introvert adalah suatu “penyakit” yang harus disembuhkan dan terkadang golongan ini dianggap tak ada di lingkungan. Padahal sebenarnya ini akan menurunkan mood dan mempengaruhi psikis dari seorang introvert.

Berbeda dengan introvert, ekstrovert yang merupakan lawan dari introvert, mereka membutuhkan sosial, cahaya dan keramaian untuk meningkatkan energi. Sedangkan introvert membutuhkan waktu untuk menyendiri untuk meningkatkan moodnya.

Golongan ini bukanlah anti sosial, mereka dapat berkumpul dengan orang lain, namun hanya dengan teman yang benar-benar dekat. Dalam hal bercerita, biasanya seorang introvert tidak menyukai basa-basi, dan hanya bercerita tentang masalah pribadinya dengan orang yang benar-benar ia percaya.

Seorang introvert lebih senang menghabiskan waktu untuk mendapatkan informasi seperti dari buku, majalah, koran ataupun televisi. Majalah American Journal of Psiciathry menyatakan bahwa, ada banyak darah yang mengalir di daerah anterior otak seorang introvert, dimana bagian tersebut berfungsi merencanakan sesuatu dan memecahkan masalah.

Introvert adalah pemikir yang dalam, mereka memiliki daya tangkap yang cepat dan kekuatan konsentrasi yang baik. Menurut Donna McMillan dalam surveynya meneliti ketepatan ekstrovert dan introvert dalam hal pendataan, introvert memberikan data yang akurat dibandingkan dengan ekstrovert yang berbelit-belit.

Dalam dunia pekerjaan, introvert cenderung tenang dalam menghadapi tekanan dan permasalahan. Golongan ini tidak menyukai pertikaian yang membuang energi dan waktu, dan cenderung bersikap netral dalam menghadapi perbedaan.

Berikut ini 10 Fakta tentang introvert :

  1. Introvert bukan tidak suka berbicara, namun mereka tidak suka basa-basi. Jika anda ingin berbicara dengan mereka berbicaralah. Mereka akan berbicara tentang hal yang mereka sukai sampai berhari-hari.
  2. Seorang introvert bukan berarti pemalu dan takut bertemu dengan orang. Mereka butuh sebuah alasan untuk berinteraksi.
  3. Introvert orang sangat menghargai lain dan ingin berteman dengan orang yang jujur.
  4. Introvert tidak pergi ke tempat umum dalam waktu yang lama.
  5. Introvert senang memiliki masalah untuk diselesaikan, namun terkadang merasa kesepian jika tidak memiliki siapapun untuk berbagi pencapaian.
  6. Introvert bukan tidak menyukai orang, namun mereka sangat pemilih dalam berteman dan jumlah temannya dapat dihitung dengan tangan.
  7. Introvert tidak suka mengikuti trend, namun mereka berpikir untuk standar mereka sendiri.
  8. Introvert sangat peduli terhadap orang lain, namun tidak suka ekspos.
  9. Introvert biasanya rileks di rumah atau di alam.
  10. Introvert tidak bisa memperbaiki diri dan menjadi ekstrovert, namun mereka pantas dihormati.

Artikel Kiriman: Magdalien Pattiasina

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *