Thursday , October 22 2020

Mau Jadi Youtuber, Yuk Intip dulu Daftar 5 Youtuber Sukses dan Inspiratif di Indonesia

Dunia per-youtube-an kini terlihat semakin populer saja ya. Banyak pengguna yang awalnya hanya sebagai penonton menjadi tertarik untuk membuat channel sendiri. Ada berbagai macam alasan yang membuat mereka ingin terjun menjadi seorang Youtuber, mulai dari menambah penghasilan, memperluas jaringan, atau hanya sekedar untuk hiburan dan sharing pengalaman.

Nah, buat kamu yang memiliki ketertarikan yang sama, ada baiknya intip dulu daftar Youtuber sukses di Indonesia berikut ini. Siapa tahu bisa memberi insight dan inspirasi, kan?

1. Atta Halilintar

Buat kamu yang suka nongkrong di Youtube pasti tidak asing dengan nama Atta Halilintar. Atta Halilintar adalah anak sulung dari sebelas bersaudara atau yang biasa dikenal dengan Gen Halilintar.

Awalnya, Atta menjadikan Youtube sebagai sarana untuk menjual produk-produknya. Namun, karena dia melihat peluang yang besar dari Youtube, dia pun semakin giat untuk meng-upload video. Dan kini, konten di channel-nya ada bermacam-macam, mulai dari kehidupan sehari-hari, gaming, prank, dan video kreatif lainnya.

Oleh karena kerja kerasnya, pada awal tahun 2019 ini, subscriber Atta telah melampaui 10 juta, yang membuat channel-nya menjadi pemilik subscriber terbanyak di Indonesia bahkan Asia Tenggara.

Atta sempat mengatakan, untuk bisa sukses, kita harus pandai melihat peluang dan mengikuti perkembangan jaman. Jadi, tetaplah berkembang dan asah kemampuan ya, guys.

2. Ria Ricis

Siapa yang tidak kenal dengan Ria Ricis. Youtuber sukses yang merangkap sebagai pembawa acara dan selebriti ini merupakan adik dari aktris Oki Setiana Dewi. Berbeda dari Sang Kakak yang memiliki pembawaan lembut dan anggun, gadis cantik bernama asli Ria Yunita ini justru berkepribadian ceria, energic, dan kocak abis. Tapi jangan salah,  justru ini yang menjadi salah satu daya tarik dan image dari si Ricis.

Kalau Atta adalah Raja per-youtube-an Indonesia, maka Ricis adalah Ratunya. Bahkan keduanya sempat saling kejar meskipun kini sudah tepaut agak jauh dengan subscriber Ricis yang berkisar di 10 juta. Konten yang dimiliki Ricis sangat ringan dan bervariasi, seperti vlog makanan, cover lagu, wisata, dan review mainan seperti squishy yang sempat populer. Karena itulah, kebanyakan viewers Ricis berada di kalangan remaja generasi Z.

3. Calon Sarjana

Berbeda dengan kedua channel Youtube yang menempati posisi dua teratas tadi, video-video di channel Youtube yang satu ini tidak melibatkan siapa pembuat kontennya. Channel yang telah memiliki 8 juta subscriber ini menyajikan video random yang unik dan menarik sehingga membuatnya berpotensi menjadi video viral. Beberapa jenis konten yang ada di sini adalah video kejadian aneh dan lucu, tips, fakta-fakta unik, dan berita-berita ter-update.

Channel ini bisa menjadi gambaran buat kamu para calon content creator yang ingin eksis dan menjadi Youtuber sukses tapi tidak ingin nampak di video. Bahkan, dengan begini kamu justru bisa lebih leluasa untuk berkarya tanpa mengganggu aktivitas harianmu.

4. Raditya Dika

Nama Raditya Dika mungkin lebih dikenal karena profesinya sebagai komedian. Namanya melambung berkat penampilannya di ajang Stand Up Comedy. Namun, awal mula perjalanan Raditya Dika bukanlah sebagai seorang entertainer, melainkan sebagai penulis blog yang berkembang menjadi penulis novel. Mungkin kamu yang penggemar Radit sudah pernah dengar novel berjudul Kambing Jantan. Nah, itulah buku pertama Raditya Dika yang diterbitkan.

Raditya Dika juga mulai membuat channel-nya sendiri dan mengisi channelnya dengan konten-konten akting komedinya.  Namun sekarang, channel tersebut tidak hanya berisi video komedi, tetapi juga berisi pengalaman dan aktivitas sehari-hari. Sampai saat artikel ini dibuat, subscriber Radit sudah melampaui 6 juta.

5. Kok Bisa

Subscriber channel satu ini mungkin bisa dibilang masih kalah jauh bila dibandingkan dengan empat channel di atas. Namun, dari kaca mata penulis, Kok Bisa memiliki suatu kelebihan penting dibanding yang lainnya. Meski masih memiliki 1.2 juta subscriber, tetapi channel ini berisi konten-konten yang sangat edukatif yang bisa mencerdaskan kehidupan anak bangsa. Cocok banget jadi panutan buat kamu yang memang dari awal ingin memiliki channel yang berdampak lebih.

Kok Bisa berisi video yang menyajikan berbagai pengetahuan, baik sosial maupun alam. Dilihat dari kontennya, pembuatannya juga tidak asal, melainkan disertai dengan riset yang mendalam. Dan tidak hanya itu, tampilannya juga memiliki grafis yang menarik. Jadi, selain bisa untuk belajar juga bisa sebagai hiburan. Namun, untuk membuat konten berkualitas semacam ini, kamu sepertinya butuh skill dan effort lebih. Jadi, sebaiknya mantapkan dulu tujuan dan motivasimu, lalu tentukan deh channel seperti apa yang akan kamu buat.

Okay guys, mungkin sekian dulu ya ulasan mengenai 5 Youtuber sukses di Indonesia. Dari sini kita bisa lihat, kalau ingin channel berkembang, konten harus unik dan memiliki konsep yang kuat. Tapi tenang saja, asal niat dan bertekat, teman-teman pasti juga akan sukses seperti 5 Youtuber di atas. So, tetap semangat! Kalau ada yang mau sharing atau tanya-tanya, silakan komen di kolom komen di bawah ini.

Feature image : www.antevenio.com

About Bas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *