Wednesday , October 28 2020

Masih Yakinkah Kita Bahwa Bumi Berputar dari barat ke Timur?

Benarkah Bumi Berputar dari Barat ke Timur ?

Saya sendiri juga setuju jika bumi yang kita pijak ini berputar / berotasi dari arah barat ke timur, namun masih banyak hal-hal tertentu yang masih membuat saya bingung.

Sudah banyak bukti meyakinkan yang mendukung bahwa bumi berputar dan putaranya dari barat ke timur ( Pendulum Faucault, Efek Koriolis, Aberasi Cahaya dan lain sebagainya ), walaupun masih sebatas teori saja. Belum ada bukti nyata seperti video yang memperlihatkan kepada manusia bahwa bumi berputar.

Jika benar bumi berputar dari barat ke timur,

Apakah bila kita mengendara kendaraan ke arah timur lebih mudah daripada kita berkendara ke arah barat ?

Jika jarak tempuh ke arah timur dan barat sama jauhnya, apakah waktu dan Energi yang kita gunakan untuk menempuh jarak ke barat dan ke timur sama ?

Manusia bisa bergerak melebihi kecepatan suara ?

Seperti kita ketahui dari para ilmuwan dan para ahli Astronomi yang menyimpulkan bahwa bumi berotasi ke arah timur dengan kecepatan di daerah khatulistiwa melebihi kecepatan suara sekitar 1.666 km/jam. ( kecepatan suara 1.238 km/jam ).Hal itu didapat dari pejumlahan keliling bumi 40.000 km / 24 jam = 1.666 km/jam.

Berarti kita sebetulnya walaupun tidak melalukan gerakan pun sudah bergerak 1.666 km/jam ke arah timur, luar biasa bukan. Namun jangan bangga dulu kalau kita bisa bergerak melebihi kecepatan suara, karena ikan dilaut, kucing, burung , pohon, bahkan gunung pun dan semua yang berada di bumi yang juga mendapatkan gaya gravitasi bumipun sesungguhnya juga bergerak melebihi kecepatan suara di daerah khatulistiwa bergerak ke arah Timur.

Nah Pertanyaanya adalah

Seandainya kita terbang dengan pesawat dengan kecepatan 1.666 km/jam dari Jakarta mengeliligi bumi kearah timur dan kembali lagi ke Jakarta, maka waktu yang kita butuhkan adalah 24 jam. Nah bagaimana jika kita mengelilingi Bumi daari Jakarta sampai Jakarta lagi namun lewat arah Barat dengan pesawat dan kecepatan yang sama serta mengabaikan faktor2 lainya seperti kecepatan angin dan lain sebagainya ?

Apakah waktu yang kita butuhkan sama ?

Apakah Daya / Energi yang kita butuhkan juga sama ?

Seperti kita tahu bahwa bumi berputar ke arah timur, berarti jika kita bergerak kearah timur tentunya akan lebih mudah dari pada kita bergerak ke arah barat yang berlawanan arah rotasi bumi.

Namun yang kita rasakan saat berlari kearah barat dengan berlari kearah timur sepertinya sama saja bukan ?

Kita juga tidak mengalami kesulitan saat harus melempar benda ke arah barat ataupun ke arah timur, benarkah demikian ?

Pengalaman Naik Pesawat

Saat kita naik pesawat terbang, pesawat bergerak kearah depan, namun sepertinya kalau kita berjalan kearah depan dan kebelakang terasa sama saja, benarkah demikian ?

Saat kita melempar benda ditangan kita keatas, benda tersebut tidak juga lari kebelakang, padahal pesawat bergerak kedepan, benarkah demikian ?

Pro vs Kontra Bumi berputar

Bagi Kawan-kawan yang meyakini bahwa Bumi tidak berputar alias diam ditempat, abaikan saja artikel yang saya tulis ini. Tapi bagi kawan-kawan yang membenarkan, meyakini bin percaya bahwa Bumi berputar dan putaran bumi dari arah barat ke Timur harus bisa menjawab pertanyaan di atas ya ? Supaya kita tambah yakin bahwa Bumi memang benar berputar dan putaranya ke arah timur.

Atau mungkin kawan-kawan ada yang bekerja jadi sopir, Nahkoda Kapal atau Pilot Pesawat Terbang ? Bagi-bagi pengalamannya dong tentang petualangan kawan-kawan, kira-kira lebih enak mana sih meluncur ke arah Barat atau meluncur ke arah Timur ?