Friday , October 30 2020

Mari Kenali Gejala Awal Depresi

Tidak ada satu orang pun di dunia ini yang terbebas dari masalah. Masalah bisa timbul kapan saja, dimana saja dengan berbagai macam faktor. Namun, tidak semua orang memiliki kepekaan terhadap masalah yang mereka alami. Biasanya stres atau depresi dikarenakan kurang sabarnya seseorang dalam menghadapi masalah tersebut.

Stres atau depresi bisa datang dari mana saja. Mulai dari masalah keluarga, percintaan, pekerjaan ataupun lingkungan hidup yang kurang mendukung sehingga dapat menyebabkan seseorang depresi. Oleh karena itu, kenali gejala-gejala awal depresi sejak dini agar tidak berakibat fatal. Berikut beberapa gejala awal depresi yang bisa Anda kenali:

1. Berat Badan Turun atau Meningkat Drastis

Biasanya seseorang yang mengalami gejala depresi bisa berpengaruh pada berat badan. Stres atau depresi bisa menyebabkan sebagian orang memiliki masalah pada nafsu makannya. Ada tipe orang yang berat badannya akan turun ketika mengalami stres atau depresi karena tidak nafsu makan. Tetapi ada pula orang yang justru nafsu makannya meningkat untuk melampiaskan kesedihannya dengan banyak makan.

2. Cepat Marah dan Mudah Tersinggung

Seseorang yang mengalami stres berat atau depresi biasanya akan mudah marah dan tersinggung. Ia biasanya lebih sering terlihat murung dan sedih. Apapun yang diperbuat oleh orang-orang di sekitarnya selalu salah dan memicu kemarahan pada dirinya. Kemarahan tersebut biasanya terjadi tanpa penyebab yang jelas.

3. Lebih Senang Menyendiri

Seseorang yang depresi biasanya lebih suka menyendiri dan menarik diri dari pergaulan. Orang-orang yang berada dalam tipe ini cenderung asyik dengan dunianya sendiri seperti hanya bersosialisasi di dunia maya. Bagi orang yang mengalami stres atau depresi merasa lebih nyaman dalam kesendirian dan biasanya lebih pendiam.

4. Tidak Fokus

Bagi seseorang yang mengalami stes atau depresi, ia lebih sering tidak fokus. Ia akan cenderung memiliki kesulitan untuk memfokuskan dirinya pada suatu hal. Tugas-tugas atau pekerjaannya akan terbengkalai. Selain itu, orang yang sedang mengalami depresi akan seringkali tidak nyambung apabila diajak berbicara oleh rekannya.

Stres atau depresi yang terjadi pada seseorang akan menyebabkan kesulitan tidur di malam hari. Adanya perasaan cemas dan takut itulah yang membuat ia sulit tidur. Seseorang yang depresi biasanya menderita Insomnia sehingga mengakibatkan rasa ngantuk di siang hari.

Itulah gejala awal stres atau depresi yang bisa terjadi pada siapa saja. Kenali gejala-gejala stres atau depresi sejak awal agar ancaman stres atau depresi tidak terjadi pada diri Anda. Solusinya adalah pastikan diri Anda untuk selalu bersabar pada setiap masalah yang terjadi. Jadilah seseorang yang terbuka dengan menceritakan segala permasalahan pada orang-orang yang Anda percaya. Pasalnya, mencurahkan isi hati setidaknya bisa membantu Anda mengurangi permasalahan yang terjadi.