Friday , October 23 2020

Mari Belajar Prinsip Sukses Bisnis Orang China

Kebanyakan para pelaku bisnis Orang China ( Tionghoa ) bisa sukses karena menerapkan prinsip menjadi pengusaha dengan cara mengajarkannya turun-temurun di keluarga besar. Jika Anda ingin sukses dalam berbisnis, maka ketahui suksesnya bisnis orang China karena berikut ini.

1. Pedoman Orang China “Jika Tidak Bekerja, Lebih Baik Mati”

Orang China sukses dalam berbisnis karena memiliki pedoman bahwa jika tidak bekerja, maka lebih baik mati. Selagi masih diberi kesempatan untuk hidup, maka manfaatkan waktu dengan bekerja sebaik-baiknya. Selagi masih diberikan kesempatan untuk bekerja dan mencari uang, maka manfaatkan kesempatan yang ada. Meskipun sudah tua, namun jika masih mampu bekerja, maka orang China akan tetap bekerja. Tampaknya memang harus begitu jika ingin sukses, maka tidak mengenal usia untuk berhenti. Kebanyakan orang-orang adalah akan santai ketika usia sudah tua.

2. Tidak Mudah Menyerah

Bagi orang China, masalah yang timbul adalah bagian pelajaran yang harus dipelajari guna dipahami mengapa itu dapat terjadi. Mereka akan berusaha untuk mencari penyelesaian dari masalah tersebut. sesulit apapun pelajaran yang dihadapi, orang Cina tidak akan mudah menyerah. Bisnis yang akan sukses itu jika berani menghadapi masalah dan mampu membenahinya dengan cara yang benar. Bukan melarikan diri dari masalah bahkan mudah menyerah.

3. Hemat Bukan Berarti Pelit

Orang China dipandang sebagai orang yang pelit. Itu karena mereka menerapkan prinsip untuk berhemat. Lihat saja orang China yang memiliki usaha kecil-kecilan, maka akan membelanjakan pendapatannya dengan sangat terbatas. Ketika sudah sukses, mereka pun masih membelanjakan uang dengan cara yang sama. Itu adalah prinsip hemat mereka agar dapat terus mencukupi kebutuhan keluarga dan juga bekal masa depan.

Orang China sangat tidak senang terbelit hutang dan sangat benci untuk membelanjakan uang dalam jumlah sangat banyak. Pendapatan yang diterima harus dapat dibagi-bagi dan lebih banyak ditabung. Sehingga tidak heran jika orang China bukanlah orang yang konsumtif. Jika memang tidak perlu beli, maka tidak akan beli meskipun ingin. Sehingga orang China tentu tidak akan kebingungan ketika akan menyekolahkan anak-anak mereka. Sebab mereka telah memiliki tabungan untuk itu karena berhemat.

4. Memahami Bisnis Yang Dijalankan

Orang China perlu sekali untuk belajar dari nol mengenai pekerjaan mereka. Meskipun kedudukan mereka sudah langsung menjadi penerus dari pemilik perusahaan, namun harus belajar dari nol. Belajar mengenai asal-muasal perusahaan tersebut berdiri. Sehingga dapat membawa bisnis menuju ke ambang kesuksesan.

Jika Anda ingin menjadi pelaku bisnis yang sukses, memang harus belajar dari kesuksesan orang Cina. Jika memang positif, mengapa Anda tidak ikut mencoba. Satu yang masih sulit untuk dilakukan bagi sebagian orang adalah bertempur dengan sifat konsumtif. Anda tentu menyetujuinya.

5. Siap Bersaing

Salah satu yang paling penting adalah bersaing memperebutkan pelanggan. Para pebisnis China akan menjual barang dan jasanya dengan untung sedikit tapi mampu menjual banyak.

Ada beberapa keuntungan dengan strategi bisnis ini :

  1. Untung sedikit tapi dikali dengan laku yang banyak, hasil akhir pasti keuntunganya banyak.
  2. Barang dagangan kualitasnya terjaga karena cepat laku dan habis berganti dengan barang baru.
  3. Karena harganya lebih murah, konsumen pun akan banyak berlangganan.
  4. Uang selalu berputar dan berubah menjadi keuntungan.

Banyak pelaku bisnis orang asli pribumi yang gagal karena tidak siap bersaing. Kita lebih memilih barang laku sedikit tapi untungnya banyak. Akibatnya banyak konsumen jadi enggan membeli produk mereka untuk kedua kalinya karena ada produk orang China yang lebih murah dengan kualitas dan merek yang sama. Alhasil, pelanggan sedikit = untung sedikit = matinya bisnis.

Masih banyak rahasia suksesnya bisnis orang China yang perlu kita pelajari, bukan semata mata hanya mencontoh, tapi memang sudah seharusnya prinsip-prinsip bisnis yang keliru harus ditinggalkan supaya bisnis kita bisa sukses.

About Bas