Saturday , October 24 2020

Manfaat Susu Agar Tidur Menjadi Lebih Nyenyak

Susu merupakan cairan berwarna putih yang memiliki gizi baik untuk tubuh manusia. Susu ini dihasilkan oleh kelenjar susu amalia yaitu salah satunya adalah berasal dari manusia atau sapi. Bagi seorang bayi, susus merupakan sumber gizi utama untuk membantu pertumbuhan sebelum seorang bayi dapat mengkonsumsi dan mencerna makanan padat.

Selain mengandung gizi, susu juga memiliki banyak fungsi dan manfaat yang berguna bagi manusia. Tidak hanya bayi, manusia dewasa pun sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi susu, terutama bagi mereka yang berada di usia produktif. Susu sangat membantu pertumbuhan mereka yang masih berada di usia produktif. Bagi orang yang telah lanjut usia, susu dapat membantu menopang tulang agar tidak mengalami keropos. Pasalnya, susu memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik untuk tubuh seperti vitamin, protein, kalsium, magnesium, fosfor, zinc, mineral dan lemak. Oleh sebab itu, setiap orang sangat dianjurkan minum susu untuk memenuhi sebagian kebutuhan tubuh agar tubuh mendapatkan asupan nutrisi yang baik.

Ada manfaat lain yang mengenai susu yang perlu Anda ketahui. Ternyata susu dapat membuat Anda tidur lebih nyenyak. Bagi Anda yang mengalami kesulitan tidur di tengah padatnya aktivitas, susu bisa menjadi salah satu solusi yang baik dan tidak boleh dilewatkan. Pasalnya, tidur merupakan kebutuhan manusia yang sangat penting untuk memenuhi energi dalam tubuh manusia. Apabila tubuh Anda terisi energi dengan baik, Anda pun dapat tetap semangat beraktivitas setiap harinya.

Kurang tidur disinyalir dapat mengakibatkan rusaknya sel-sel dalam otak. Tentu Anda tidak mau hal tersebut terjadi pada diri Anda, bukan? Dari kurangnya tidur itulah yang kemudian mengakibatkan imunitas di dalam tubuh manusia menurun. Ketika imunitas menurun, beragam jenis penyakit pun mulai bermunculan seperti flu, depresi, diabetes, jantung, hipertensi, obesitas, hingga kesulitan berkonsentrasi ataupun mengingat.

Seluruh sistem yang ada dalam tubuh Anda pun dapat terganggu apabila Anda mengalami kurang tidur. Kondisi detak jantung pun mulai tidak teratur, stres meningkat, kulit menjadi lebih kusam, kondisi gula darah meningkat, dan Anda pun lebih berisiko terkena kanker. Meskipun demikian, banyak orang yang tidak menyadari hal tersebut sehingga mengabaikan kebiasaan tidur sehat. Malah jika pekerjaan menumpuk, banyak orang yang akan mengkonsumsi kafein dan minuman berenergi untuk menghilangkan rasa ngantuk.

Padahal, seharusnya orang dewasa harus memiliki kuantitas ataupun kualitas tidur selama 7 – 8 jam per hari. Supaya tidur menjadi lebih berkualitas, ada baiknya untuk mengkonsumsi susu hangat sebelum tidur untuk membantu tidur menjadi lebih nyenyak. Susu yang dikonsumsi sebelum tidur dapat meningkatkan kualitas tidur seseorang menjadi lebih nyenyak dan tidak sering terbangun. Apabila tidur Anda berkualitas setiap harinya, tentu tubuh pun menjadi lebih segar dan berenergi.

Pasalnya, kalsium pada susu tidak hanya memberikan efek yang baik untuk tulang. Namun, kalsium dalam susu sangat berperan dalam mempengaruhi seseorang untuk tidur lebih nyenyak atau tidak. Bagi Anda penderita insomnia, susu merupakan obat yang paling mujarab untuk dikonsumsi sebelum tidur. Selain itu, Anda harus menjauhkan gadget ataupun benda elektronik lainnya dua jam menjelang tidur. Anda juga bisa mandi dengan air hangat agar tubuh menjadi lebih rileks.

Mulailah, mengkonsumsi susu sejak dini agar kebutuhan tubuh terpenhi. Anda pun menjadi lebih sehat dan berenergi.

About Bas