RUMUS KELILING LINGKARAN

 

Supaya lebih asyik mari kita belajar menghitung penggunaan rumus keliling lingkaran dalam kehidupan sehari hari yang dapat kita temui.

Contoh Soal:

Waktu liburan di Bali, Valentino Rossi ingin menghibur masyarakat setempat dengan melakukan balapan motor di sebuah lintasan yang berbentuk lingkaran. Akan tetapi Valentino Rossi tidak mengetahui berapa panjang lintasan untuk satu kali putaran. Sedangkan dia harus menyelesaikan 20 kali putaran.

Tujuan Valentino Rossi mengetahui panjang lintasan adalah untuk memperkirakan kira-kira mau diisi bensin berapa liter Motor yang akan Valentino Rossi gunakan supaya kecepatan motor bisa lebih maksimal dengan membawa bahan bakar yang lebih sedidit.

Kemudian Valentino Rossi bertanya kepada Lorenzo.

Hai Lorenzo, apakah kamu tahu berapa panjang lintasan yang akan kita coba nanti ? Lorenzo menjawab : Kalau panjang lintasan saya tidak tahu, tapi menurut orang-orang disini jari jari lingkaran yang akan kita buat balapan nanti sepanjang sepanjang 450 meter. Dengan mengetahui jari jari lingkaran tersebut, kamu bisa mengetahui berapa panjang lintasan atau keliling lingkaran dengan menggunakan rumus keliling lingkaran Rossi, Ujar Lorenzo.

Valentino Rossi pun menjawab: Ok, Terimakasih Lorenzo, menghitung keliling lingkaran dengan menggunakan rumus keliling lingkaran adalah makanan empuk bagi saya hahahaaaa Ujar Rossi bercanda.

Kemudian Valentino Rossi mengambil sebuah buku dan sebuah pensil lalu menulis rumus untuk menghitung keliling lingkaran.

Rumus Keliling Lingkaran = 2 x r x π sama dengan  π x d

π ( phi ) = 22/7 = 3,14

r ( jari-jari lingkaran ) = 450 meter.

d ( diameter lingkaran ) = 2 x r = 2 x 450

d = 900 meter.

Jadi keliling lingkaran = π x d = 3,14 x 900 = 2.826 meter.

Jadi untuk 1 kali putaran Valentino Rossi harus menempuh jarak 2.826 meter kalau 20 x putaran ya tinggal kalikan saja 2.826 x 20 = 56.520 meter = 56, 52 km.

Dengan menggunakan rumus keliling lingkaran kini Valentino Rossi sudah bisa mengetahui berapa meter jarak untuk satu kali putaran dan jarak total untuk 20 x putaran.

Jika Motor yang akan digunakan Valentino Rossi dalam 1 liter bisa menempuh jarak 30 km, kira2 berapa literkah Valentino Rossi harus mengisi tangki motor nya dengan bensin ?

56.520 meter / 30 = 1,884 liter.

Jadi Valentino Rossi harus mengisi tangki motornya minimal 1,8 liter bensin.

Nah Ternyata Matematika itu asyik kan ? Rumus keliling lingkaran ternyata mempunyai manfaat juga lho buat juara dunia 7 x Moto GP Valentino Rossi heheheeee…..