13 Manfaat Nasi Jagung Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Nasi Jagung Untuk Kesehatan

Nasi jagung atau yang dikenal dengan nama sego empog ini adalah salah satu makanan khas yang berasal dari Jawa Tengah, Jawa Timur, Flores, Sumbawa dan pulau Timor. Namun, nasi jagung ini lebih terkenal di daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur. Surabaya dan Madura contohnya, sangat mengenal makanan ini. Menu ini merupakan variasi nasi bagi masyarakat Madura.

Terbuat dari jagung sebagai bahan dasarnya. Biasanya jagung yang dipilih untuk makanan ini berasal dari buah yang sudah tua atau dikenal dengan istilah jagung pipil. Jagung pipil ini memiliki harga yang relatif murah dibanding dengan jagung manis ataupun jagung muda dan mudah ditemukan di pasaran.

Dahulu nasi jagung ini dibuat menggantikan nasi putih. Akibat dari harga beras yang cukup mahal, masyarakat yang berstatus sosial menengah ke bawah kesulitan membeli beras. Mereka tidak memiliki uang yang cukup untuk membeli beras sehingga beralih pada nasi jagung.

Nasi jagung memiliki kesamaan dengan nasi putih yang disajikan dengan lauk pauk. Hanya saja perbedaannya terletak pada kandungan gizi, nutrisi dan karbohidrat. Nasi jagung dipercaya memiliki nilai gizi yang lebih tinggi dibandingkan dengan beras. Kaya akan vitamin A, B1, B6, B12, C dan E. Selain itu, juga mengandung mineral dan serat. Gizi tertinggi yang terkandung dalam nasi jagung adalah Magnesium. Dalam hal ini, magnesium bisa membantu mengurangi risiko diabetes dan darah tinggi. Namun, bagi mereka yang tidak cocok mengkonsumsi jagung dapat menyebabkan flatus atau buang angin.

 

Apa saja manfaat nasi jagung untuk kesehatan?

Jagung dapat diolah menjadi nasi jagung yang berguna untuk kesehatan.

1. Sumber Energi

Nasi jagung yang mengandung karbohidrat merupakan jenis makanan yang dapat memberikan sumber energi. Jagung kaya akan kalori. Tiap100 gram nasi jagung memiliki kandungan kalori sebesar 345 kal.

2. Mengatasi Gangguan Pencernaan

Terdapat 18,4% kandungan serat di dalam nasi jagung dari jumlah yang disarankan setiap harinya. Oleh karena itu, nasi jagung sangat bermanfaat membantu menurunkan berbagai gangguan pencernaan seperti wasir atau sembelit. Serat sangat bermanfaat dalam mengatasi masalah buang air besar. Serat dapat merangsang gerak peristaltik dan merangsang produksi asam lambung dan empedu. Selain jagung, Anda bisa menemukan kandungan serat yang baik bagi pencernaan pada buah pepaya, kacang merah dan sawi hijau.

3. Mengatasi Diare

Kandungan serat yang terdapat pada nasi jagung bisa membantu mengurangi masalah Irritable Bowel Syndrom (IBS) dan diare.

4. Mencegah Terjadinya Kardiovaskular

Selain serat, ternyata nasi jagung mengandung lemak dan efek anti aterogenik yang dipercaya mampu menurunkan risiko gangguan kardiovaskular. Caranya dengan mengurangi kadar kolesterol di dalam tubuh. Hal tersebut bisa membantu mengurangi tersumbatnya arteri, mengurangi tekanan darah, mengurangi resiko jantung bahkan stroke. Kandungan tersebut juga bisa ditemukan pada oatmeal, biji bunga matahari, dan ikan patin.

5. Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Ternyata di dalam nasi jagung terdapat kandungan beta karoten yang merupakan sumber vitamin A. Vitamin A sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit dan meningkatkan sistem imun di dalam tubuh manusia.

6. Menurunkan Resiko Terjadinya Kanker

Nasi jagung bisa membantu menurunkan resiko terjadinya kanker usus besar. Nasi jagung kaya akan kandungan asam fenolik (senyawa ferulic) yang menjadi agen anti kanker. Senyawa ini sangat efektif dalam memerangi tumor pada kanker payudara dan hati. Kandungan anthocyanin yang ada pada nasi jagung bisa memerangi radikal bebas yang memicu penyebab kanker.

7. Mencegah Anemia

Kandungan zat besi pada nasi jagung ternyata bisa membantu mencegah terjadinya anemia. Senyawa ini dapat membantu produksi sel-sel darah merah dalam tubuh.

8. Membantu Menjaga Kesehatan Tulang

Nasi jagung dapat membantu menjaga kesehatan tulang dengan kandungan kalsium, fosfor, dan magnesium. Kandungan-kandungan tersebut dapat mengatur pertumbuhan serta meningkatkan kekuatan tulang secara alami dan normal.

9. Menjaga Fungsi Ginjal

Manfaat nasi jagung untuk kesehatan berikutnya adalah menjaga fungsi ginjal. Ternyata kandungan fosfor pada jagung sangat bermanfaat menjaga fungsi dalam organ ginjal pada tubuh Anda. Ginjal Anda pun kesehatannya dapat terjaga dan memiliki kondisi yang normal.

10. Baik Bagi Wanita Hamil

Wanita hamil sangat disarankan agar sering mengkonsumsi nasi jagung. Asam folat yang terkandung dalam nasi jagung memiliki peran yang sangat penting untuk pertumbuhan janin. Ketika seorang wanita sedang hamil dan mengalami kekurangan asam folat dapat mengakibatkan cacat maupun penurunan pada berat badan bayi ketika dilahirkan. Nasi jagung juga bisa membuat ASI menjadi lebih lancar. Anda juga dapat menemukan kandungan asam folat pada asparagus, kacang almond, dan pisang ambon.

11. Menjaga Fungsi Mata

Senyawa karotenoid yang terkandung pada nasi jagung terdiri dari lutein dan zeaxanthin yang bisa memberikan pigmen warna kuning pada jagung. Hal tersebut sangat berguna menjaga penglihatan mata. Senyawa ini dapat mencegah terjadinya katarak ataupun gangguan penglihatan lainnya.

12. Melancarkan Buang Air Kecil

Nasi jagung dapat mencegah terjadinya infeksi pada saluran kemih karena sifatnya yang diuretik. Selain itu, juda dapat mengobati asam urat dan mencegah gangguan yang terjadi pada ginjal seperti batu ginjal.

13. Sangat Baik Bagi Penderita Diabetes

Bagi Anda yang memiliki orangtua, keluarga, saudara ataupun kerabat yang menderita diabetes sebaiknya sarankan agar mengkonsumsi jagung. Perbedaan nasi jagung dan nasi putih terdapat pada kandungan karbohidratnya. Karbohidrat yang terdapat pada nasi merupakan karbohidrat sederhana. Sedangkan, karbohidrat yang terdapat pada jagung adalah karbohidrat kompleks. Saluran pencernaan pada tubuh kita akan mencerna karbohidrat kompleks secara lambat sehingga kadar gula dalam tubuh pun mengalami kenaikan secara lambat pula.

Hal tersebut yang bisa mengakibatkan perut akan terasa kenyang lebih lama. Karakteristik makanan yang terbuat dari jagung sangat bermanfaat bagi para penderita diabetes. Makanan ini juga sangat bagi untuk orang-orang yang sedang melakukan diet atau proses penurunan berat badan.

Bagi Anda yang ingin memanfaatkan jagung sebagai pengganti nasi harus mengetahui bahwa proses pembuatannya memang agak sedikit rumit. Ketika ingin memasak nasi jagung sebaiknya gunakan takaran air yang pas. Pasalnya, masakan ini lebih menyerap air. Nasi jagung juga merupakan bahan makanan yang relatif murah. Anda pun bisa berhemat, hidup pun menjadi lebih sehat!

Itulah beberapa manfaat nasi jagung untuk kesehatan tubuh kita.