Wednesday , October 21 2020

3 Manfaat Minyak Ikan Cod Pada Kesehatan Anak

Banyak orang yang menganggap bahwa minyak ikan yang memiliki fungsi dan manfaat baik untuk tubuh bersumber dari ikan Cod. Namun, ternyata minyak ikan yang biasa Anda konsumsi tidak selalu berasal dari ikan Cod. Ikan Cod memang memiliki ukuran tubuh yang cukup besar. Oleh karena itu minyak yang terkandung di dalam tubuh ikan Cod memiliki jumlah yang lebih banyak jika dibandingkan dengan jenis minyak ikan lainnya.

Sejak ratusan tahun yang lalu, minyak hati ikan Cod memang telah dirasakan manfaatnya. Minyak hati ikan Cod pada saat itu lebih dikenal oleh masyarakat miskin yang berada di Inggris bagian utara, Skotlandia, Irlandia, Eropa bagian utara, Islandia dan Newfoundland.

Berikut ini ada beberapa penelitian yang menyatakan minyak ikan memiliki khasiat sangat baik untuk kesehatan tubuh. Berikut ini ada 3 fakta terbaru terkait manfaat dari minyak ikan yang perlu Anda ketahui. Simak dulu ulasannya sebagai berikut!

1. Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak

Tahukah Anda? Ternyata salah satu studi yang berasal dari Universitas Oxford di Inggris, melakukan penelitian terhadap 362 orang anak yang masih berusia 7 – 9 tahun. Dalam hasil penelitian ini terungkap bahwa omega-3 memiliki manfaat yang baik untuk anak dalam meningkatkan kemampuan membaca. Keseluruhan responden diberi suplemen minyak ikan yang merupakan sumber omega-3 selama 16 minggu dengan dosis sebanyak 600 mg.

Jumlah tersebut sebenarnya tidak signifikan pada keseluruhan sampel. Meski demikian, kemampuan membaca pada anak yang awalnya rendah menjadi tinggi dalam kurun waktu sekitar 3 minggu jika dibandingkan dengan anak yang hanya mendapat suplemen plasebo atau tidak memiliki zat aktif.

2. Kesehatan Gigi dan Gusi

Gigi yang bersih dan gusi yang sehat merupakan idaman bagi setiap orang. Dalam hal ini minyak ikan tidak hanya bermanfaat pada kesehatan dan kecerdasan anak. Melainkan sangat bermanfaat bagi kesehatan gigi dan mulut. Seseorang yang mengkonsumsi minyak ikan selama 5 tahun ternyata memiliki kesehatan gigi dan mulut yang terjaga. Mereka tidak mengalami masalah pada gigi dan gusi. Peneliti yang berasal dari Jepang juga menemukan rendahnya asupan pada lemak esensial omega-3 yang dapat meningkatkan peluang terjadinya penyakit periodontal.

3. Membatasi Keinginan Dalam Mengkonsumsi Junk Food

Jika anak Anda terlalu suka mengkonsumsi junk food, berikanlah ia minyak ikan. Pasalnya minyak ikan ini dapat mengurangi keinginan anak dalam mengkonsumsi junk food. Selain itu, suplemen minyak ikan dapat meminimalkan efek junk food pada otak. Fakta tersebut mulai diyakini setelah University of Liverpool telah melakukan analisa dan mendapatkan bukti dari suplemen asam lemak omega-3.

Gemar dalam mengkonsumsi junk food wajib di hindari sejak dini. Pasalnya mengkonsumsi junk food secara berlebihan dapat menghalangi proses pembentukan sel saraf baru atau neurogenesis. Kebiasaan dalam mengkonsumsi bahan makanan yang memiliki asam lemak omega 3 dapat mencegah efek negatif dengan cara merangsang area otak yang mengontrol makan, ingatan dan belajar.

Minyak ikan pada dasarnya memang tidak memiliki efek langsung pada proses tersebut di area otak. Minyak ikan dalam hal ini memiliki peran yang cukup penting dalam mengurangi kemampuan karbohidrat, gula ataupun lemak jenuh yang dengan menghambat kontrol pada otak untuk mencegah keinginan makan.

About Bas