Thursday , October 22 2020

Manfaat Mendengarkan Alunan Musik Klasik Saat Ibu Sedang Hamil

Sering mendengar nasihat dari ibu-ibu yang telah berpengalaman mendidik anak dengan mengatakan kepada calon ibu yang sedang hamil, “Dengarkanlah musik klasik.” Ada apa sebenarnya dengan musik klasik? Ternyata bagi wanita yang sedang hamil, dengan mendengarkan musik klasik terutama sejak dini atau ketika memasuki sepuluh minggu awal kehamilan, akan membuat ibu dan bayi merasakan keuntungan.

Ibu Mendengarkan, Bayi Mulai Menyeimbangkan Fungsi Kerja Otak

Bagi Anda yang jarang mendengarkan musik sebelum hamil, maka ketika hamil hendaklah mulai membiasakan mendengarkan musik. Pilihlah musik klasik yang memiliki keuntungan bagi Anda dan calon bayi di dalam kandungan. Luangkanlah waktu untuk mendengarkan musik klasik barang setengah jam. Anda dapat mendengarkan secara langsung melalui radio, speaker gadget, atau headset. Jika dengan headset, maka Anda dapat menempelkan salah satu bagian headset agar menempel di perut Anda. Bayi di dalam kandungan akan ikut mendengarkan musik klasik tersebut. di awal 10 minggu kehamilan, bayi di dalam kandungan akan mulai memahami keadaan di sekitar. Bayi di dalam kandungan mampu merasakan ada belaian di sekitar perut, mendengarkan suara aliran darah sang ibu, suara detak organ jantung sang ibu, sampai mampu ikut mendengarkan alunan musik klasik. Bayi juga mulai mampu menyeimbangkan fungsi kerja otak. Terutama bagian otak kanan yang dirangsang dengan mendengarkan alunan musik klasik akan membangun kecerdasan otak pada bayi.

Ibu Tidak Merasakan Sakit, Bayi Menjadi Lebih Tenang

Ketika hamil, ada kalanya Anda maupun calon ibu lainnya yang sedang mengandung bayi merasakan sakit. Wajar dirasakan dan jangan sampai Anda menjadi tersiksa bahkan stress karena sakit yang dirasakan. Lebih baik dengarkanlah alunan musik klasik. Alunan musik klasik yang didengarkan oleh ibu hamil mampu menghilangkan rasa sakit. Mampu menenangkan pikiran begitu juga yang dirasakan oleh bayi. Bayi menjadi lebih tenang karena ibu mereka pun juga demikian. Gelombang alpha dari alunan musik klasik memiliki keuntungan untuk membuat ibu hamil dan bayi di dalam kandungan menjadi lebih tenang. Secara tidak langsung, alunan musik klasik akan merangsang tingkat intelegensi atau IQ pada bayi.

Ibu Selalu Merasa Tenang, Bayi Dalam Keadaan Sehat

Selama Anda mendengarkan alunan musik klasik saat hamil, sampai hari persalinan tiba, membuat perasaan Anda tenang. Tidak ada kekhawatiran apapun mengenai persalinan. Anda hanya akan merasakan ketenangan dan kebahagiaan bahwa bayi akan lahir dengan selamat dan sehat. Tanpa Anda sadari, alunan musik klasik pun mampu untuk selalu menjaga sistem imun ibu dan bayi sehingga selalu dalam keadaan sehat. Sebab alunan musik klasik selalu dapat membuat perasaan menjadi senang, tenang, dan damai.

Ibu Senang, Bayi Mengalami Perkembangan Yang Positif

Ketika bayi sudah lahir di dunia, keuntungan yang ibu peroleh tentu saja rasa senang. Namun bukan berarti berhenti untuk mendengarkan alunan musik klasik. Biasakanlah untuk tetap mendengarkan alunan musik klasik bersama bayi Anda. Alunan musik klasik akan memberikan pengaruh terhadap perkembangan bayi yang positif. Terutama pada keseimbangan antara otak kanan dan otak kiri. Seperti yang diketahui, otak kanan lebih berfungsi untuk mengontrol emosi, mood, visual, serta daya kreativitas. Sedangkan otak kiri lebih berfungsi untuk mengontrol kemampuan logika, analisis, serta sequence. Dan keuntungan yang sama tanpa Anda sadari juga akan Anda rasakan bahwa otak kanan dan otak kiri pun juga dapat lebih seimbang untuk bekerja.

About Bas