10 Manfaat Memakai Kaos Kaki

Disamping fungsi utama untuk menutupi kaki manusia, kaos kaki juga mempunyai banyak manfaat apabila kita memakainya.

Berikut adalah beberapa manfaat pakai kaos kaki untuk kita yaitu:

1. Mencegah kaki lecet

kaki sakit lecet nhjuu
Tumit lecet (feet.thefuntimesguide.com)

Pada saat orang melakukan aktivitas seperti jalan kaki atau berolahraga, lari dan sebagainya dengan memakai sepatu, kaki kita akan mengalami gesekan terus menerus saat kita melakukan gerakan dengan alas kaki yang kita pakai. Dengan menggunakan kaos kaki maka gesekan yang terjadi akan berkurang dan mencegah kaki kita menjadi lecet, karena gesekan dari sepatu tidak langsung mengenai kaki kita namun mengenai kaos kaki yang lembut dan licin.

2. Mencegah Penyakit

Hampir tidak pernah kita akan mencuci sepatu tiap hari. Nah disinilah sepatu akan menjadi sarang berbagai penyakit seperti kuman, bakteri, virus dan fungi salah satunya adalah jamur.

Dengan memakai kaus kaki maka jamur jamur dan kuman kuman tersebut tidak akan menempel langsung di kaki kita melainkan menempel di Kaos kaki, sehingga kaki kita akan selalu bersih dan terhindar dari berbagai penyakit yang bersarang di dalam sepatu. Dengan mencuci kaos kaki setiap habis kita pakai akan menjaga kesehatan kaki kita.

3. Mencegah Cedera Kaki

Saat kita ber olahraga tanpa sepatu, sebaiknya menggunakan kaos kaki. Kaos kaki akan membuat kaki kita tetap kering dan kita akan lebih leluasa bergerak di lantai yang licin, sehingga kita akan terhindar dari cedera karena terpeleset.

4. Menghangatkan Kaki

Pada saat cuaca dingin di beberapa daerah yang terletak di dataran tinggi / daerah dingin, Kaos kaki sering dipakai agar kaki kita tetap terasa hangat. Angin yang berhembus kencang akan ditahan oleh kaos kaki yang kita pakai, sehingga kaki kita tidak terasa dingin.

Bahkan di negara negara yang mempunyai iklim dingin, setiap orang pada saat musim dingin selalu memakai kaos kaki baik di dalam maupun diluar ruangan.

5. Mencegah Kaki Bau

Kaki yang lembab karena berkeringat dan apalagi memakai sepatu akan menyebabkan kuman kuman tumbuh dengan subur dan menyebabkan bau kaki yang menyengat. Dengan memakai Kaos kaki maka keringat yang dihasilkan oleh kaki kita akan diserap oleh kaos kaki dan kaki kitapun akan senantiasa dalam kondisi kering, sehingga kuman kuman penyebab bau tidak secara leluasa berkembang dan menempel pada kaki kita.

Kuman menempel di kaos kaki kita akan hilang dengan cara mencuci kaos kaki sehabis dipakai. Dan mengganti kaos kaki baru akan menyebabkan kaki kita dalam kondisi kering dan tidak berbau menyengat.

6. Tampil Modis

kaos kaki modis i76tb87 njk
Kaos kaki modis (yesstyle.com)

Memakai sepatu dengan kaos kaki yang serasi akan membuat kita tampil lebih modis. Kaos kaki fashion dibuat seindah mungkin agar penampilan pemakainya kelihatan lebih menarik. Untuk itulah banyak kaos kaki yang di buat dengan motif dan warna yang beragam dan indah. Bahkan ada kaos kaki khusus untuk Sandal, supaya tampil tetap modis saat anda memakai sandal.

7. Mencegah Kaki Hitam

Jika di negara barat orang disana ingin terlihat kulit mereka lebih gelap, berbeda dengan di negara kita indonesia. Kita, khusunya para cewek kaum hawa takut jika kulit kaki mereka terlihat hitam. Apalagi bagi mereka yang suka jalan jalan keluar rumah. Dengan memakai kaos kaki khusus sandal maka kita tidak akan khawatir kaki Anda akan menjadi hitam karena terkena panasnya sinar matahari.

Kaos Kaki yang panjang sampai di atas lutut dan berbahan nilon/nylon (Stoking / Stocking) juga sering dipakai oleh orang orang agar kaki mereka tetap bersih dan terhindar dari sengatan sinar matahari yang menghitamkan kulit kaki.

8. Membuat Kaki Halus Tetap Mulus

kaki halus mulus ib87ss bhy777
kaki mulus (shutterstock.com)

Kaki yang kering akan menyebabkan pecah pecah dan bersisik di udara yang kering. Dengan memakai kaos kaki maka kelembaban kaki kamu akan tetap terjaga sehingga kaki akan tetap halus dan mulus.

Sering atau bahkan tiap hari memakai sepatu contohnya seorang pekerja, akan menyebabkan kapalan pada bagian tumit dan ujung jari, sehingga bagian kaki akan menjadi kasar dan keras. Dengan menggunakan kaos kaki maka gesekan dari permukaan dalam sepatu yang keras dan kasar dapat di minimalisir dan kaki akan tetap halus.

9. Manfaat Memakai Kaos kaki Saat Tidur

Menurut beberapa peneliti, Tidur dengan memakai kaos kaki bermanfaat untuk kesehatan. Karena kondisi kaki yang hangat bisa membantu kita cepat tidur. Kaus kaki akan membuat kaki kita tetap hangat.

Atau pernahkah Anda terbangun saat tidur karena kaki anda gatal karena digigit nyamuk? yah kaos kaki akan menghalangi gigitan nyamuk pada kaki kita sehingga kita tidak akan terbangun gara gara menggaruk kaki yang gatal, sehingga tidur kitapun jadi tetap pulas sampai pagi.

Kaki yang kedinginan juga akan menyebabkan serangan Raynaud dimana kaki kita akan berwarna biru keputihan. Dengan memakai kaos kaki maka suhu kaki kita akan tetap hangat dan melancarkan peredaran darah pada pembuluh darah.

Lantas kira-kira, apa saja ya manfaat tidur pakai kaos kaki lainnya?

Berikut detailnya:

9.1. Bikin lebih cepat terlelap

Faktanya, tidur pakai kaos kaki dapat membantu regulasi (pengaturan ulang) suhu tubuh. Nah kalau suhu tubuh sudah mencapai titik ideal, akan lebih mudah bagi seseorang untuk terlelap.

Selain itu, kaki hangat juga membuat pembuluh darah melebar. Kondisi yang disebut vasodilatasi ini membuat otak mengirimkan sinyal pada tubuh bahwa sudah waktunya untuk tidur.

9.2. Agar tubuh tidak kepanasan

Ya, memang manfaat tidur pakai kaos kaki satu ini agak kontradiktif. Bagaimana mungkin menyelubungi kaki dengan kaus kaki dapat mengurangi sensasi gerah saat menopause?! Namun, berikut penjelasan ilmiahnya:

  • Semakin malam, suhu badan biasanya turun beberapa derajat selagi tidur.
  • Selama menopause, ketidakseimbangan hormon dalam tubuh cenderung bereaksi berlebihan terhadap fenomena tersebut. Alhasil, tubuh diperintahkan untuk menaikkan kembali suhunya.
  • Nah, reaksi berlebihan inilah yang mampu diredam oleh pemakaian kaos kaki. Toh bagaimanapun juga kaos kaki (sekali lagi) mampu membantu meregulasi suhu sehingga tubuh tak perlu bekerja mati-matian untuk menyeimbangkannya.

9.3. Memperbaiki kulit kasar

Seperti kita ketahui bersama, kulit cenderung cepat kering saat  terus-menerus terekspos suhu dingin. Jadi kalau kulit telapak kaki terasa kering atau bahkan pecah-pecah, maka lindungi itu dari suhu dingin dengan mengenakan kaos kaki. Bila perlu, olesi kaki lebih dulu dengan losion sebelum memakai kaos kakinya. Coba dan rasakan perbedaannya beberapa hari berikutnya.

9.4. Meningkatkan orgasme

Yang satu ini adalah berita gembira untuk kaum perempuan. Hasil sebuah studi dari Eropa menyatakan tidur kaos kaki mampu meningkatkan potensi mencapai orgasme (klimaks saat berhubungan intim) sebanyak 50-80%.

Ada beberapa teori yang mendukung pernyataan tersebut. Pertama, kaki suami yang dingin ternyata bisa menurunkan hasrat seksual sang istri. Kedua, hal ini ada hubungannya dengan konsep vasodilatasi tadi, dimana ketika sirkulasi darah lebih lancar, maka otak dan organ keintiman otomatis juga merasakan dampak positifnya.

9.5. Mencegah penyakit Raynaud

Nyatanya, sirkulasi darah lancar juga ampuh mencegah seseorang terkena penyakit Raynaud. Penyakit yang rata-rata disebabkan stres dan kedinginan ini terjadi ketika peredaran darah kurang lancar di beberapa bagian tubuh (biasanya tangan, jari, dan kaki) sehingga memicu bengkak atau sakit berdenyut.

Tidak Suka Tidur Pakai Kaos Kaki?

Tapi ada juga lho orang yang tidak bisa terlelap pakai kaos kaki. Bila Anda termasuk di dalamnya, maka cobalah cara menghangatkan kaki lainnya berikut ini:

  • Pijat kaki dengan krim yang mengandung capsaicin (efek pedasnya juga ampuh bikin kaki lebih hangat).
  • Rendam kaki dalam air hangat sebelum tidur.
  • Letakkan sebotol air panas/ bantal pemanas dekat kaki ketika tidur.
  • Bungkus kaki dengan selimut ekstra.
  • Mandi air hangat 1-2 jam sebelum tidur.

Tips Tidur Pakai Kaos Kaki Lainnya

Yang pasti, jika Anda memutuskan tidur pakai kaos kaki, selalu kenakan sepasang yang baru. Hindari memakai kaus kaki yang sudah dikenakan sepanjang hari (meskipun itu di dalam rumah) agar kaki tidak jadi sarang bakteri sehingga muncul bau tak sedap.

Anda juga dapat memanaskan kaos kakinya beberapa menit dengan hair dryer sebelum itu dikenakan.

Terakhir, untuk bahan kaus kakinya, disarankan yang terbuat dari katun, wol, atau cashmere saja. Ketiganya tak hanya lembut, namun juga breathable sehingga mencegah agar kaki tidak gerah selama beristirahat.

Manfaat Tidur Dengan Kaos Kaki Basah?

Beberapa orang percaya kaos kaki basah ampuh sembuhkan flu. Namun, benarkah demikian? Mari kita bahas lebih lanjut mengenai hal ini.

tidur dengan kaos kaki
tidur dengan kaos kaki (healthyt1ps.com)

Asal Mula Teori Ini

Jangankan yang basah, beberapa orang bahkan mengaku tidak bisa tidur jika mengenakan kaos kaki biasa. Alasannya sangat beragam, mulai dari merasa gerah hingga tak suka saja bila tidur dengan kondisi kaki ‘kebas’ (tidak dapat merasakan selimut atau seprai).

Lantas dari mana kira-kira datangnya teori ini? Menurut Alan Christianson, MD,”konsep kaos kaki basah sebenarnya berasal dari teknik hidroterapi Eropa kuno.” Sudah bukan rahasia lagi kalau hidroterapi konstitusional berfokus pada kontradiktif antara air panas dan dingin untuk membantu menstimulasi tubuh.

Kalau air panas mampu menghangatkan kulit dan menarik darah ke area tubuh tertentu untuk membantu melepaskan panas, maka yang dingin justru menjauhkannya agar tubuh tetap hangat. Kontras drastis kedua suhu air tersebut inilah yang kemudian mengaktifkan getah bening di seluruh tubuh untuk melawan infeksi.

Manfaat Tidur Pakai Kaos Kaki Basah

Jika demikian, lantas apa saja manfaat tidur pakai kaus kaki basah itu?

  • Memperbaiki sirkulasi darah.
  • Meningkatkan energi.
  • Mengurangi sakit serta kelelahan.
  • Merangsang peredaran darah di kaki.
  • Meredakan hidung tersumbat.
  • Meningkatkan respon kekebalan tubuh.

Dr. Alan menyarankan setiap orang mencoba trik ini jika ingin cepat terlelap, kelelahan, atau ketika terserang gejala flu. Dan berikut beberapa gejala flu yang perlu diketahui:

  • Sakit atau radang tenggorokan.
  • Nyeri leher.
  • Infeksi telinga.
  • Sakit kepala.
  • Migrain.
  • Hidung tersumbat.
  • Batuk.
  • Bronkitis.
  • Infeksi virus dan bakteri.
  • Gangguan tidur.
  • Infeksi sinus.

Cara Tidur Pakai Kaos Kaki Basah

Menurut penulis buku The Metabolism Reset Diet tersebut dibutuhkan 2 pasang kaus kaki kalau ingin mencoba trik  sembuhkan flu pakai kaos kaki basah.

Yang sepasang tipis, terbuat dari katun, dan panjangnya mencapai pergelangan kaki saja. Sedangkan sepasang lainnya harus lebih panjang dan tebal, idealnya terbuat dari wol.

Untuk cara mempraktekkan tidur pakai kaos kaki basahnya adalah sebagai berikut:

  • Menjelang jam tidur malam, basahi kaos kaki katun dengan air bersuhu ruang, lalu peras sekuat tenaga agar tidak menetes. Anda juga boleh mendinginkannya dalam freezer selama 3-5 menit. Alan memberikan tips tambahan bagi yang mudah terserang flu, yakni: basahi area dekat jari-jari kaki.
  • Sebelum mengenakan kaos kakinya, rendam kaki dalam air hangat selama 5-10 menit. Langkah ini sangat penting karena perawatan takkan efektif dan malah bisa berbahaya bila kaki tidak dihangatkan lebih dulu
  • Keringkan kaki dengan handuk.
  • Kenakan kaus kaki basah tadi, diikuti yang terbuat dari wol, kemudian segeralah tidur.
  • Selagi tidur, kaos kaki yang basah tadi pasti bakal kering juga, jadi jangan takut kedinginan karenanya.
  • Keesokan harinya, kaki biasanya terasa hangat sewaktu bangun tidur.

Menurut dokter kelahiran Minnesota (Amerika Serikat) ini, Anda mungkin akan lebih lelap dibanding sebelumnya ketika pertama kali mencoba trik ini.

Namun perlu Anda ketahui juga, bahwa teori ‘tidur pakai kaos kaki basah ampuh sembuhkan flu’ tersebut belum diuji secara ilmiah. Cara ini sebaiknya juga tidak dilakukan oleh penderita diabetes, penyakit Raynaud, atau mereka yang mengalami gangguan arteri (pembuluh darah).

Jadi kalau Anda berpikir banyak istirahat (tanpa mengenakan kaus kaki basah) dan minum vitamin C tetap jalan terbaik untuk menyembuhkan flu, lakukan itu. Sedangkan bagi yang penasaran dengan khasiatnya, tak ada salahnya mencoba kan?

10. Tetap Tampil Percaya Diri

Pernahkah Anda malu keluar rumah karena kaki Anda terkena penyakit atau kaki Anda meninggalkan bekas cedera? Dengan menggunakan Kaos Kaki maka Anda akan tetap tampil percaya diri karena orang lain tidak akan melihat kelainan / keanehan di kaki Anda karena dilindungi oleh Kaos kaki.

Itulah banyak manfaat yang akan Anda peroleh jika memakai koas kaki.

Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *