Wednesday , October 21 2020

Manfaat Melatih Bayi Untuk Makan Sendiri

Masihkah Anda menyuapi bayi Anda? Menginjak usia bayi yang sudah melewati dua belas bulan, sebaiknya Anda mulai melatih anak untuk makan sendiri. Meskipun nanti bayi tidak rapi saat makan, biarkan saja. Meskipun nanti makanan tidak benar-benar habis dimakan, tetap biarkan saja. Idealnya, Anda mulai melatih bayi untuk makan diusianya yang sudah memasuki delapan belas bulan. Dengan Anda melatih bayi untuk mulai dapat makan sendiri, maka ada manfaat yang akan diperoleh untuk si buah hati tercinta.

Belajar Tanggung Jawab Dengan Makan Sendiri

Banyak orang tua masih heran ketika melihat seorang bayi sudah harus dilatih tanggung jawab. Memang bayi Anda belum paham, namun akan mulai dilatih sikap tanggung jawab sejak bayi. Dengan Anda melatih bayi Anda untuk makan sendiri, maka bayi akan dilatih tanggung jawab makan dan menghabiskan makanan yang ada dihadapannya. Latihan dasar dan manfaat penting yang akan diperoleh bayi Anda adalah sikap tanggung jawab.

Melatih Perkembangan Otak Bayi

Dengan melatih bayi untuk makan sendiri, maka bayi akan semakin mengembangkan kemampuan otaknya. Bayi akan mulai berpikir bahwa ada makanan dihadapannya dan itu harus dimakan sendiri ketika ibu atau ayah tidak menyuapinya. Manfaat penting yang akan diperoleh bayi Anda adalah perkembangan otak yang akan semakin baik.

Melatih Pergerakan Fisik Bayi

Bayi akan belajar menyendok makanan dan memasukkan makanan ke mulutnya sendiri. Dengan begitu bayi akan mulai melatih gerakan fisiknya. Bayi akan dapat melatih tangan untuk dapat menyendok makanan. Melatih tangan untuk mengarahkan sendok tersebut ke mulutnya. Kemudian kembali menggunakan sendok untuk mengambil makanan dan begitu seterusnya hingga makanannya habis. Manfaat penting yang akan diperoleh bayi Anda tentu saja melatih pergerakan fisik tangan yang lebih terampil saat makan. Tidak masalah makanan tumpah atau belepotan kemana-mana. Terpenting bayi Anda belajar untuk dapat makan sendiri.

Melatih Keseimbangan Bayi

Selain melatih bayi Anda untuk dapat makan sendiri, Anda juga perlu melatihnya untuk minum. Siapkanlah segelas air putih di samping piringnya. Ingat, lebih baik gunakan peralatan makan bayi dari peralatan yang tidak mudah pecah belah. Sebab bayi tentu masih sering menjatuhkannya. Terutama saat hendak berlatih minum dengan gelas, tangan bayi masih belum kuat untuk menyangga gelas tersebut sehingga jika air dalam gelas tidak tumpah, gelas yang akan jatuh. Manfaat ini penting untuk melatih keseimbangan fisik bayi.

Melatih Ingatan Bayi

Dengan Anda melatih bayi untuk makan sendiri, maka bayi akan tahu. Bahwa setiap kali Anda sudah menyiapkan makanan dan minuman dihadapan bayi, maka itu pertanda bayi harus makan sendiri. Bayi Anda pun akan teringat bahwa dia harus dapat makan sendiri tanpa harus menunggu ibu atau ayahnya untuk selalu menyuapi sampai habis.

Semua yang dilakukan bayi Anda perlu proses untuk terus Anda latih. Ketika baru pertama kali belajar, bayi masih sulit untuk melakukannya dan jelas wajar terjadi pada si buah hati tercinta. Jika Anda melihat makanan belum dihabiskan, maka lanjutkanlah dengan menyuapi sampai habis. Lama-kelamaan bayi Anda pun akan dapat melakukannya dengan baik meskipun tidak sempurna. Namun paling tidak Anda memberikan manfaat yang sangat berharga bagi pertumbuhan dan perkembangan bayi Anda. Sehingga tidak ada alasan bahwa masih bayi belum waktunya untuk dilatih makan. Namun dengan Anda tahu manfaat tersebut baik untuk bayi, mengapa tidak dicoba?

About Bas