Thursday , October 29 2020

Manfaat dan Kerugian Memiliki Kartu Kredit

Siapa yang tidak pernah mendengar tentang kartu kredit? Kartu seukuran ATM ini mampu memuaskan kehausan Anda dalam berbelanja. Namun, bukan berarti Anda dapat sesuka hati menggunakan kartu kredit. Ingat, setelahnya Anda akan dihadapkan dengan tagihan yang menumpuk. Jika tidak bijak dalam menggunakan kartu kredit, bisa-bisa Anda terjerat masalah pelik. Nah, lalu sebenarnya apa sih keuntungan dan kerugian memiliki kartu kredit? Berikut pembahasannya.

Fungsi

Kartu kredit adalah kartu plastik yang dikeluarkan oleh bank untuk para nasabah sebagai sarana bertransaksi yang praktis. Jika kita menggunakannya untuk bertransaksi atau membeli sesuatu, kita akan dipinjami sejumlah uang (yang kita gunakan untuk bertransaksi) yang nantinya bisa kita lunasi setelah cetak transaksi atau setelah tagihan datang pada waktu tertentu. Jika kita tidak dapat melunasinya tepat waktu, kita masih dapat mencicilnya dengan dikenakan bunga.

Kartu kredit memiliki fungsi yang bermanfaat di sistem keuangan modern. Namun, keuntungan dan kerugian memiliki kartu kredit tergantung oleh kebijakan dari tiap individu dalam menggunakannya.

Keuntungan

Kartu kredit memang identik dengan gaya hidup konsumtif dan utang. Meski begitu, kartu ini juga memiliki berbagai manfaat jika kita dapat menggunakannya dengan bijak. Keuntungan menggunakan kartu kredit termasuk:

1. Aman

Membawa uang cash dalam jumlah besar merupakan hal yang sangat berisiko dan pasti membuat Anda merasa was-was. Nah, dengan kehadiran kartu kredit, risiko ini dapat teratasi.

2. Praktis

Selain tidak perlu membawa uang tunai, kita juga tidak perlu lagi kerepotan menghitung uang ketika akan membayar dengan kartu kredit. Tinggal gesek, beres.

3. Mudah

Kartu kredit menawarkan kemudahan yang didambakan banyak orang. Misalnya, jika kita sedang memerlukan barang tertentu, tetapi kita tidak memiliki uang tunai, kita tetap dapat membelinya dengan menggunakan kartu kredit. Memiliki kartu kredit juga akan menguntungkan bila ada diskon atau obral tertentu yang berlaku dalam waktu singkat.

4. Keuntungan Lainnya

Pernah melihat berbagai macam promo yang diperuntukkan bagi pengguna kartu kredit? Nah, keuntungan seperti itu tentu tampak menggiurkan bagi Anda yang hobi berbelanja.

Kerugian

Meski memiliki berbagai macam keuntungan, ternyata penggunaan kartu kredit juga bisa sangat merugikan. Kerugian menggunakan kartu kredit antara lain:

1. Harus Selalu Membayar Utang Tiap Bulan

Dengan kartu kredit, kita memang bisa berbelanja sesuka kita lalu membayarnya belakangan. Namun, tentu secara otomatis kita memiliki utang yang wajib dibayarkan. Nah, jika nilai utang kita tidak terlalu besar sepertinya tidak akan menjadi masalah. Namun, jika hutang tersebut berjumlah besar sampai-sampai kita tidak dapat membayarnya, tentu saja itu akan menjadi masalah besar.

2. Pengaturan Keuangan Yang Kacau

Jika Anda tidak mampu menggunakan kartu kredit secara bijak, besar kemungkinan pengelolaan keuangan Anda akan kacau balau. Selain dibebani kewajiban membayar utang yang jumlahnya besar, masih ada bunga utang jika Anda terlambat membayarnya. Kalau sudah begitu, bagaimana Anda akan menyisihkan uang untuk keperluan lain?

3. Menjadi Lebih Konsumtif

Kemudahan yang ditawarkan kartu kredit membuat para pengguna menjadi lebih konsumtif. Ini karena mereka merasa dimudahkan, terutama dalam hal berbelanja. Jika terus dibiarkan, perilaku konsumtif akan menjadi kebiasaan yang merusak.

Nah, itulah beberapa ulasan singkat mengenai keuntungan dan kerugian memiliki kartu kredit. Semoga dapat menjadi pedoman Anda untuk lebih bijak dalam membelanjakan uang.