Tuesday , October 20 2020

Manfaat dan Tips Mendesain Ruang Games Yang Fun dan Edukatif Untuk Anak

Setiap orang tua pasti menginginkan anaknya tumbuh dengan pribadi yang baik dan juga cerdas. Banyak orang percaya, sarana dan cara belajar yang membuat anak senang dan gemar adalah dengan bermain. Sehingga muncullah desain ruang games yang tidak hanya membawa rasa menyenangkan untuk si anak melainkan juga pembelajaran penting untuk menciptakan dan menanamkan daya kreatif.

Untuk menciptakan desain ruang games yang fun dan juga edukatif, anda harus merencanakan setiap konsep disainnya. Dimana tujuan dari desain ruang games ini adalah untuk membuat si anak merasa nyaman dan bahagia sambil mempelajari banyak hal yang ada diruangan tersebut. Apa sih manfaat lainnya? Mungkin anda juga akan mempertanyakan hal yang sama.

Berikut ini manfaat dari desain ruang games yg Fun dan Edukatif untuk anak :

1. Anak-Anak Menjadi Gembira

Jika ruang games yang anda punya telah didesain sedemikian rupa dengan ditemani oleh berbagai mainan menarik, tentu mereka akan merasa ruangan tersebut adalah ruangan yang akan membuat mereka gembira, dan tanpa disadari mereka akan belajar dan mengetahui banyak hal serta menghabiskan waktu di dalam ruangan tersebut.

Desain ruang games fun dan edukatif juga sangat baik bagi anak-anak yang sedang mempersiapkan untuk masuk kesekolah. Bisa dikatakan ruangan ini akan menjadi cara dan sarana efektif untuk mereka belajar dasar dari pembelajaran.

Anda bisa meletakkan buku bergambar buah-buahan atau sayuran dan juga krayon untuk mengajarkan mereka mengenal berbagai macam warna dari buah dan sayuran tersebut. Meletakkan balok bersusun untuk menunjang kreatifitas mereka juga sangat disarankan. Sebaiknya anda tidak meletakkan video games diruangan tersebut. Karena seperti yang anda tahu bahwa jika video games telah ada diruangan itu, maka anak akan memusatkan perhatiannya pada video games tanpa perlu melihat yang lainnya.

Walaupun namanya ruang games, bukan berarti anda meletakkan berbagai macam mainan kedalamnya. Pilihlah mainan yang akan memberikan mereka rasa fun, berkarya dan ingin tahu.

2. Tempat Bersosialisasi Bersama Teman Sebayanya

Anak-anak memiliki cara sendiri untuk bersosialisasi dengan temannya. Saat teman atau saudara anda berkunjung sambil membawa anaknya, anda bisa mengenalkan mereka dengan cara mengajak ke ruang games ini. Dimana mereka akan saling mengenal, berteman, dan bahkan bermain serta belajar bersama. Anda bisa melakukan pengawasan dengan duduk didalamnya.

Baiklah, itu adalah keuntungan memiliki ruang games untuk perkembangan anak. Jika anda telah atau sedang berencana untuk membangun sarana bermain dan belajar anak, maka anda perlu membaca tips mendisain ruang games untuk anak anda:

a. Interior Desain Ruang Games

Penting bagi anda dalam mendesain ruang games tersebut agar tampak menarik dan menyenangkan bagi si anak. Anak akan menyentuh permainan apapun didalamnya apabila mereka telah tertarik terhadap hal tersebut. Anak-anak menyukai warna-warna cerah, jadi anda bisa menggunakan warna cerah untuk dinding, penggunaan stiker atau wallpaper dinding bergambar animasi atau kartoon favorite mereka juga dapat menjadi ide menarik. Untuk furniture seperti lemari atau rak penyimpan mainan, sebaiknya anda memilih yang ukurannya bisa dijangkau oleh mereka. Ini akan memudahkan mereka menjangkau mainan dan meletakkan mainan kembali rapi seperti semula.

Jika anda ingin menggunakan kursi dan meja kecil untuk mereka bermain dan belajar, pastikan kursi dan meja tersebut sesuai dengan ukuran mereka. Anda bisa juga meletakkan karpet dibawah meja dan kursi tersebut untuk membuat kaki mereka nyaman dan hangat saat bersentuhan dengan lantai. Perhatikan pula desain jendela ruangan games tersebut. Selain untuk menjaga sirkulasi sehat diruangan, jendela ini juga berfungsi sebagai penerangan mereka diruang games. Memasang kipas angin dengan desain yang lucu menggantung dilangit-langit juga dapat anda lakukan agar anak anda tidak merasa kepanasan.

b. Tentukan Tema Ruang Games

Anak laki-laki berbeda dengan anak perempuan. Bisa dikatakan anak perempuan cenderung mengarah pada tema princess dan Barbie yang mana akan dominan dengan segala yang berbaur pink. Sedangkan anak laki-laki lebih menyukai toko superhero atau pembalap yang didominasi dengan warna-warna keren. Maksud menentukan tema ruang games adalah anda harus memutuskan tema apa yang cocok dengan anak anda. Dengan begitu ruangan ini akan terlihat menakjubkan dimata mereka.

c. Perhatikan Space Ruangan

Ada baiknya jika ruang games terlihat lebih luas dan lapang dari pada penuh dengan segala furniture. Anda bisa meletakkan rak penyimpan mainan menempel pada dinding. Kursi dan meja bisa anda letakkan diujung. Berikan space atau ruang kosong untuk mereka beraksi. Mau bagaimanapun anak-anak tidak akan betah duduk lama sambil memainkan permainan yang mereka suka. Mereka akan tetap senang berlari dan melompat-lompat bersama temannya.

d. Pemilihan Mainan

Ini adalah yang paling penting dari desain ruang games yang fun dan edukatif. Sebagai orang tua tentu anda akan memberikan yang terbaik. Nah pilihlah beberapa mainan yang aman saat digunakan. Mainan yang dapat memberikan pembelajaran yang edukatif dan menyenangkan seperti menggunakan mural contohnya.

Anda juga bisa memberikan fasilitas berupa papan blackboard pada ruang games tersebut. Tempatkanlah didinding dan sediakan kapur berwarna-warni. Bagi mereka yang tidak suka menggambar dan mewarnai buku, mereka bisa mencoba mencoret-coret papan blackboard ini dengan kreativitas mereka masing-masing. Pastikan anak anda mencuci tangan dengan bersih setelah menggunakannya.

Jika anak kurang puas, anda bisa menggunakan lapisan triplek dengan ukuran yang seluas sisi dinding ruang games. Sediakan spidol yang mudah dihapus atau dibersihkan. Disini, anak-anak akan menggambar sepuasnya. Mereka akan puas karena punya tempat menggambar yang super besar.

Jadi, apakah anda sudah akan memulai mendisain ruang games untuk anak? Yang terpenting dalam segala hal desain adalah kenyamanan dan keamanan saat digunakan. Apalagi ruangan ini ditujukan pada anak-anak yang mana selain furniture dan barang2 yang aman digunakan, orang tua juga masih perlu melakukan pengawasan.

About Bas