Tuesday , October 27 2020

Manfaat dan Peraturan Permainan Monopoli

Permainan monopoli adalah permainan yang belajar menguasai semua petak. Petak-petak itu menerangkan tanah, stasiun, bandara, perusahaan air, perusahaan listrik, pajak, kesempatan, dana umum yang letaknya tersebar di seluruh dunia.

Permainan ini memerlukan kecerdasan, ketegasan, dan ketangkasan para pemain dalam melakukan transaksi kombinasi antara menyewakan, menjual, dan membeli. Untuk menguasai “dunia” para pemain harus membeli aset sebanyak-banyaknya. Monopoli adalah miniatur system ekonomi yang disederhanakan. Monopoli mengajarkan untuk menjadi kaya jadilah pengusaha konglomerat, kuasailah asset di mana-mana, jangan jadi buruh atau karyawan seumur hidup.

Peraturan Permainan Monopoli

Untuk bisa bermain monopoli, kamu harus punya papan monopoli dan peralatan lainnya. Papan monopoli dapat kamu beli di toko mainan terdekat seharga Rp 20 ribu. Monopoli dapat dimainkan 7 orang, minimal tiga orang, dua orang pemain, satu orang berperan sebagai petugas bank.

Bagikan uang kepada pemain sesuai dengan ketentuan, dan tempatkan kartu kesempatan dan dana umum pada kotak yang telah ditentukan.

Mulailah melempar dadu, dan melangkah sesuai dengan angka dadu yang didapat. Lakukan secara bergantian dengan pemain lainnya.

Untuk memainkan monopoli dibutuhkan peralatan sebagai berikut :

  • Papan permainan monopoli.
  • 5 orang pemain.
  • Miniatur orang, rumah dan hotel mini.
  • Dua buah dadu dan tempatnya
  • Kartu hak pilih untuk setiap pembelian tanah, kartu ini diberikan bagi pemain yang membeli tanah atau rumah tersebut. Di atas kartu tertera harga tanah kosong, harga sewa, harga jika dilengkapi rumah atau hotel, dan harga gadai.

Manfaat Permainan Monopoli

  1. Adapun manfaat yang dapat diperoleh anak dalam permainan monopoli adalah sebagai berikut.
  2. Mengajarkan anak tentang konsep uang. Lewat permainan monopoli anak belajar memahami fungsi uang, cara menghitung uang, menghitung kembalian uang, cara berinvestasi, dan cara menghargai uang.
  3. Memberitahu anak untuk selalu mengali informasi sebelum membeli property (tanah, stasiun, atau bandara). Misalnya : berapa harga tanah, apakah lokasinya startegis, berapa harga sewa bagi orang lain, dan lain-lain.
  4. Mengajarkan anak tentang cara ber investasi. Ayah kaya Robert Kiyosaki bilang, “Habiskan gajimu belilah properti, maka uang akan mengejarmu. Tip memenangkan permainan ini adalah dengan membeli property sebanyak-banyaknya, dan kemudian kamu mendapatkan pendapatan dari uang sewa. Anak diajarkan tidak melulu jadi karyawan atau bekerja dengan orang lain.
  5. Mengasah kesabaran anak untuk menunggu giliran.
  6. Mengasah sportivitas anak untuk mengakui kemenangan orang lain.
  7. Mengajarkan anak untuk konsisten dan patuh pada peraturan permainan.
  8. Praktik nyata pelajaran matematika, dan ekonomi secara sederhana.

Karena permainan monopoli mengandung banyak manfaat, maka orang tua harus mendampingi anak-anak ketika mereka sedang bermain (jika pemainnya kurang), mengundang teman-teman anak Anda untuk main ke rumah, menyediakan cemilan untuk saat istirahat, dan menyiapkan mental anak-anak jika mengalami kekalahan. Selamat bermain dan bersenang-senang.

About Bas