Tuesday , October 27 2020

10 Manfaat yang Diperoleh Bila Kamu Rutin Bersepeda di Pagi Hari

Halokawan,

Kebiasaan bersepeda di pagi hari saat ini menjadi aktivitas yang jarang dilakukan. Mayoritas masyarakat lebih memilih menggunakan sepeda motor, mobil ataupun transportasi umum untuk bepergian, alasannya supaya lebih cepat waktu dan tidak telat masuk kerja. Bahkan hanya sekedar ke warung pun juga malas jalan kaki.

Sebenarnya kebiasaan tersebut tidak bagus loh, gaes. Apabila sekedar berjalan ke tempat dekat sebaiknya jalan kaki atau naik sepeda saja. Menurut penelitian aktivitas bersepeda ternyata punya banyak manfaat bagi kesehatan. Selain itu, bersepeda juga cukup menyenangkan.

Nah, berikut ini beberapa manfaat yang diperoleh bila kamu rutin bersepeda di tiap pagi hari. Cekidot!

 

1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Apakah kamu ingin memiliki tubuh yang bugar dan gak gampang sakit? Caranya simpel, rutinlah bersepeda setiap pagi. Aktivitas mengayuh sepeda bisa meningkatkan sistem imun. Membuat organ-organ jadi sehat, tubuh terlindungi dari serangan infeksi mikroorganisme.

2. Membantu Menurunkan Berat Badan

Ada banyak metode yang bisa kamu praktekkan untuk menurunkan berat badan, salah satunya lewat kebiasaan bersepeda. Banyak orang gak mau bersepeda karena takut paha dan betisnya jadi besar. Padahal bersepeda justru membantu proses pembakaran kalori sekaligus pengeluaran lemak dari tubuh. Bagi kamu yang melaksanakan program diet, aktivitas berolahraga ini sebaiknya dilakukan secara rutin setiap hari.

3. Mengurangi Risiko Diabetes

Manfaat bersepeda berikutnya adalah menurunkan risiko diabetes. Penyakit diabetes merupakan penyakit degeneratif yang muncul akibat pola hidup yang tidak sehat. Misalnya saja kamu gemar mengonsumsi makanan manis dan berlemak tapi jarang gerak, itu membuat pembuluh darah jadi tersumbat. Selain itu kadar gula juga akan meningkat. Sehingga risiko diabetes pun semakin tinggi.

Nah, salah satu cara termudah menghindarinya adalah rutin lakukan bersepeda di tiap pagi. Aktifitas bersepeda akan membantu kamu membakar lemak yang tersimpan di dalam tubuh. Selain itu imbangi juga dengan pola makan sehat. Seperti mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran.

4. Mencegah Penyakit Jantung

Penyakit jantung tidak hanya terjadi karena bawaan lahir. Penyakit mematikan ini juga bisa menyerang orang dewasa yang  menerapkan pola hidup buruk. Misalnya gemar mengonsumsi junk food, makanan kemasan dan jarang berolahraga.

Penumpukan lemak dari makanan akan membentuk plak yang menyumbat pembuluh arteri. Sehingga akibatnya sirkulasi darah menuju jantung jadi terhambat. Kondisi inilah yang kemudian memicu risiko penyakit jantung bahkan stoke.

Cara termudah untuk menghindari penyakit jantung, kamu hanya perlu rutin berolahraga. Kamu bisa memilih bersepeda selama 30 menit di setiap pagi. Atau jika letak sekolah atau kampusmu dekat lebih baik naik sepeda aja atau berjalan kaki.

5. Terhindar Dari Risiko Hipertensi

Sama halnya dengan diabetes dan jantung, hipertensi juga merupakan penyakit degeneratif yang dikarenakan pola hidup tak sehat.  Untuk memperkecil risikonya disarankan kamu rutin olahraga dan makan makanan sehat.

Pilihlah olahraga yang mudah sesuai dengan kemampuanmu. Misalnya saja jalan kaki, jogging atau bersepeda. Aktivitas bersepeda bisa membantu menstabilkan tekanan darah, sehingga kamu pun tidak berisiko terserang hipertensi ataupun anemia.

6. Memperkuat Otot Kaki

Bersepeda juga bisa meningkatkan kekuatan otot-otot tubuh, khususnya bagian kaki. Ini bagus untuk kamu yang punya kekebalan rendah atau jarang melakukan jalan kaki. Lebih baik sempatkan waktu untuk bersepeda saat pagi hari, setidaknya selama 30 menit saja. 

7. Mengurangi Stres

Kalau kamu punya masalah dan tekanan hidup yang berat, kamu bisa mencoba aktivitas bersepeda di pagi hari. Menurut beberapa studi bersepeda bisa membantu merilekskan pikiran. Terutama jika kamu lakukan di pagi hari, udaranya masih sejuk dan bersih. Hal itu benar-benar akan mengurangi stres.

8. Lebih Ekonomis

Selain sehat, bersepeda juga akan menghemat keuangan. Kamu tidak perlu merogoh dompet hanya untuk membeli bensin kendaraan bermotor ataupun mobil.

Coba hitung seandainya kamu seorang pekerja yang bisa menghemat uang transport ke tempat kerja selama 24 hari kerja dalam sebulan.

9. Melatih pernapasan

Bersepeda akan melatih paru-paru kamu bekerja lebih keras. Dan jika kamu rutin melakukannya maka kamu akan memiliki paru-paru yang sehat dan membuat pernapasan kamu menjadi terlatih. Bersepeda di pagi hari juga akan membuat paru-paru kamu lebih sehat, karena udara di pagi hari masih cukup bersih dari polusi udara.

10. Menambah Relasi

Semakin banyak teman, maka hidup ini menjadi lebih mudah. Bersepeda memungkinkan kita untuk mengenal orang lebih banyak dan menjalin persahabatan erat dan saling menguntungkan.

Jadi itulah beberapa manfaat / keuntungan dari bersepeda di pagi hari. Jadi tunggu apa lagi? Yuk, terapkan mulai besok bersepeda di pagi hari untuk hidup yang lebih sehat.

About Bas