Thursday , October 22 2020

Menderita Insomnia? 7 Makanan Ini Terbukti Mengatasi Susah Tidur

Makanan Obat Sulit Tidur

 

Insomnia adalah gangguan susah tidur, dimana penderitanya terjaga sepanjang malam akibat hilangnya rasa kantuk. Di Amerika dilaporkan lebih dari 50 juta orang mengalami masalah insomnia. Kondisi ini dapat terjadi pada siapapun. Namun lebih rentan dialami oleh orang berusia dewasa hingga tua.

Insomnia tidak boleh disepelekan. Seseorang yang mengalami insomnia berkepanjangan maka berisiko mengidap penurunan sistem kekebalan tubuh, fungsi otak menurun, rentan mengalami gangguan jantung dan hipertensi. Selain itu juga kulit juga tampak lebih menua.

Nah, untuk mengatasi susah tidur ada banyak hal yang bisa kamu coba. Salah satunya dengan memperhatikan asupan makanan. Di bawah ini beberapa jenis makanan yang terbukti dapat membantu mengatasi insomnia.

  1. Ikan

Mengonsumsi ikan ternyata bisa membantu tidur nyenyak, loh. Terutama jenis ikan berlemak seperti ikan salmon dan tuna. Jenis ikan tersebut mengandung vitamin B6 dan asam lemak omega-3 yang bagus untuk kesehatan. Kandungan di dalamnya juga merangsang produksi hormon melatonin dalam tubuh, yakni hormon tidur.

  1. Susu

Tahu gak sih, kenapa biasanya anak kecil diberikan susu hangat sebelum tidur? Mungkin tujuannya untuk mencukupi asupan gizi atau menjaga kesehatan. Namun selain dari itu, ternyata susu juga membantu proses tidur agar lebih nyenyak.

Susu mengandung kalsium dan senyawa triptofan yang bisa memberikan efek menenangkan sekaligus rileksasi pada otot-otot tubuh. Dengan demikian, jika tubuh tenang maka tidur pun juga akan lebih mudah.

  1. Yogurt

Yogurt adalah produk olahan susu terfermentasi yang mengandung tinggi kalsium. Menurut penelitian kalsium dapat memberikan efek menenangkan. Sehingga secara tak langsung akan mempermudah proses tidur. Seseorang yang kekurangan asupan kalsium biasanya rentan mengalami insomnia.

  1. Sayuran tinggi kalsium

Kalau kamu enggak suka mengonsumsi susu atau mungkin kamu mengidap intoleransi laktosa (alergi protein dalam susu sapi), kamu bisa mencoba mengonsumsi sayuran di malam hari. Pilihlah jenis sayuran yang mengandung kalsium tinggi. Misalnya kale, kangkung, brokoli, bayam, biji wijen dan kedelai. Makanan dengan kandungan kalsium tinggi bisa memberikan efek rileksasi dan membantu mempercepat proses tidur.

  1. Sereal gandum utuh

Mengonsumsi sereal gandum juga terbukti dapat membantu mengatasi insomnia. Hal ini dikarenakan kandungan magnesiumnya yang tinggi. Sebagaimana dijelaskan dalam Journal of Orthomolecular Medicine yang mengatakan bahwa kekurangan asupan magnesium bisa menyebabkan sulit tidur.

Selain dari itu, sereal gandum juga mengandung senyawa triptofan yang dapat merangsang produksi hormon melatonin dan serotonin. Kedua hormon ini berperan penting dalam membantu proses tidur. Maka itu, apabila kamu mengalami insomnia cobalah mengemil segenggam sereal gandum. Ini lebih baik daripada kamu mengonsumsi biskuit yang menyebabkan lonjakan gula darah.

  1. Buah Pisang

Apakah kamu penggemar pisang? Buah yang satu ini ternyata juga bisa mengatasi insomnia loh. Menurut penelitian yang diterbitkan dalam Annals of the New York Academy of Science, pisang kaya akan potasium yang mana juga merupakan vitamin B6. Senyawa tersebut sangat diperlukan untuk memproduksi hormon melatonin sebagai perangsang rasa kantuk.

  1. Buah Ceri

Ceri adalah buah berukuran kecil yang kaya manfaat. Salah satu khasiat dari buah ini adalah membantu mengatasi masalah insomnia. Menurut penelitian, ceri mengandung zat melatonin yang berguna mengatur siklus tidur. Apabila kadar melatonin dalam tubuh meningkat maka tidur pun akan lebih nyenyak.

Makanan-makanan diatas dapat kamu konsumsi saat malam hari, kira-kira 2-3 jam sebelum tidur malam. Hindari mengonsumsi makanan berat menjelang tidur sebab itu dapat mengganggu proses metabolisme, yang mana akibatnya kamu juga jadi sulit tidur karena kekenyangan.

About Bas