Friday , October 30 2020

Makanan dan Minuman Untuk Obat Alami Radang Tenggorokan

Leher perih, menelan air liur sendiri bahkan mengkonsumsi apapun rasanya sakit dan menyebalkan itu adalah tanda Anda terkena penyakit Radang Tenggorokan.

Perlu Anda ketahui, mengatasi rasa sakit pada tenggorokan bukan merupakan hal yang mudah dilakukan. Anda butuh waktu beberapa hari untuk menyembuhkan penyakit ini. Biasanya sakit tenggorokan bisa disebabkan karena bakteri yang menyebabkan gejala flu, demam, menggigil hingga nyeri pada tenggorokan. Ketika tenggorokan mulai terasa sakit, tentu Anda akan kesulitan menelan makanan. Oleh karena itu, memberi asupan gizi pada tubuh sangatlah penting untuk membantu proses kesembuhan.

Berikut ini ada beberapa jenis makanan sebagai obat alami yang sebaiknya Anda konsumsi ketika mulai sakit tenggorokan :

1. Garam + Air Hangat

Berkumur dengan air hangat yang dicampur dengan garam dapat meredakan radang tenggorokan. Garam mengandung beberapa zat yang dapat membunuh beberapa jenis bakteri yang dapat menyebabkan radang tenggorokan. Sebaiknya ketika Anda baru saja merasakan tenggorokan Anda sedikit sakit karena radang segeralah Anda berkumur dengan air garam hangat, jangan tunggu tenggorokan Anda terlanjur Infeksi yang dapat menyebabkan Anda tersiksa karena rasa sakit dan waktu penyembuhan yang lama.

2. Putih Telur

Ternyata telur memiliki manfaat yang sangat baik lho untuk menyembuhkan radang tenggorokan. Putih telur mengandung zat yang bisa mengatasi inflamasi. Mulailah untuk mengkonsumsi putih telur tanpa menggunakan bumbu apabila tenggorokan Anda mulai terasa nyeri.

Protein yang terkandung dalam telur dapat mengatasi peradangan dan rasa sakit yang terjadi pada tenggorokan. Anda bisa memasak telur atau putih telur dengan cara mendadarnya. Namun, yang lebih baik adalah menggunakan putih telurnya saja tanpa kuningnya dan jangan menambahkan apapun.

3. Buah Pisang

Pisang merupakan buah yang memiliki rasa manis. Teksturnya yang lembut membuat pisang ini mudah ditelan sehingga sangat dianjurkan untuk orang yang sedang mengalami radang tenggorokan. Kandungan vitamin B6-nya dapat menyembuhkan sakit pada tenggorokan. Kalium dan vitamin C yang terkandung pada buah pisang sangat baik untuk menyembuhkan rasa sakit tenggorokan.

4. Jeruk Nipis dan Kecap

Jeruk nipis dan kecap merupakan salah satu resep herbal yang sering digunakan banyak orang dalam mengatasi batuk. Pasalnya jeruk nipis mengandung minyak astiri dan zat yang mampu mengendalikan otot-otot di pernapasan sehingga batuk pun menjadi reda. Dalam hal ini, kecap hanya sekedar membantu mengurangi tingkat keasaman yang terdapat pada air jeruk nipis tersebut.

5. Sup Ayam

Pasti Anda pernah merasakan sup ayam ketika mengalami sakit radang tenggorokan sewaktu kecil oleh ibu Anda. Hal tersebut dipercaya karena sup ayam berfungsi untuk mengatasi sakit radang tenggorokan dan mencegah terjadinya virus yang masuk ke dalam tubuh. Agar makanan yang Anda konsumsi mengandung nutrisi yang baik untuk tubuh, jangan lupa untuk menambahkan wortel, seledri, lobak, ubi jalar dan bawang putih pada sop ayam agar sup ayam yang Anda konsumsi memiliki khasiat yang baik.

6. Perasan Jeruk Lemon dan Madu

Tahukah Anda? Perasan jeruk lemon dan madu sangat berkhasiat dalam meredakan sakit pada tenggorokan Anda. Minuman ini dipercaya mampu mendinginkan tenggorokan dan meredakan rasa sakit ketika menelan makanan ataupun minuman yang Anda konsumsi. Oleh karena itu, konsumsilah perasan jeruk lemon dan madu agar rasa sakit di tenggorokan Anda bisa berangsur-angsur pulih.

7. Teh Jahe atau Teh Madu

Ternyata selain lezat, teh jahe atau teh madu bisa membuat rasa sakit pada tenggorokan bisa mereda lho. Teh jahe atau teh madu dipercaya memang sangat baik untuk mengatasi tenggorokan yang terasa perih ataupun gatal. Dalam hal ini, madu dipercaya bisa melapisi tenggorokan dan dapat mencegah timbulnya iritasi pada tenggorokan.

8. Pasta Gandum

Pasta yang memiliki bahan dasar gandum memiliki kandungan gizi, serat, zat besi dan vitamin B1, B2, B3 dan E yang mampu mempercepat proses penyembuhan pada radang tenggorokan. Rebuslah pasta gandum ini dengan menambahkan saus rendah lemak untuk menambah selera makan Anda.

9. Wortel Rebus

Wortel ternyata bisa membantu Anda menyembuhkan sakit radang tenggorokan. Kandungan gizi yang ada di dalamnya sangat baik untuk membantu proses penyembuhan. Konsumsilah wortel dengan cara dikukus atau rebus. Jangan konsumsi wortel mentah karena nantikan malah akan memperparah rasa sakit pada tenggorokan karena teksturnya yang keras. Wortel ini memiliki kandungan nutrisi yang penuh seperti vitamin A, vitamin C, vitamin K, serat dan potasium.