Wednesday , October 21 2020

7 Makanan Aneh yang Harus Kamu Coba jika Berkunjung ke Negara ini!

Pada umumnya, sebuah restoran berlomba-lomba untuk menyajikan hidangan enak supaya bisa laris. Tapi gimana jadinya kalau ada restoran yang menghadirkan menu makanan ‘aneh’ atau malah bikin jijik?

Faktanya ada loh beberapa negara yang memiliki jajanan yang enggak biasa. Mulai dari keju busuk hingga telur berusia ratusan tahun. Heh? Penasaran kan? Yawadah langsung simak kuy!

 

1. Escamoles, Meksiko

Makanan aneh negara Meksiko, Escamoles.

http://d3n8a8pro7vhmx.cloudfront.net

Dari namanya memang terdengar keren. Tapi Kamu tahu gak, apa itu Escamoles? Escamole merupakan larva dari spesies semut yang hidup dalam akar tumbuhan Maguey dan Agave di Meksiko. Menurut penduduk disana, larva ini punya rasa asin agak pedas mirip keju. Sehingga sering digunakan buat isian omelet ataupun taco (kebab khas Meksiko yang berisi daging sapi dan sayuran).

2. Tuna Eyeballs, Jepang

Makanan aneh Negara Jepang, Tuna Eyeballs.

http://bloq.co.id

Ikan tuna merupakan salah satu jenis ikan kaya gizi. Makanan ini juga cukup difavoritkan banyak orang. Tapi gimana jadinya kalo yang disuguhkan cuma bagian mata-nya saja? Kenyataannya, di Jepang mata tuna atau dikenal “tuna eyeball” umum dijual di warung-warung dan supermarket.

Biasanya mata tuna ini dimasak dengan cara direbus dengan tambahan kecap dan bawang. Namun kadang juga disajikan bersama sup. Hmm, ingin mencicipi?

3. Sushi Serangga

Makanan aneh negara Japan, Sushi Serangga.

https://cdn.sindonews.net

Masih di Negeri Sakura, satu lagi hidangan yang akan membuatmu terkejut yakni sushi serangga. Ya, pada umumnya sushi diolah bersama daging ikan mentah. Namun faktanya, ada beberapa restoran yang justru menyajikan sushi dengan toping serangga di bagian atasnya. Mulai dari kecoa, ulat, dan serangga lain yang pastinya bikin Kamu jadi pengen muntah.

 4. Tarantula Krispi, Kamboja

Makanan aneh negara Kamboja, Tarantula Kripsi.

http://www.nickspics.net

Di Indonesia mungkin Kamu biasa menemukan ayam krispi, jamur krispi, tempe krispi dan lain-lain. Namun bagaimana dengan tarantula krispi? Ha? Apakah Kamu terkejut?

Ya, tarantula yang merupakan hewan spesies laba-laba ini memang dikenal beracun. Tapi entah bagaimana, masyarakat Kamboja justru menjadikannya sebagai cemilan. Bahkan digoreng garing kriuk-kriuk. Menurut mereka, rasa gorengan tarantula ini mirip kepiting. Tak heran jika makanan ‘aneh’ tersebut jadi populer.

5. Casu Marzu, Italia

Makanan aneh negara Italia, Casu Marzu.

https://i.pinimg.com

Pernah dengar tentang makanan Casu Marzu yang jadi favorit bagi masyarakat Italia? Jika diartikan dalam bahasa Indonesia Casu Marzu adalah ‘keju busuk’. Makanan ini diperoleh dari fermentasi lemak susu kambing yang diletakkan di suhu ruang selama berhari-hari hingga busuk. Kemudian keju tersebut akan dijadikan tempat bersarangnya lalat Piophila Casei (lalat keju).

Nantinya lalat-lalat tersebut bakal bertelur dalam keju, sampai telurnya menetas menjadi larva dan belatung. Di saat itulah (saat keju sudah busuk dan banyak belatung) maka makanan siap dihidangkan. Hmm, terdengar menjijikan? Faktanya mereka justru mengatakan bahwa Casu Marzu punya citarasa gurih loh.

6. Telur Bitan, Cina

Makanan aneh negara china, Telur Bitan.

http://blog.reservasi.com

Makanan lain yang gak kalah aneh adalah telur bitan, yakni telur busuk yang ada di negeri China. Jadi telur ini dibuat dengan cara diawetkan selama berbulan-bulan bahkan hingga seribu tahun. Metode pengawetannya menggunakan tanah liat, garam, abu dan kapur tohor. Hmm, kebayang gak bagaimana baunya?

7. Hidung Rusa, Kanada

Makanan aneh negara Kanada, Hidung Rusa.

https://cauchymurtopo.files.wordpress.com

Buat mayoritas orang, mengonsumsi bagian hidung binatang mungkin terdengar aneh. Namun faktanya, masyarakat kanada justru menyukai hal itu. Mereka malah membuat masakan yang berasal dari hidung rusa. Hidung tersebut dimasak layaknya daging sapi dengan direbus bersama rempah-rempah hingga menjadi sup yang enak.

So Guys, jadi itulah beberapa kuliner di dunia yang aneh dan ‘gak biasa’. Bagaimana menurutmu? Tertarik mencoba?

About Bas