Wednesday , October 28 2020

Makanan Sumber Asam Lemak Trans dan Tips Menghindarinya

Asam lemak trans termasuk asam lemak yang perlu dibatasi kadarnya dalam tubuh. Kelebihan asam lemak trans sangat mudah untuk memicu terjadinya penyakit jantung koroner.

Sedikit penjelasan bahwa asam lemak trans adalah perubahan ikatan asam oleat dalam bentuk awal cis menjadi trans. Jika sudah kelebihan, maka Anda perlu melakukan tugas untuk mengurangi konsumsi makanan yang jelas-jelas mengandung asam lemak trans. Agar Anda menjadi lebih cermat dan selektif dalam mengkonsumsi asam lemak, maka berikut ini akan dijelaskan jenis makanan yang perlu dikurangi agar asam lemak trans tidak terus bertambah dan mengganggu kesehatan.

Berikut ini Makanan Sumber Asam Lemak Trans dan Tips Menghindarinya:

Mengurangi Konsumsi Semua Jenis Produk Bakery

Berbicara mengenai jenis produk bakery tentu sangat banyak. Roti tawar, pastry, croissant, roti isi, burger, tart, bolu, dan masih banyak lagi. Anda perlu mengurangi konsumsi produk bakery jika tidak ingin jumlah asam lemak trans dalam tubuh berlebih.

Meskipun semua jenis produk bakery terbilang sebagai jenis makanan yang mengenyangkan untuk mengganjal lapar. Namun hendaknya tidak setiap hari Anda konsumsi. Jika memang perlu mengganjal rasa lapar, lebih baik segera makan. Paling tidak Anda mengurangi kebiasaan buruk untuk sering menambah jumlah asam lemak trans di dalam tubuh.

Berkaitan dengan jenis produk bakery

Anda perlu mengurangi konsumsi makanan dari jenis lemak jenuh maupun yang dijenuhkan. Margarin dan mentega adalah jenis makanan yang diproses dengan cara hidrogenasi. Dapat dengan proses hidrogenasi sebagian maupun keseluruhan.

Margarin dan mentega sama-sama mengandung asam lemak trans. Jadi apa pengaruhnya ketika salah satu jenis makanan tersebut digabung dengan salah satu jenis dari produk bakery seperti roti tawar. Jelas saja konsumsi asam lemak trans Anda tinggi. Bagaimana Anda akan mengurangi asam lemak trans jika setiap hari masih terbiasa mengkonsumsi roti tawar yang dioles dengan margarin ataupun mentega.Anda telah mengkonsumsi dua sumber dari asam lemak trans. Untuk itu lebih baik kurangilah jenis makanan tersebut.

Mengurangi Konsumsi Gorengan Atau Deep Frying

Segala jenis gorengan juga tidak seharusnya dikonsumsi setiap hari. Selain dapat meningkatkan kolesterol, gorengan juga termasuk jenis makanan yang harus dikurangi agar jumlah asam lemak trans di dalam tubuh tidak berlebih. Baik itu tempe, tahu, gembus, pisang, tape, timus, dan gorengan lainnya. Termasuk olahan jenis makanan seperti deep frying yang jelas perlu dikurangi dan jangan jadikan kebiasaan untuk dimakan. Kentang goreng, jamur goreng, dan jenis olahan makanan deep frying lainnya lebih baik Anda kurangi.

Jika memang ingin memenuhi asupan gizi asam lemak di dalam tubuh, maka jauh lebih baik memilih jenis asam lemak esensial. Asam lemak yang diproduksi di dalam tubuh namun jumlahnya tidak mencukupi. Sehingga perlu ditambahkan dari luar yaitu, dari sumber makanan seperti omega 3 dan omega 6.

Makanan yang mengandung tinggi asam lemak esensial omega 3 seperti minyak ikan, minyak kedelai, dan minyak kanola. Semua jenis minyak tersebut tentu ada pada jenis ikan di laut. Makanan yang mengandung tinggi asam lemak esensial omega 6 seperti minyak sayur yang ada pada produk nabati terlebih sayuran.