Sunday , October 25 2020

Makanan Penyebab Asam Lambung Meningkat

Penyakit asam lambung bukan penyakit yang biasa. Ketika seseorang mengalami penyakit yang menyerang lambung, maka perlu segera dilakukan tindakan yang sangat serius. Terlebih setelah diketahui ternyata asam lambung sudah tinggi. Kejadian pingsan pun terkadang tidak mampu terelakkan menimpa seseorang yang sudah mengalami penyakit asam lambung tinggi. Guna asam lambung tidak semakin bertambah parah bahkan kambuh sewaktu-waktu, bagi Anda yang menderita penyakit tersebut, perlu menghindari beberapa makanan di bawah ini.

1. Makanan Gorengan

Apapun jenis makanan yang digoreng perlu dihindari oleh penderita penyakit asam lambung. Secara langsung, penderita penyakit asam lambung akan mengalami gangguan pada saluran pernapasan jika terbiasa mengkonsumsi makanan seperti gorengan.

2. Makanan Berlemak Tinggi

Apapun jenis makanan yang mengandung lemak bahkan dengan kadar yang tinggi, perlu dihindari oleh penderita penyakit asam lambung. Lemak menyebabkan lambung harus melakukan proses pencernaan makanan berlemak tinggi dengan tenaga yang lebih besar. Lemak sendiri termasuk jenis gizi yang sulit untuk dicerna dalam waktu singkat. Semakin tinggi kadarnya, maka proses untuk dicerna juga akan memakan waktu. Semakin lama dan semakin besar lambung bekerja, maka cairan asam pada lambung yang digunakan untuk membantu pencernaan lemak juga semakin banyak.

3. Makanan Pedas

Apapun jenis makanan yang memiliki rasa pedas perlu dihindari oleh penderita penyakit asam lambung. Rasa pedas dalam makanan yang dikonsumsi memicu lambung merasakan panas. panas membuat lambung merasakan panas yang membakar dan dapat menimbulkan radang dan luka. Semakin pedas makanan yang dikonsumsi, maka luka pada lambung akan semakin besar dan penyakit asam lambung pun dapat dengan mudah kambuh.

4. Buah Jeruk

Jenis buah satu ini terkenal memiliki kandungan vitamin C tinggi dan asam askorbat. Meskipun sehat, namun bagi Anda yang menderita penyakit asam lambung perlu menghindari buah jeruk. Jika tidak ingin penyakit asam lambung kambuh, maka jangan sekali-kali mengkonsumsi buah jeruk. Sifat buah jeruk yang asam akan memicu asam lambung bertambah dan membuat kondisi kesehatan Anda menjadi terganggu.

5. Buah Pisang

Buah pisang termasuk dalam buah yang memiliki kandungan vitamin C tinggi. Buah pisang memang baik untuk menambah suplai energi. Namun lihat terlebih dahulu kondisi kesehatan Anda. jika Anda tidak ingin penyakit asam lambung kambuh, maka hindari mengkonsumsi buah pisang.

6. Makanan Mengandung Kacang-kacangan

Apapun jenis makanan yang mengandung kacang-kacangan. Entah itu kacang panjang, buncis, kacang tanah, kacang mete, perlu dihindari oleh penderita penyakit asam lambung. Perlu diketahui bahwa jenis kacang-kacangan juga memiliki kandungan lemak. Sehingga mengapa Anda perlu menghindarinya juga demi penyakit asam lambung yang tidak kambuh.

7. Makanan Dengan Sayuran Kembang Kol, Kol, Sawi, Brokoli, Kubis

Ingat jenis sayuran berikut ini ada kembang kol, kol, sawi, brokoli, kubis adalah jenis sayuran yang perlu dihindari oleh penderita penyakit asam lambung. Jika Anda ingin mengkonsumsi sayuran, maka pilih jenis sayuran selain yang telah disebutkan. Sebab ternyata beberapa jenis sayuran juga terbilang kurang cocok untuk dikonsumsi penderita penyakit asam lambung. Mengingat kondisi lambung yang sensitif.

Imbangilah dengan juga menghindari minuman yang berkafein seperti kopi dan teh. Bagi Anda yang gemar minum soda, jika memang menderita penyakit asam lambung, lebih baik hindari kebiasaan tersebut. Jika ingin lambung Anda tetap terasa nyaman dan penyakit asam lambung tidak selalu kambuh, maka Anda perlu tegas dan selektif dalam memilih makanan yang hendak dikonsumsi.

About Bas