Tidak hanya sebagai pelengkap atau pemanis tampilan hunian Anda, Lantai rumah berfungsi sebagai alas pijakan kaki pemilik dan tamu yang akan berkunjung kerumah tersebut. Sehingga, lantai yang baik haruslah memberi kenyamanan pada penggunanya.

Didalam interior design, lantai adalah salah satu yang terpenting dari segala material yang dibutuhkan oleh interior hunian. Ada banyak sekali jenis lantai terbaik yang dapat konsumen pilih. Namun, terkadang dengan banyaknya jenis lantai yang ada membuat sebagian orang merasa agak sulit memutuskan. Sehingga artikel ini akan menjelaskan beberapa jenis lantai yang baik beserta cara perawatannya.

Memilih lantai hunian yang tepat, anda harus menyesuaikan terlebih dahulu pada gaya interior hunian anda. Apakah modern, klasik, sederhana dan natural? Karena dengan menyesuaikan jenis lantai dengan gaya interior design rumahnya akan menciptakan tampilan yang cocok dan selaras satu sama lain. Ada beberapa jenis lantai yang bervariasi mulai dari material, pola, warna, serta teksturenya sehingga anda harus benar-benar memilih yang tepat.

Berikut adalah macam-macam jenis Lanai rumah dan bagaimana merawat dan memberihkanya :

1. Lantai Keramik

Lantai yang satu ini memang sudah tidak asing lagi karena banyak orang telah menggunakan lantai ini untuk interior rumah mereka. Dipasaran, lantai keramik ini memiliki ukuran, warna, serta motif yang berbeda. Lantai keramik juga dapat digunakan dibeberapa ruangan dirumah anda, baik itu lantai dapur, kamar mandi, dan ruangan lainnya. Yang paling diminati dari lantai keramik ini adalah harga yang bervariasi dan juga cara perawatannya.

Harga akan selalu berbeda tergantung pada ukuran dan motif dari keramik tersebut. Sedangkan perawatannya sangat mudah karena anda hanya tinggal menyapu jika terdapat kotoran. Dan untuk menjaga agar lantai keramik tetap mengkilap dan terlihat indah, anda hanya perlu mengepelnya saja. Pengepelan sebaiknya 2 kali seminggu menggunakan kain pel lembut dan obat pel yang banyak diual dipasaran.

2. Lantai Marmer

Bagi anda yang ingin melengkapi tampilan modern dan mewah dirumah anda, maka lantai marmer bisa dijadikan pilihan yang tepat. Motif dan juga warna dari lantai marmer ini cukup bervariasi sehingga anda tingga memilih yang mana Marmer yang cocok dengan hunian anda. Masalah harga, lantai marmer memang cukup mahal mengingat marmer terbuat dari proses alami yang cukup lama.

Keistimewaan lantai ini adalah mampu menahan beban dan tahan api. Namun, sulit dihilangkan apabila terkena cairan. Sehingga anda perlu memikirkan tempat dimana yang kiranya cocok untuk lantai ini. Perawatan untuk lantai marmer ini adalah dengan memoles lantai dengan poles marmer. Ini supaya lantai tetap cemerlang.

3. Lantai Parket

Lantai parket adalah lantai yang sanggup memberikan kesan natural dan keanggunan dihunian anda. Tampilan dari lantai parket ini memang cukup menarik dilihat dari warna coklat atau hitamnya. Selain kesan alami, lantai parket juga mampu memberikan kenyamanan dan rasa hangat bagi setiap orang yang menginjaknya. Lantai parket sangat cocok untuk ruang keluarga dan juga kamar tidur. Namun, itu terserah anda dimana akan menginstallnya. Banyak orang yang beranggapan bahwa perawatan lantai paret sangat sulit dan mahal. Namun, apakah benar seperti itu?

Cara perawatan lantai parket adalah dengan menyapu kotoran dengan sapu lembut dan mengepel agar membuatnya bersih maksimal. Hindari penggunaan bahan pembersih yang mengandung wax karena akan membuat tampilan parket terlihat kusam. Karena parket adalah kayu, jadi jangan mengepel lantai ini terlalu sering dan terlalu basah. Ide lain untuk perawatan lantai ini juga dapat anda lakukan dengan penggunaan vacuum cleaner yang mana akan lebih efisien menyerap depu.

4. Lantai Beton

Desain kontemporer dapat anda dapatkan dengan menggunakan lantai beton sebagai lantai interiornya. Bisa dikatakan bahwa lantai beton mampu memberikan kesan cool dan modern disaat bersamaan. Banyak orang mengatakan lantai beton adalah lantai yang ramah lingkungan karena dalam pembangunan lantai ini, anda hanya perlu melakukan pengampelasan dan finishing. Untuk membuatnya tampak jauh lebih menarik, anda bisa menggunakan warna-warna dan motif kemudian tuangkan pada lantai beton ini. Atau anda menginginkan tampilan kontemporer beserta modern sekaligus, anda hanya perlu menggunakan finishing mengkilap dengan menggunakan sealer akrilik. Tidak hanya itu, lantai beton juga kuat dan tahan lama. Perawatannya juga mudah, anda hanya perlu mengepel lantai dan menyapunya jika terdapat debu.

Jadi, manakah yang terbaik menurut anda ? Sebenarnya, semua terlihat baik. Itu tergantung bagaimana anda memilih dan merawatnya sebaik mungkin.

Demikinalah macam-macam jenis latai dan perawatanya, semoga bermanfaat.