Thursday , October 22 2020

Luar Biasa, Karya Seni Menakjubkan Ini Diciptakan Oleh Pelukis Tanpa Tangan

Beberapa tahun ini, nama Sabar Subadri cukup santer terdengar di berbagai media. Mulai dari koran-koran, media sosial, bahkan biografinya pun sudah masuk halaman Wikipedia. Bapak Sabar juga kerapkali diundang sebagai narasumber dalam beragam acara talkshow di televisi.

Lalu sebenarnya siapakah Bapak Sabar ini? Nah, bagi Kamu yang belum tahu, berikut ulasan singkat tentang Pak Sabar, sosok inspiratif yang pantang menyerah.

1. Terlahir Dengan Keterbatasan Disik

Sabar Subadri merupakan pria asal Salatiga, Jawa Tengah yang sekarang ini usianya memasuki 39 tahun. Beliau memiliki keterbatasan fisik dengan terlahir tanpa kedua tangan. Namun demikin, Pak Sabar tidaklah berkecil hati ataupun minder. Ia justru memilih bangkit dan mengejar mimpinya.

2. Punya Bakat Menggambar Semenjak Kecil

Jiwa seni yang ada dalam diri Pak Sabar sebenarnya telah terlihat semenjak masih kecil. Beliau punya kebiasaan sering mencoret-coret lantai dengan kapur. Melihat hal itu, orang tuanya pun membelikan ia seperangkat alat menggambar, seperti spidol dan buku gambar. Dan sejak saat itulah, bakatnya semakin terasah.

Beliau sering diikutsertakan dalam lomba-lomba menggambar sewaktu duduk di bangku sekolah dasar. Karyanya juga sering dimuat di berbagai media masaa. Hingga pada akhirnya, Pak Sabar diajak bergabung dalam sebuah lembaga yang berpusat di Leichtenstein, Eropa. Yakni Association of Mouth and Foot Painting Artist (AMFPA), organisasi yang memberikan beasiswa bagi para pelukis difabel.

3. Melukis Dengan Kaki, Karya-Karya Pak Sabar Sukses Mendunia

Metode melukis yang digunakan oleh Pak Sabar tentunya berbeda dari kebanyakan orang. Beliau melukis dengan menggunakan kakinya. Dimana kuas dijepit dengan jempol kaki, kemudian disapukan pada lembaran kanvas. Hmm, terdengar cukup sulit, ya?

Iya, memang sangatlah sulit Guys! Tapi begitu, keindahan lukisan Pak Sabar enggak kalah dari seniman-seniman dunia. Dengan memadukan aliran naturalisme dan realisme, karya Pak Sabar benar-benar bagus banget. Bahkan membuat siapapun yang melihatnya pasti terpukau.

Karya lukis Pak Sabar ini sudah berkali-kali mengikuti beragam pameran, mulai dari tingkat nasional hingga internasional. Seperti di Singapura, Wina, hingga Barcelona. Oiya, Pak Sabar juga memaparkan bahwa harga terendah untuk lukisannya berkisar Rp.1-2 jutaan. Sedangkan yang termahal mencapai Rp.17,5 jutaan. Wow, keren ya!

4. Salah Satu lukisan Pak Sabar Bertema “Pohon Kehidupan”

Jika dilihat dari lukisan diatas, terlihat bahwa gambar-gambar yang diciptakan oleh Pak Sabar bukan sekedar gambar amatiran. Terlihat dari detail objeknya yang begitu kompleks serta gradasi warnanya yang tampak sempurna. Tak heran jika lukisan Pak Sabar dihargai dengan nominal yang cukup mahal.

5. Kalau Ini Temanya “Savana Angel”

6. Dan ini “Para Petani yang Bekerja”

7. Membagikan Ilmu dengan Membuka Sanggar Lukis

Yang mengagumkan dari sosok Pak Sabar, walaupun Beliau telah berhasil sukses dari bakatnya, Beliau tak pelit ilmu! Kabarnya, saat ini Pak Sabar tengah membuka kelas sanggar lukis ‘Saung Kelir’. Kelas tersebut dibagi menjadi 3 golongan, untuk tingkat dasar, menengah, dan untuk siswa yang sudah mahir. Pak Sabar berharap nantinya ada generasi penerus yang mampu mengikuti jejaknya dalam bidang melukis.

Ya itulah sedikit cerita tentang Pak Sabar yang mengajarkan kepada kita bahwa keterbatasan fisik bukanlah halangan untuk meraih cita-cita. Selama kita masih mampu dan memiliki kesempatan, maka kita harus terus berusaha. Lewat kerja keras dan doa pasti impian itu akan terwujud. Well, semoga kisah ini bisa menginspirasi bagi kita semua. Dan sukses selalu untuk Pak Sabar!

About Bas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *