Ketika sedang berpuasa kebanyakan berat badan seseorang pasti akan turun, Namun tidak bisa dipungkiri bahwa usai lebaran nanti bisa jadi berat badan malah akan naik drastis loh. Hal ini bisa jadi dikarenakan kamu kurang pandai dalam menjaga asupan makanan ketika lebaran tiba. Memang sih dengan berbagai hidangan makanan yang mungkin tersedia di meja makan, bukan tak mungkin bila libur lebaran nanti berat badan kamu akan naik. Nah jika lebaran bikin badan “Lebar-An” atasi dengan 7 buah segar ini.

1. Buah Plum

Benarkah makan buah plum yang satu ini bisa melangsingkan berat badanmu? Ya, tentu saja. Di luar sana mungkin ada 1001 cara untuk menurunkan berat badan, namun tak ada yang lebih baik dari menurunkan berat badan secara alami. Salah satunya adalah dengan mengkonsumsi buah plum ini.

Buah plum adalah buah yang sangat segar dan kaya akan nutrisi. Di dalam buah plum terdapat kandungan yang lebih dari 15 vitamin serta mineral yang tentunya sangat bermanfaat sekali untuk tubuh. Berbagai nutrisi yang terkandung di dalamnya menghadirkan banyak sekali manfaat, mulai dari mencegah sembelit hingga menurunkan gula darah serta kolestrol. Buah berwarna ungu yang satu ini telah di klaim bagus untuk diet karena minim terhadap kalori.

2. Buah Blueberry

Meskipun buahnya terlihat sangat kecil, namun kamu jangan menyepelekan ukuran serta kandungan yang dimilikinya Buah yang bentuknya mirip strawberry ini. Buah Blueberry dikenal sangat kaya akan vitamin C serta antioksidan. Kamu bisa mengkonsumsinya secara langsung atau diolah. Salah satu olahan buah blueberry yang paling enak adalah es krim. Tapi pastikan untuk memakai susu low fat ya!

Buah bluberry ini selain mengandung antioksidan yang sangat tinggi dan kandungan gula yang dimiliki buah ini juga sangat rendah. Tentunya sangat cocok sekali bila dijadikan makanan sehat untuk diet, karena dapat membantu menurunkan berat badan .

3. Buah Pepaya

Apa yang special dari buah papaya ini? Banyak orang yang tidak mengetahui, betapa ajaibnya buah yang satu ini. Bila kamu ingin menurunkan berat badan hanya dalam waktu satu minggu, mungkin ini terlihat mustahil. Namun tidak dengan buah yang satu ini. Buah papaya ternyata bisa menurunkan berat badan. Pepaya adalah buah rendah kalori, kandungan lemak baik yang terkandung di dalamnya serta kaya akan serat sangat efektif sekali untuk menurunkan berat badan.

Kamu bisa mengkonsumsi buah pepaya tiga kali sehari setiap hari secara rutin. Dengan mengkonsumi buah papaya, maka badan kamu bisa turun hingga 1-3kg dalam satu minggu. Hasilnya juga tentu akan dipengaruhi oleh kondisi tubuh masing-masing.

4. Buah Kiwi

Buah kiwi memiliki banyak sekali kandungan nutrisi yang sangat penting bagi tubuh. Manfaat buah berwrna hijau  ini sudah tidak bisa diragukan lagi, salah satunya yaitu untuk menurunkan berat badan.  Serat yang ada pada buah kiwi bisa memberikan rasa kenyang yang cukup Panjang. Banyak para ahli yang menyatakan untuk mengkonsumsi buah kiwi ini sekaligus bersamaan dengan kulitnya. Karena kandungan serat yang ada pada kulit kiwi bisa mencapai 50% dari total serat pada kiwi.

Namun kamu harus ingat, meskipun buah kiwi mengandung banyak gizi yang baik untuk diet, kamu juga jangan berlebihan dalam mengkonsumsinya karena buah kiwi  ini juga merupakan jenis buah yang juga banyak mengandung gula.

5. Buah Delima

Jika kamu bosan dengan buah-buahan lainnya yang sudah biasa, maka kamu bisa mencoba buah yang satu ini untuk menu diet kamu. Buah ini kaya antioksidan, polifenol serta asam linolenat terkonjugasi. Kamu bisa mengolah buah delima menjadi sirup atau olahan es lainnya ketika ;ebaran tiba agar bisa mengganti camilan tidak sehat menjadi lebih healthy.

Zat-zat yang ada dalam buah delima bisa membantu tubuh membakar lemak dan meningkatkan metabolisme. Nah, untuk kamu yang ingin menurunkan berat badan saat lebaran, bisa nih konsumsi jus buah delima yang segar ini karena rendah kalori.

6. Buah Belimbing

Buah yang satu ini biasanya sering dijadikan salah satu buah yang ada dalam rujak buah. Ternyata buah yang menyegarkan satu ini juga sangat bagus untuk menunjang dietmu loh.  Buah blimbing mengandung tannin yang berfungsi membantu melancarkan proses pencernaan.

Buah ini baik untuk dikonsumsi langsung bersamaan dengan kulitnya, karena mengandung serat yang tinggi sebagai pencegah ketika sulit buang air besar. Selain itu blimbing juga mengandung vitamin A, C, E serta magnesium, kalsium, mangan, selenium, dan zinc yang diperlukan oleh tubuh. Manfaat yang ada pada kandungan blimbing ini bisa mengurangi rasa ingin makan, sehingga dapat membuat diet sehat kamu sukses.

7. Buah Markisa

Selain buah-buah di atas, buah markisa juga sangat baik untuk menunjang diet sehatmu ketika lebaran. Karena zat yang ada di dalam buah ini mampu mengendalikan lemak yang ada pada tubuh. Zat tersebut berupa piceatannol atau sejenis zat reseratol. Olahan sirup markisa dapat dijadikan salah satu menu sehat di berbagai kesempatan.

Nah, bagi seseorang yang mengalami obesitas zat tersebut sangat diperlukan sekali untuk diet. Karena fungsinya yang mengubah fungsi generic serta insulin saat proses adipogenesis. Yakni mengubah sel yang awal pada lemak menjadi sel yang lebih matang. Dengan mengkonsumsi markisa secara rutin setiap hari dapat menurunkan berat badan kamu dan merupakan salah satu alternatif buah yang berkhasiat untuk mengecilkan perut buncit.

Nah, itulah tadi cara mengatasi badan “Lebar-An” ketika lebaran dengan 7 buah segar diatas. Namun selain rutin mengkonsumsi beberapa buah diatas, tentunya kamu juga tetap harus mengatur pola makan serta membiasakan gaya hidup yang sehat. Karena tampil prima di depan umum memang keinginan semua orang bukan? Semoga artikel ini bisa membantu kamu agar tetap hidup sehat. Selamat mencoba, semoga sukses.