Sunday , October 25 2020

Langka, 5 Fenomena Alam Paling Mencegangkan Sepanjang Sejarah

Tak selamanya alam hanya diam. Terkadang alam juga bisa mengejutkan manusia dengan munculnya fenomena-fenomena yang tak lazim. Misalnya saja, munculnya Aurora di kawasan kutub, terbentuknya awan supercells, adanya bioluminescence di pantai, dan masih banyak lainnya.

Tentunya kejadian yang berhubungan dengan alam adalah kuasa Tuhan. Namun bukan berarti fenomena tersebut tak bisa dijelaskan dengan logika. Pastinya bisa dong! Semua itu dapat dipaparkan secara ilmiah.Nah, berikut ini beberapa fenomena alam paling mencegangkan sepanjang sejarah. Bersiaplah terkejut saat membancanya! Lets check it out!

  1. Moonbow, Pelangi di Malam Hari

Seperti yang telah kita pelajari di bangku sekolah, bahwa pelangi muncul dikarenakan pembiasan cahaya matahari oleh tetesan air hujan. Tapi bagaimana ya bila ada pelangi yang tampak di malam hari? Hmm, terdengar mustahil sih! Namun sebenarnya hal itu nyata adanya.

Peristiwa kemunculan pelangi di malam hari biasa disebut Moonbow. Fenomena langka ini umumnya terjadi ketika bulan purnama berbarengan dengan hujan. Dan biasanya pelangi Moonbow tidak berupa warna-warni, melainkan hanya satu warna yakni putih.

Fenomena alam ini sangat jarang terjadi. Pernah beberapa kali terlihat di tempat-tempat tertentu. Diantaranya di air terjun Yosemite-California, kawasan Kentucky-Amerika, air terjun Victoria diperbatasan Zimbabwe dan Zambia, Kostarika dan Hawaii.

  1. Awan Asperitas

Melihat wujudnya saja Kamu pasti akan bergidik ngeri. Ya, awan Asperitas ini memang memiliki penampakan yang menakjubkan sekaligus bikin takut. Warnanya begitu kelam, terdiri dari gulungan gelombang tak beraturan yang mirip ombak.

Asperitas sendiri baru ditemukan di tahun 2008. Kemudian diberi nama oleh seorang pendiri Perkumpulan Apresiasi Awan di Inggris, Gavin Pretor-Pinney dengan sebutan ‘Asperitas’ yang berasal dari bahasa latin dengan arti ‘kasar’.

Meskipun bentuk awan ini cukup menyeramkan, tapi awan Asperitas tidak menimbulkan potensi badai. Awan ini biasanya muncul 50 tahun sekali, dan umumnya terlihat di kawasan Amerika Utara.

  1. Danau Gelembung – Abraham

Di Kanada, tepatnya di danau Abraham terdapat sebuah fenomena unik yang akan membuatmu takjub! Yakni sebuah gelembung-gelembung beku yang menghiasi area perairan danau tersebut.

Gelembung ini memiliki pola unik mirip ubur-ubur, warnanya biru bening dan begitu cantik. Dijamin Kamu akan terpukau saat melihatnya.Tak heran bila kawasan ini kerap dijadikan incaran para fotografer untuk berburu foto. Selain itu tak jarang juga wisatawan yang berkunjung untuk menikmati keindahan fenomena langka tersebut.

  1. Api Berwarna Biru (Blue Fire)

Jika umumnya api berwarna merah, terdapat sebuah fenomena aneh yang memperlihatkan warna api biru. Fenomena ini dikenal sebagai Blue Fire.

Tentunya fenomena ini nggak bisa dilihat di sembarang tempat. Kamu hanya bisa menemukannya di Islandia dan Indonesia saja. Untuk di neraga kita, Blue Fire terdapat di puncak Gunung Ijen, tepatnya di Kawah Ijen. Disana Kamu dapat menyaksikan keindahan blue fire yang menyala di dalam kawah berwarna hijau tosca. Sungguh cantik! Namun sayang, kawah ini kerap mengeluarkan gas beracun sehingga seringkali wisatawan dilarang melihat blue fire.

Adapun penyebab dari munculnya fenomena blue fire, yakni dikarenakan reaksi antara oksigen dengan gas bumi.

  1. Bulan Memancarkan Sinar Hijau

http://mks-onlain.ru

Jika pada umumnya bulan memancarkan cahaya putih yang terang, di tahun 2013 terdapat femonema aneh, dimana cahaya bulan menjadi warna hijau. Peristiwa tak lazim ini terjadi di kawasan pegunungan Cerro Paranal, Chili.

Para masyarakat disana mengaku melihat cahaya hijau setelah matahari terbenam. Fenomena ini juga berhasil direkam oleh organisani ESO (European Southern Observatory). Menurut tim peneliti, sinar hijau tersebut muncul dikarenakana danya pembiasan cahaya oleh atmosfer.

Nah, kira-kira itulah beberapa fenomena alam aneh dan menakjubkan di dunia. Jadi, mana yang paling membuatmu terkesima?

About Bas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *