Tuesday , October 20 2020

Kunci Sukses Usaha Kuliner Pemula

Bagi pemula yang ingin sukses usaha kuliner, maka perlu strategi yang harus dipersiapkan terlebih dahulu. Jangan sampai Anda hanya akan membuang-buang modal untuk bisnis kuliner yang tidak laku. Strategi adalah langkah untuk menata kesiapan para pebisnis dalam terjun di medan bisnis yang tentunya tidak sedikit pesaing. Meskipun manusia selalu perlu makan, bukan berarti bisnis kuliner Anda akan laku terus. Konsumen itu calon pembeli yang sangat realistis ketika memilih tempat kuliner untuk dikunjungi.

Berikut Tips Kunci Sukses Usaha Kuliner Untuk Pemula:

1. Ikutilah Pelatihan Kuliner Terlebih Dahulu

Jika Anda sudah memiliki gambaran hendak menjalankan usaha kuliner tertentu, maka penting untuk mengikuti pelatihan / khursus. contoh jika Anda ingin menjalankan usaha kuliner Roti, maka ikutilah pelatihan membuat roti.

Dengan mengikuti pelatihan, maka Anda akan diajarkan secara langsung oleh Koki handal yang tentu sudah expert dibidang Pembuatan Roti. Anda akan diajarkan setiap tahapan membuat Roti dari awal. Sehingga tidak ada namanya instan dalam membuat roti enak, lezat, dan empuk. Pelatihan ini penting agar Anda benar-benar memiliki skill membuat roti yang lebih enak dan disukai konsumen.

2. Kuliner Yang Unik

Kemudian strategi selanjutnya adalah mulai berpikir untuk mencari keunikan apa yang dapat ditonjolkan dari usaha kuliner Anda. Keunikan dari usaha kuliner akan mampu menyedot perhatian konsumen. Apalagi jika rasa kuliner yang Anda sajikan benar-benar sesuai dengan lidah konsumen. Maka bukan tidak mungkin usaha kuliner Anda akan selalu dicari konsumen. Disini yang diperlukan lebih kepada kreativitas serta inovasi kuliner.

3. Pilih Lokasi Strategis

Strategi selanjutnya yang tentu sedikit menguras budget adalah lokasi usaha. Pilihlah lokasi usaha yang ramai oleh konsumen. Jika Anda kebetulan sudah memiliki lokasi usaha milik sendiri, maka lebih ringan. Namun jika tidak, maka budget yang tinggi harus Anda keluarkan. Kini bisnis properti juga terbilang pandai untuk menaikkan harga sewa maupun jual dari ruko untuk para pelaku bisnis. Namun asalkan lokasi usaha yang Anda pilih berada di tengah-tengah konsumen. Dalam arti konsumen tidak perlu kesusahan untuk menemukan kuliner Anda, maka budget tinggi untuk memilih lokasi usaha bukan masalah. Sebab lambat-laun Anda akan cepat merasakan balik modal dari usaha kuliner Anda yang semakin ramai.

4. Buat Merek Bisnis Yang Tidak Mudah Dilupakan Konsumen

Konsumen yang sudah jatuh hati dengan kuliner Anda tentu akan mengingat-ingat apa nama dari kuliner tersebut. Untuk itu, Anda harus membuat merek bisnis yang unik, lucu, berbeda, dan pastinya tidak mudah dilupakan oleh konsumen. Untuk membuat merek bisnis perlu waktu yang lama. Jangan terburu-buru untuk membuat merek bisnis. Sebab poin penting usaha kuliner akan sukses juga bergantung dari merek bisnis yang dimiliki.

5. Service Konsumen Yang Memuaskan

Kunci sukses usaha kuliner yang berikutnya tertuju pada service kepada konsumen. Pastikan pegawai yang Anda miliki dapat melayani konsumen dengan cepat, sigap, dan juga ramah. Konsumen akan sangat menghargai kuliner yang memiliki service memuaskan. Jika sebaliknya, maka dalam waktu singkat, orang-orang akan enggan memilih kuliner Anda hanya karena service yang kurang memuaskan. Untuk itu, pastikan service kuliner Anda selalu memberikan kepuasan bagi konsumen terutama pelanggan.

About Bas