Sunday , October 25 2020

Kulit Leher Hitam? Ini Penyebab dan 6 Cara Mengatasinya Secara Alami

Enggak cuma wajah aja yang butuh perawatan. Kulit leher pun juga perlu diperhatikan. Kenapa begitu? Sebab adanya polusi dan paparan sinar matahari bisa membuat kulit leher rentan bermasalah. Salah satunya yang paling sering terjadi adalah leher jadi menghitam.

Tentunya kondisi leher hitam ini cukup mempengaruhi penampilan, ya? Bahkan bisa menurunkan kepercayaan diri. Yang perlu kamu ketahui, leher hitam ini dapat terjadi dikarenakan berbagai faktor atau bisa pula menjadi tanda dari suatu kondisi medis tertentu.

Nah, berikut ini beberapa hal yang paling memungkinkan jadi memicu leher hitam. Diantaranya yakni:

  • Efek paparan sinar matahari yang menyebabkan kulit mengalami hiperpigmentasi.
  • Polusi udara dan debu yang menumpuk menimbulkan terbentuknya daki pada kulit.
  • Pertanda gula darah tinggi, tubuh mengalami resistensi insulin sehingga mengakibatkan poliferasi atau kulit jadi menggelap.
  • Gangguan tiroid.
  • Obesitas.

Nah, setelah mengetahui penyebabnya, berikut kita bahas cara mengatasi kulit leher hitam secara alami. Simak yuk!

1. Gunakan Minyak Zaitun dan Jeruk Nipis

Minyak zaitun nggak cuma bisa digunain untuk merawat wajah, tapi juga berpotensi dijadikan masker alami buat mencerahkan leher yang hitam. Adanya kandungan vitamin E yang cukup tinggi dalam minyak zaitun bisa membantu proses perbaikan sel-sel kulit dan melindunginya dari kerusakan akibat radikal bebas.

Sementara jeruk nipis mengandung tinggi vitamin C yang berperan dalam mengembalikan kecerahan warna kulit.

Untuk cara pakainya, kamu bisa mengkombinasikan minyak zaitun dengan jeruk nipis. Oleskan campuran tersebut pada leher secara merata. Tunggu 30 menit, lalu bilas dengan air.

2. Gunakan Kentang yang Dihaluskan

Jika kamu menyimpan kentang di dalam kulkas, kamu bisa memanfaatkannya sebagai masker untuk mengatasi kulit lehermu yang menggelap atau belang. Kentang ini mengandung vitamin C dan enzim catecholase yang mampu menghilangkan tumpukan daki serta mengembalikan kecerahan sel-sel kulit.

Untuk pemakaiannya, siapkan setengah potong kentang, lalu haluskan. Kemudian oleskan pada leher sampai benar-benar rata. Jika sudah mengering, kamu bisa membilasnya dengan air. Ulangi pemakaian 2 kali sehari.

3. Gunakan Ampas Kopi dan Oatmeal

Suka kopi? Tahu enggak, ternyata kopi enggak cuma bisa membangkitkan stamina. Tapi juga dapat mengatasi masalah leher hitam, loh! Khasiat tersebut diperoleh berkat kandungan flavonoid dan polifenol yang merupakan zat antioksidan yang mampu menjaga kesehatan kulit sekaligus mencerahkannya.

Sedangkan oatmeal bekerja dalam mengangkat sel kulit mati dan segala kotoran yang menumpuk, sehingga leher pun bisa semakin tampak bersih.

Untuk pengaplikasiannya, campurkan 1 sdm ampas kopi dengan 1 sendok makan oatmeal. Aduk, lalu oleskan pada area leher yang menghitam. Selang 30 menit, cuci dengan air sampai bersih.

4. Gunakan Cuka Sari Apel

Selanjutnya, kamu bisa menggunakan cuka apel untuk mengatasi leher yang hitam. Cuka apel diketahui mengandung asam malat yang mampu bekerja dalam mengangkat sel kulit mati yang menjadi penyebab leher menghitam.

Untuk cara pakainya, kamu perlu mengkombinasikannya dengan air untuk mengurangi sifat asam dari cuka yang mungkin bisa memicu iritasi.

Campurkan 1 sdm cuka apel dengan 2 sdm air putih. Aduk, kemudian oleskan pada leher menggunakan kapas. Tunggu sekitar 10 menit, terakhir bilas dengan air.

5. Gunakan Lidah buaya

Lidah buaya merupakan salah satu tanaman yang cukup.sering dimanfaatkan sebagai bahan utama dalam produk skincare. Lidah buaya ini memang memiliki segudang khasiat bagi kesehatan kulit. Pada bagian lendirnya terkandung vitamin A, vitamin C dan vitamin E yang berkonstribusi dalam menghambat pigmentasi dan prose regenerasi sel kulit.

Selain itu, adanya senyawa flavonoid yang bertindak sebagai anti oksidan juga membantu mencerahkan kulit.

Untuk cara pakainya, kamu cukup menyediakan satu lembar daun lidah buaya. Cuci bersih, lalu belah bagian tengah dan ambil lendirnya. Gosokkan ledir tersebut pada lehermu secara perlahan. Tunggu sampai mengering, kemudian bilas dengan air.

6. Gunakan Lemon dan Garam

Lemon terbukti mengandung vitamin C dengan kadar cukup tinggi. Peranan vitamin C ini sebagai antioksidan yang dapat membantu pembentukan kolagen, melindungi kulit dari kerusakan radikal bebas, menyamarkan flek hitam, dan pastinya membuat kulit semakin cerah.

Sementara garam, umumnya digunakan untuk eksfoliasi yakni proses pengangkatan kotoran dan sel kulit mati sehingga nantinya kulit bisa jadi lebih bersih.

Untuk cara pengaplikasiannya, tambahkan 1 sdm garam ke dalam setengah gelas air perasan jeruk nipis. Aduk rata. Kemudian oleskan pada leher menggunakan.kapas. Tunggu sampai mengering, lalu bilas dengan air

Nah, kira kira itulah ulasan mengenai penyebab dan cara mengatasi leher yang hitam. Aplikasikan metode diatas 2-3 kali seminggu. Apabila kulitmu menunjukan respon negatif, seperti iritasi maka segera hentikan pemakaian. Tapi kamu nggak perlu terlalu khawatir juga, karena bahan-bahan alami itu cenderung aman, kok! Semoga bermanfaat.

feature image: healthline.com

About amania

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *