Wednesday , October 21 2020

6 Kuliner Food Street Populer Berbagai Negara di Dunia, Wajib Coba!

Gimana rasanya jika jalan-jalan ke luar negeri tanpa mencoba kulinernya? Hemm, pastinya serasa ada yang kurang ya. Mencoba jajanan di pinggir jalan adalah bagian integral dari perjalanan yang wajib dilakukan. Dengan begitu, Kamu bisa memperoleh pengalaman sekaligus merasakan lezat dan uniknya makanan di masing-masing negara.

Nah, berikut ini beberapa food street (jajanan pinggir jalan) yang populer di dunia dan nggak boleh Kamu lewatkan! Let’s check it out!

 

1. Banh Mi, Vietnam

Banh Mi adalah jajanan khas negara Vietnam yang identik dengan sandwich. Asal mula munculnya Banh Mi ini semenjak adanya penjajahan Perancis di Asia Tenggara. Maka itu, tak heran jika resep Banh Mi merupakan kombinasi unsur Timur dengan Barat.

Pada umumnya, Banh Mi dibuat menggunakan roti baguette. Kemudian di dalamnya diisi daging, mentimun, wortel, acar, lobak, seledri, cabai dan mayones. Oiya, Banh Mi kadang diisi dengan daging babi juga. Jadi untuk Kamu yang muslim sebaiknya hati-hati.

2. Telur Wafel (Egg Waffle), Hong Kong

Telur wafel atau egg waffle merupakan salah satu jajanan legendaris khas Hongkong Negara China, yang muncul pertama kali pada tahun 1950’an. Masyarakat lokal menyebutnya juga sebagai “gai daan tsai”.

Jajanan ini memiliki cita rasa cukup unik. Bagian dalamnya manis, sedangkan kulit luarnya gurih dan kenyal-kenyal. Bahan utama pembuatan egg waffle adalah susu, gula dan telur. Selain itu juga ditambahkan daging, coklat, selai serta buah-buahan  ke dalam adonan untuk meningkatkan kelezatannya.

3. Durum, Turki

Jika Kamu berjalan-jalan ke Eropa, dan mampir ke Turki maka jangan lupa untuk mencicipi food street ikoniknya yang disebut durum. Jajanan ini mirip kebab. Dibuat dari bahan utama flatbread atau roti tipis yang bagian dalamnya diisi dengan doner (yakni daging sapi atau ayam yang digiling dan diberikan bumbu).

Selain daging, durum juga diisi dengan beragam sayuran, tomat, ketimun, bawang merah, selada, serta keju dan yogurt. Durum bisapula ditemui pada kawasan kota di Jerman.

4. Suppli, Italia

Beralih ke kota Roma, negara Italia, disini Kamu bisa menemukan jajanan populer yang dikenal dengan sebutan suppli. Jajanan ini berbentuk bulat dengan isian keju mozzarella serta ragu. Ragu sendiri dibuat dari daging sapi dan tomat. Katanya sih, sensasi kenikmatan suppli akan terasa sekali gigit, kejunya akan meleleh ke mulut. Pastinya lezat dan enak.

5. Pani Puri, India

Jajanan khas negara India ini juga terbilang sudah sangat populer. Biasanya sering dijual oleh para pedagang kaki lima di pinggir jalan. Kue Pani Puri ini bentuknya bulat-bulat seperti bola pingpong. Warnanya coklat keemasan, bagian tengahnya berlubang. Diisi dengan kacang-kacangan, sayuran, kentang dan rempah-rempah.

Biasanya pani puri disajikan bersama kuah yang terbuat dari campuran rempah, gula, jintan, cabe, asam jawa, garam dan daun mint. Hasilnya cita rasa jajanan ini terbilang unik, kombinasi manis, pedas, dan asin. Kamu wajib cobain deh!

6. Crepes, Perancis

Crepes adalah jajanan fenomenal yang mudah ditemui di jalanan kota Mode Paris Perancis. Cita rasanya yang gurih, manis dan lezat menjadikan crepes ini banyak digemari banyak orang. Bahkan hingga terkenal ke seluruh dunia.

Untuk pembuatan crepes menggunakan bahan utama tepung terigu, susu, telur dan gula. Selain itu crepes juga diisi dengan varian topping yang beragam, mulai dari keju, pisang, vanilla, sayuran, daging, nutella, messes dan masih banyak lainnya bergantung selera. Biasanya crepes disajikan sebagai hidangan penutup untuk makan siang ataupun malam.

Nah, itulah beberapa jajanan kaki lima paling populer negara-negara di dunia. Btw, kalau Kamu suka jajanan negara mana nih? Share yuk!

About Bas