Wednesday , October 28 2020

Kombinasi Baju Pesta Muslimah Indonesia dengan Kain Tradisional

Inilah beberapa konsep unik desain baju pesta Muslimah Indonesia dengan kain tradisional

1. Kombinasi Busana Muslim dengan Kebaya

Kebaya adalah kain tradisional masyarakat Jawa yang cukup sering digunakan untuk menghadiri berbagai acara pernikahan hingga wisuda di lembaga pendidikan. Tak hanya fashion hijaber yang menggunakan desain kombinasi busana Muslim dengan kebaya, tetapi juga juga para desainer Indonesia lain seperti Anne Afanty.

Meskipun tidak perlu membeli baju pesta busana Muslim dari desainer profesional, menggunakan kebaya lama dan dikombinasikan dengan manset juga bisa menjadi pilihan. Busana yang dikenakan oleh Inggrid Kansil ini terlihat seperti kebaya yang sudah lama, tapi desain ini dirancang oleh Amy Atmanto, lho. Tidak ada salahnya memanfaatkan kebaya milik ibu dan menyulapnya menjadi lebih modis.

2. Kombinasi Busana Muslim dengan Songket

Ada beragam jenis kain songket di Indonesia. Hampir beberapa daerah di Indonesia mulai dari Sumatera, Kalimantan, hingga Nusa Tenggara menghasilkan kain songket yang berbeda sebagai kain tradisional. Beberapa desainer seperti Dian Pelangi, Lia Afif, Nieta Handayani, hingga Zaskia Sungkar telah memanfaatkan kain songket untuk desain baju pesta Muslimah. Berikut ini adalah kain songket Palembang yang digunakan Dian Pelangi ketika menghadiri acara kenegaraan di Istana Merdeka 2014 lalu.

Kemudian pada Februari 2015, Zaskia Sungkar bersama Dian Pelangi dan Barli Asmara mengusung kain songket asal Lombok kembali di New York Fashion Week. Motif songket khas Nusa Tenggara Barat ini juga bukan ide yang buruk lho untuk meningkatkan rasa percaya dirimu menghadiri undangan pesta sahabatmu.

3. Kombinasi Baju Muslim dengan Kain Rangrang Bali

Tidak sampai di sini saja, konsep-konsep menarik baju pesta untuk para Muslimah dengan kain tradisional juga memanfaatkan kain tenun rangrang khas Bali. Motif kain yang cenderung menggunakan pola zigzag dan diamond ini dipopulerkan oleh Lia Afif di Jakarta Fashion Food Festival 2014 dan Dian Pelangi di beberapa kesempatan.

Motif tenun rangrang ini tidak hanya cocok digunakan sebagai tamu undangan hingga wisudawati, tapi juga pas dijadikan baju pesta sebagai pendamping pengantin.

4. Kombinasi Baju Muslim dengan Batik

Batik tidak asing lagi dengan budaya Indonesia. Kain tradisional khas masyarakat Jawa ini tidak hanya dikenal orang Indonesia, tapi juga mancanegara. Kain batik yang lebih dulu populer di mancanegara dibandingkan kain tradisional yang lain juga telah memiliki lebih banyak variasi model. Dari yang syari hingga modern. Kombinasi warnanya pun dapat disesuaikan dengan selera masyarakat.