Saturday , October 24 2020

Kira-Kira Bagaimana Ya Cara Ampuh Berantas Jamur Kulit Itu?!

Infeksi jamur kulit atau ringworm (Dermatophytosis) sebaiknya tidak dianggap remeh, mengingat kondisi ini sangat menular. Tapi seumpama kamu terlalu malu pergi ke dokter hanya karena perkara ‘jamuran’ ini, maka coba deh gunakan beberapa bahan alami berikut untuk mengatasinya.

1.Kunyit

Tak hanya antiradang, kunyit juga bersifat antimikroba berkat kandungan kurkuminnya. Cara penggunaannya ada beberapa cara, yaitu:

  • Minum sebagai teh atau gunakan sebagai bahan masakan.
  • Aplikasikan langsung ke area yang terkena infeksi jamur.
  • Campur dengan air atau minyak kelapa, kemudian oleskan pasta kunyit di kulit.
  • Diamkan selama mungkin sebelum membilasnya.

Catatan tambahan: walau kunyit bisa bikin kulit tampak kekuningan, namun efek ini akan menghilang dengan sendirinya dalam hitungan hari.

2.Cuka apel

Kandungan antijamur dalam cuka apel ampuh meredakan gatal serta kulit kering akibat infeksi jamur. Selain itu, nutrisi dalam cuka apel juga mampu meregulasi pertumbuhan jamur dengan cara menetralkan pH.

Cara memakainya adalah dengan mengoleskan langsung cuka apel ke kulit. Gunakan cotton ball agar lebih mudah. Lakukan hingga 3 kali setiap hari. Bilas kulit 15 menit kemudian sebelum keluar rumah atau kalau area terinfeksi tampak basah karena keringat.

3.Ekstrak daun neem

Daun neem juga bersifat antijamur dan kerap dipakai sebagai bahan detoks alami, khususnya oleh penduduk India. Ekstrak yang terkandung dalam daun ini digadang-gadang mampu menyingkirkan patogen dari kulit.

Untuk menggunakannya, didihkan daun neem dalam air selama beberapa menit. Jangan terlalu lama saat mendidihkannya. Selanjutnya, gunakan air tersebut untuk membersihkan kulit terinfeksi.

Kamu tidak disarankan menempelkan daun neemnya langsung ke kulit agar tidak terjadi iritasi.

4.Minyak kelapa

Minyak satu ini mengandung asam lemak yang efektif merusak membran sel jamur penyebab infeksi. Oleh karenanya, minyak kelapa dapat digunakan sebagai obat alami infeksi jamur kulit tingkat ringan maupun sedang.

Kamu tinggal mengaplikasikan minyak kelapa ke kulit sebanyak 3 kali sehari. Lakukan rutin hingga beberapa minggu ke depan. Meski nanti bila infeksinya tampaknya sudah sembuh, tetap gunakan minyak ini sebagai pelembab alami sekaligus penangkal kambuhnya jamur kulit.

5.Minyak oregano

Minyak oregano (utamanya bila itu diambil dari oregano liar/ Origanum vulgare – bukan Origanum marjoram) mengandung thymol dan carvacrol yang ampuh hentikan pertumbuhan jamur.

Sebelum mengaplikasikannya 3 kali sehari ke kulit, encerkan lebih dulu minyak oreganonya dengan minyak carrier lainnya (misalnya minyak kelapa).

6.Bawang putih

Nah kalau bahan satu ini sangat mudah menemukannya karena hampir ada di setiap dapur rumah. Tak hanya efektif atasi ringworm saja, bawang putih juga ampuh tangani Trichophyton, Torulopsis, Candida, dan Cryptococcus.

Yang pasti, jangan aplikasikan bawang putih mentah langsung ke jamurnya karena dapat menimbulkan iritasi hingga berjam-jam lamanya.

Sebaliknya, campur pasta bawang dengan minyak zaitun atau kepala. Oleskan tipis-tipis ke kulit (pakai cotton ball atau kain bersih). Diamkan 2 jam sebelum membilasnya. Ulangi treatment ini 2 kali sehari hingga terlihat hasil yang diinginkan.

7.Minyak tea tree

Tea tree oil ampuh atasi jerawat dan infeksi jamur berkat kandungan antibakterial dan antijamurnya. Oleh sebab itu, tak heran bila banyak produk menggunakan tea tree sebagai bahan utamanya.

Cara memakainya adalah campur sedikit tea tree oil dengan minyak kelapa (jumlahnya lebih banyak ketimbang tea tree-nya). Oleskan 3 kali sehari ke kulit terinfeksi.

Terakhir, selain dengan menggunakan bahan alami tadi, lakukan ini bila ingin terbebas dari infeksi jamur kulit:

  • Jaga kulit selalu bersih dan kering.
  • Kenakan sepatu yang model atau bahannya breathable.
  • Hindari tempat umum yang rawan menularkan infeksi seperti kamar mandi umum atau ruang ganti. Jika tak ada pilihan lain, maka kenakan sepatu saat memasukinya.
  • Ganti kaos kaki dan pakaian dalam setiap hari.
  • Hindari mengenakan pakaian ketat ketika cuaca panas.
  • Jangan berbagi handuk, kaos kaki, celana dalam, seprei, selimut, dll, dengan orang lain.
  • Cuci tangan setelah menyentuh binatang.
  • Segera mandi usai olahraga.
  • Potong kuku kaki dan tangan secara teratur.
  • Segera periksa ke dokter bila infeksi jamurnya tak kunjung sembuh dalam waktu 14-20 hari.

About megsaroh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *