Thursday , October 22 2020

Apa Saja sih Khasiat Buah Naga untuk Kesehatan?

Buah Naga Manfaatnya Apa Saja?

 

Buah naga atau juga dikenal Dragon Fruit merupakan buah tropis kaya gizi. Buah naga ini bukanlah buah asli Indonesia, melainkan berasal dari wilayah Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Dalam buah naga terkandung protein, lemak, karbohidrat, serat, mineral dan berbagai vitamin. Mulai dari vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3 hingga vitamin C.

Menurut penelitian, buah naga mengandung zat antioksidan cukup tinggi. Yang mana antioksidan ini berperan sebagai pelindung tubuh dari radikal bebas dan mencegah kerusakan jaringan.

Lalu apa saja sih khasiat lain dari buah naga untuk kesehatan manusia? Berikut 7 manfaat yang diyakini:

1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Untuk menjalankan program diet kamu enggak harus menyiksa badan. Diet bisa dilakukan secara sehat dengan meningkatkan konsumsi makanan bergizi dan mengurangi asupan lemak jenuh.

Nah, buah naga ini juga menjadi rekomendasi menu pilihan untuk diet. Buah Naga mengandung serat cukup tinggi. Sehingga apabila dikonsumsi menghasilkan rasa kenyang lebih lama. Jadi kamu enggak ngemil berlebihan.

2. Menurunkan Kadar Kolesterol

Apakah kamu memiliki kadar kolesterol tinggi? Hati-hati loh, tingginya kadar kolesterol LDL dalam darah bisa menjadi pemicu penyakit kardiovaskular. Maka itu harus segera diatasi. Buah naga telah diteliti di Universitas Putra Malaysia terbukti dapat menurunkan kolesterol LDL sebab kandungan fenol, tiol, dan zat betasianin.

3. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Penyakit jantung tidak hanya dikarenakan bawaan lahir, tapi juga dipengaruhi pola hidup yang buruk. Mengkonsumsi buah naga dapat membantu meminimalisir risiko penyakit jantung. Ini disebabkan adanya kandungan antioksidan yang tinggi. Zat antioksidan dalam buah naga dapat mengurangi penumpukan plak pada dinding arteri. Apabila plak dikurangi maka sirkulasi darah menuju jantung juga lancar. Dengan demikian fungsi organ jantung pun lebih optimal.

4. Mencegah Diabetes

Jika dulu penyakit diabetes identik dengan orang berusia lanjut, saat ini justru banyak remaja yang sudah terjangkit diabetes. Penyakit ini disebabkan oleh pola hidup yang tidak sehat, seperti gemar mengonsumsi makanan manis dan jarang berolahraga.

Nah, buah naga terbukti dapat mencegah penyakit diabetes mellitus 2. Walaupun buah berwarna merah ini punya rasa manis, namun kandungan seratnya juga cukup tinggi. Sehingga tidak akan menyebabkan lonjakan gula darah meski sering dikonsumsi.

5. Meningkatkan Sistem Imun

Jika Kamu ingin punya tubuh yang sehat maka kamu harus memperbanyak konsumsi buah-buahan. Salah satunya buah naga.

Buah ini terbukti mengandung asam askorbat dalam kadar tinggi yang mana berguna untuk meningkatkan sistem imun. Sehingga tubuh pun lebih terlindungi dari infeksi mikroorganisme dan tidak mudah sakit.

6. Mencegah Kanker

Kanker adalah penyakit berbahaya dan menjadi salah satu penyebab kematian terbesar di dunia. Pemicu kanker sendiri ada berbagai macam, salah satunya kebiasaan mengonsumsi makanan kemasan.

Nah, penyakit kanker bisa dicegah dengan mengkonsumsi buah naga. Buah naga terbukti mengandung prebiotik dalam bentuk senyawa oligosakarida yang berperan dalam mencegah penyakit kanker kolon. Selain itu, buah ini juga menyimpan zat karoten (carotene) sebagai antikanker.

7. Menjaga Kesehatan Organ Cerna

Apabila kamu memiliki masalah pencernaan, seperti sembelit, radang usus atau sejenisnya, maka kamu bisa mencoba mengkonsumsi buah naga. Buah ini telah diteliti dapat merangsang pertumbuhan probiotik di usus sehingga kesehatan organ cerna pun lebih terjaga.  Selain itu juga, kadar serat tinggi dalam buah naga juga melancarkan pencernaan sehingga risiko penyakit sembelit bisa dikurangi.

Demikianlah beberapa khasiat buah naga untuk kesehatan tubuh. Oiya, buah naga ini juga bisa kamu manfaatkan untuk masker wajah sebagai anti penuaan dini sekaligus mencerahkan. Di samping itu buah naga juga bisa menjaga keindahan rambutmu loh.

Jadi tunggu apa lagi? Selalu sediakan buah naga di Kulkas ya.

About Bas