Thursday , October 22 2020

6 Alasan Orang Membeli Mobil Bekas Itu Cerdas

Tips Membeli Mobil Bekas

 

Di zaman modern ini, bisa dikatakan bahwa hampir setiap orang ingin memiliki kendaraan secara pribadi. Tak cukup sekedar layak untuk dipakai saja ketika hendak bepergian. Mobil pribadi tersebut, setidaknya juga harus memiliki desain yang keren, performa yang handal, dan fitur yang cukup memadai. Namun, bagaimana bila keinginan tadi terbentur dengan harga yang selangit? Haruskah kita buru-buru memilih jalur kredit?

Tunggu! Jangan tergesa-gesa. Mengambil secara kredit mungkin dapat memenuhi kebutuhan Anda akan kendaraan pribadi. Tetapi apabila budget yang Anda punya amat terbatas, Anda hanya akan menambah masalah yang harus Anda hadapi di masa mendatang.

Alih-alih mendapatkan keuntungan dari mobil pribadi yang dimiliki, Anda malah akan dibuat repot dengan tagihan kredit yang terlanjur melilit. Belum lagi bila kredit Anda mengandung bunga yang tinggi. Pastinya akan makin memberatkan ekonomi Anda di kemudian hari bukan?

Bagaimana Dengan Opsi Membeli Mobil Bekas?

Dibandingkan dengan kendaraan baru yang sulit untuk Anda jangkau tadi, mobil bekas masih bisa dijadikan alternative. Meskipun membeli kendaraan second tidak begitu menambah prestise Anda di mata tetangga ataupun kerabat, Toh Anda masih dapat membahagiakan keluarga dengan menyediakan fasilitas kendaraan pribadi.

Meskipun bagi sebagian orang membeli kendaraan bekas hanya mendatangkan kerugian, sebenarnya keputusan yang satu ini cukup cerdas. Ingin tau penyebabnya? Mari simak artikel 6 alasan membeli mobil bekas itu cerdas berikut ini!

 

1. Harga Kendaraan Bekas Banyak Yang Murah Dipasaran dan Harga Jual Tidak Terlalu Jatuh

Bila dibandingkan dengan kendaraan baru maupun antik, mobil second memiliki harga yang jauh lebih murah. Tentunya ini bisa menjadi sebuah solusi yang baik untuk kantong Anda. Sebab, Anda tidak perlu untuk merogoh kocek yang terlalu dalam untuk pembelian kendaraan pribadi.

Karena biasanya mobil bekas yang murah tidak akan mengalami banyak penurunan harga. Anda tidak akan terlalu dirugikan saat menjualnya nanti. Dengan teknik perawatan dan beberapa pemolesan, Anda bahkan bisa menjualnya kembali dengan harga yang menggiurkan.

 

2. Sudah Pernah Dengar Tentang Depresiasi Harga?

Depresiasi adalah istilah lain untuk penurunan harga suatu barang di pasar. Ini berlaku untuk barang pasaran yang diperjual belikan. Dalam setahun, sebuah mobil rata-rata mengalami penyusutan harga sebesar 15% – 25% pada periode 5 tahun pertamanya.

Oleh karenanya, adalah sebuah langkah yang cukup cerdas bila Anda membeli kendaraan bekas yang berumur diatas lima tahun. Selain lebih murah ketimbang mobil keluaran terbaru, presentasi penurunan harga jual juga sudah tidak begitu signifikan.

 

3. Tidak Butuh Waktu Inden!

Bila Anda ingin memiliki kendaraan pribadi dengan segera, mobil bekas adalah pilihan yang cerdas. Anda bisa memakainya dengan segera, tanpa perlu menunggu lebih lama. Di beberapa kasus, para pembeli harus menunggu antrian yang cukup panjang dan juga melelahkan.

Lantas, jika Anda ingin cepat-cepat memiliki kendaraan pribadi, salah satu solusi yang cukup cerdas adalah membeli mobil bekas.

 

4. Biaya Perawatan Bulanan Relative Lebih Terjangkau

Apa yang terbayang di benak Anda saat ingin memperpanjang usia kendaraan? Perawatan yang maksimal? Tentu. Selain itu? Premi asuransi kah? Atau apa? Premi asuransi amat mungkin Anda ambil demi memberikan perlindungan ekstra terhadap kendaraan kesayangan.

Berdasarkan pengamatan penulis, mobil baru memerlukan biaya perawatan yang lebih besar bila dibandingkan dengan yang bekas pakai. Dengan mempertimbangkan besaran asuransi yang akan diambil, hitungan perawatan mobil bekas per bulan akan terasa jauh lebih murah dan hemat.

Ini cukup wajar. Sebab, biasanya seseorang akan lebih maksimal dalam merawat kendaraan baru, ketimbang kendaraan bekas. Namun bila kedua kendaraan ini diberikan premi asuransi yang sama-sama mahal, biaya perawatan mobil bekas akan menjadi kemahalan.

 

5. Fungsi Dan Kualitas Tidak Begitu Berbeda

Apakah Anda cukup jeli dalam mengamati penjualan mobil? Sebab, jumlah kendaraan bekas yang masih dalam kondisi baik, ternyata cukup banyak di pasaran.

Berdasarkan pengamatan kami, cukup banyak dealer yang menjual mobil bekas dengan kualitas yang berkelas. Bahkan, beberapa kendaraan bekas ada yang nyaris terlihat seperti baru. Bayangkan saja, bodi mobilnya masih mulus, jarak tempuhnya baru sedikit, dan tahun produksinya juga tidak terlalu tua. Walaupun tidak banyak, Anda berpeluang untuk menemukan mobil bekas seperti tadi, dengan keberuntungan dan ketelitian ekstra.

Apabila yang Anda perlukan adalah kendaraan pengangkut barang, mobil bekas adalah pilihan yang cerdas. Karena hal yang terpenting dari pengangkut barang adalah segi performa mesin, Anda cukup memperhatikan ketangguhan mesin mobil angkut bekas yang sudah Anda incar sebelumnya.

Selama daya angkut barang kendaraan pengangkut sudah sanggup menampung kebutuhan, performa mesin masih dapat diandalkan, dan surat-surat lengkap, tidak ada salahnya bagi Anda untuk membeli kendaraan pengangkut bekas. Toh, selain kebutuhan akan mobil pengangkut barang terpenuhi, Anda juga bisa menghemat biaya pengeluaran bukan?

 

6. Bisnis Kendaraan Bekas

Mengapa banyak orang yang membuka usaha Showroom kendaraan bekas? jawabannya adalah karena mobil bekas dapat mendatangkan keuntungan besar dalam waktu singkat.

Banyak orang yang membutuhkan uang cepat dengan cara menjual kendaraan bekas, dan sebaliknya banyak juga orang yang membutuhkan mobil bekas dengan berbagai keperluan masing-masing namun tidak memiliki budget untuk membeli mobil baru.

Selisih harga jual beli kendaraan bekas inilah celah yang banyak dimanfaatkan orang untuk memulai bisnis jualan kendaraan bekas. Keuntungan dari hasil jualan mobil bekas per unit pun terbilang cukup besar hingga jutaan rupiah.

Jika Anda tidak memiliki budget yang besar untuk membuka Bisnis Showroom mobil bekas, Anda juga bisa memulai bisnis jual beli mobil bekas dari satu mobil anda sendiri.

Internet bisa memberikan Anda banyak informasi tentang harga jual kendaraan bekas di banyak tempat. Internet juga bisa memberikan Anda banyak informasi tentang mobil dengan harga murah dan menguntungkan.

Memiliki Mobil sambil berbisnis, mengapa tidak?

 

Itulah artikel singkat kami tentang 6 alasan orang cerdas membeli mobil bekas. Jangan lupa share artikel ini yaa agar teman anda juga dapat mengetahuinya. Terimakasih, sampai jumpa…

About Bas