Sunday , October 25 2020

Keuntungan Jika Anak Bermain Di Luar Rumah

Sifat orang tua yang satu dengan yang lain berbeda. Ada yang merasa biasa saja ketika melihat anak-anaknya bermain di luar rumah. Ada pula yang melarang anak-anaknya untuk bermain di luar rumah. Menjadi orang tua yang menyiksa anak jika Anda menyuruh anak agar tetap bermain di dalam rumah seorang diri. Anda tidak menemani atau ikut bermain dengan anak. Jika demikian, lebih baik biarkan anak bermain sepuasnya di luar rumah. Awasi saja dari balik jendela rumah atau duduk-duduklah di teras rumah selagi anak bermain jika memang khawatir. Sebab seorang anak yang diberikan keleluasaan untuk bermain di luar rumah, akan memiliki keuntungan berikut ini.

1. Anak Dapat Bermain Dengan Teman-temannya

Ketika anak bermain di luar rumah, maka anak akan dapat bermain dengan anak tetangga. Anak Anda akan dapat puas bermain dengan teman-temannya di luar rumah. Anak Anda akan benar-benar merasakan permainan yang menyenangkan. Sebab mereka dibebaskan untuk bermain apa saja selagi tidak berbahaya. Seperti bermain bola, tanah, dan lainnya.

2. Anak Dapat Belajar Dengan Teman-temannya

Ketika anak-anak bermain petak umpet, maka yang diharuskan menjaga tentu perlu menghitung. Dari situlah anak Anda akan belajar berhitung. Sedikit demi sedikit dari satu sampai dua puluh. Jika kebetulan anak Anda salah menyebutkan angka, maka temannya tentu akan mengingatkan. Tanpa disadari saling membantu dalam belajar akan terpupuk saat bermain di luar rumah.

3. Anak Dapat Mengerti Arti Toleransi Dengan Teman-temannya

Dalam sebuah permainan yang diciptakan oleh anak sendiri atau sudah ada sejak dulu, ada yang mengharuskan untuk mengikuti aturan tertentu. Seperti permainan ular naga, saat hendak melakukan perebutan anggota, tentu harus ada aturan bahwa dari paling ujung yang harus ditangkap. Anak-anak pun akan mengikuti aturan permainan yang berlaku. Telah dijelaskan pada publikasi jurnal Early Childhood Education, di tahun 2007, disebutkan anak yang dibebaskan untuk bermain akan terpupuk toleransi dengan sesama temannya. Anak akan belajar mematuhi aturan yang berlaku.

4. Anak Dapat Aktif Dengan Teman-temannya

Lihatlah di luar rumah, halaman rumah Anda luas. Biarkan anak-anak bermain di sana. Atau halaman tetangga luas, biarkan anak-anak bermain. Selama tidak mengganggu. Dengan bermain di luar, anak-anak akan dapat aktif. Berlari ke sana kemari, berjalan, melompat mengikuti jenis permainan yang ada. Tentu akan membuat anak selalu dalam keadaan sehat. Berbeda jika anak hanya berada di dalam rumah. Anak hanya duduk diam tanpa banyak melakukan aktivitas. Apalagi jika anak Anda memiliki tubuh yang gemuk. Jika Anda takut anak mengalami obesitas, maka biarkanlah anak Anda untuk bermain sepuas-puasnya di luar rumah.

5. Anak Dapat Belajar Bagaimana Cara Berteman Yang Baik

Ketika anak-anak sudah dibiasakan untuk bermain bersama teman-temannya, maka anak akan belajar mengenai cara berteman. Jika anak tidak diajarkan demikian, saat di sekolah, anak Anda akan kebingungan bagaimana cara berteman yang baik itu. Namun karena sejak kecil anak Anda sudah dibebaskan dan dibiarkan untuk bermain sepuasnya di luar rumah bersama teman-teman mereka, maka secara tidak langsung anak Anda belajar mengenai pertemanan. Belajar cara membangun komunikasi, cara bergaul dengan baik, cara menyampaikan pendapat permainan, dan lainnya.

Menjadi orang tua haruslah yang mengerti akan keinginan anak saat bermain. Anak-anak cenderung akan bermain dengan puas di luar rumah. Jika Anda sudah tahu keuntungannya, maka biarkanlah mereka bermain dan tetap Anda awasi tentunya.

About Bas