Thursday , October 29 2020

Kesalahan Paling Sering Dilakukan Pebisnis Online Pemula

Apa yang sudah Anda lakukan untuk menjalankan bisnis online yang Anda miliki? Mungkin bisnis online yang saat ini Anda jalankan masih belum bisa memberikan keuntungan sesuai dengan target, padahal semua strategi yang Anda pelajari mengenai marketing online sudah Anda terapkan.

Menjalankan bisnis memang tidak semulus bayangan orang awam di mana ada hambatan-hambatan yang akan menjadi pelajaran bagi para pebisnis untuk semakin canggih dalam mengatur strategi. Apalagi bagi Anda yang masih terbilang pemula dalam menjalankan bisnis tidak luput dari kesalahan-kesalahan dalam berbisnis. Untuk bahan introspeksi, berikut adalah kesalahan umum yang dilakukan oleh para pebisnis online pemula.

Tidak Membuat Rencana Yang Terorganisir

Anda yang memulai bisnis dari nol pasti direpotkan dengan persiapan bisnis yang banyak dan kadang membingungkan. Jika Anda tidak fokus, persiapan dalam bisnis akan Anda lakukan semuanya dalam waktu yang bersamaan, hal ini bisa menyebabkan Anda melupakan detil-detil kecil yang sebenarnya penting untuk menguatkan pondasi bisnis. Susunlah action plan yang terorganisir dengan baik dan tentukan prioritas mana yang harus dikerjakan terlebih dahulu.

Kurang Promosi

Ada milyaran situs yang terdapat di internet, karena itu situs Anda hanyalah satu semut diantara koloninya. Jika Anda beranggapan bahwa pengunjung akan mengunjungi situs Anda dengan sendirinya tanpa dipromosikan maka Anda salah besar. Mempromosikan situs bisnis Anda juga jangan dengan menyebarkan komen spam baik di situs orang lain atau melalui sosial media. Hal ini dikarenakan kini masyarakat online sudah jengah dengan komen spam dan akan semakin tidak tertarik untuk mengunjungi situs Anda. Gunakan strategi yang baik dan santun agar orang tertarik untuk meningkatkan traffic di situs Anda.

Banyak Pengeluaran

Desain situs yang menarik memang merupakan salah satu kunci dalam menjaring pengunjung untuk berlama-lama membuka-buka situs Anda. Dengan banyaknya jumlah situs bisnis serupa tentu membuat Anda tidak mau kalah dengan usaha orang lain termasuk dengan menyewa jasa web designer yang mahal untuk permak situs menjadi tampak profesional. Pengeluaran yang termasuk besar ini belum tentu bisa mendatangkan profit yang lebih besar, karena itu untuk main amannya Anda bisa menggunakan blog gratis terlebih dahulu untuk menarik konsumen.

Situs Terlalu Berat

Mobilitas masyarakat Indonesia semakin tinggi termasuk dalam dunia online. Orang akan malas mengunjungi situs Anda jika untuk loading saja membutuhkan waktu yang lama. Koneksi internet yang kencang dan stabil bukan jaminan kalau konten situsnya sendiri memang sangat berat. Buatlah situs dengan template yang sederhana namun berfitur lengkap terutama informasi mengenai bisnis dan cara mengkontak Anda. Gambar yang terlalu besar dan banyak juga merupakan salah satu faktor yang membuat situs Anda berat.

Tidak Sabaran

Kunci dari setiap bisnis termasuk bisnis online adalah kesabaran dan ketekunan. Selain itu kreativitas dan inovasi juga dibutuhkan agar bisnis tetap up-to-date dan mengikuti selera pasar. Banyak pebisnis online yang menyerah terlalu cepat karena merasa bisnisnya gagal padahal baru dirintis belum lama. Anda harus paham bahwa keuntungan tidak datang dengan cara instan bahkan terkadang harus merasakan rugi dulu baru untung. Anda harus pandai dalam melihat peluang dan terus mempromosikan situs dengan prosedur SEO dan menjaga kepercayaan konsumen.

Demikian adalah beberapa kesalahan umum yang paling sering dilakukan oleh para pebisnis online pemula. Bisnis yang bisa menguntungkan adalah bisnis yang dipupuk dengan baik dan pas, tidak kurang dan tidak berlebihan. Anda bisa meraih keuntungan dengan besar yang bertahap dengan begitu langkah Anda sebagai pebisnis online akan semakin mantap.