Cara Membuat Kerajinan Tangan dari Botol Bekas

Contoh barang yang dapat di daur ulang di antaranya adalah kertas, plastik, botol bekas dan lain sebagainya. Nah, kali ini kita akan membahas lebih lanjut mengenai bagaimana cara memanfaatkan botol bekas menjadi barang bernilai guna serta manfaatnya.

Apa Saja Manfaat Mendaur Ulang?

Ilustrasi daur ulang

Ada banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan ketika kita mendaur ulang botol bekas tersebut, di antaranya adalah :

1. Meningkatkan Kreativitas

Manfaat yang pertama pastilah meningkatkan kreativitas. Dengan mengubah berbagai botol bekas menjadi barang berguna kembali kita pastinya dituntut untuk berpikir lebih kritis dan kreatif sehingga lambat laun ini akan meningkatkan kreativitas kita.

2. Baik Bagi Lingkungan

Sampah plastik termasuk salah satunya yakni botol bekas merupakan salah satu komponen yang sulit terurai secara alami. Dengan memanfaatkan kembali botol bekas tersebut maka kita akan mengurangi tumpukan sampah tersebut sehingga berakibat lebih baik untuk lingkungan.

3. Bernilai Jual

Manfaat selanjutnya adalah kita bisa mendapatkan tambahan penghasilan dari beraneka ragam botol bekas yang kita buat menjadi sebuah kerajinan.

Itulah berbagai manfaat yang bisa kamu dapatkan ketika mengubah botol bekas menjadi salah satu barang kerajinan unik yang berdaya guna kembali.

Cara Membuat Kerajinan Tangan dari Botol Bekas

Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk memanfaatkan botol bekas tersebut menjadi kerajinan tangan lho, di antaranya adalah sebagai berikut :

1. Pilih dan Sortir Botol Bekas

Cara yang pertama ini adalah cara yang paling dasar yang pastinya tak boleh kamu lewatkan begitu saja. Kamu harus memilih botol bekas yang akan dibuat kerajinan tangan terlebih dahulu.

Pilihlah botol bekas yang masih utuh, bersih, tidak penyok atau rusak. Botol bekas yang sudah rusak akan membuat hasil kerajinan tangan milikmu menjadi kurang maksimal pula.

Kamu bisa memanfaatkan botol bekas habis pakai yang ada di rumahmu lho dan sortir berdasarkan kategori serta kondisinya.

2. Persiapkan Alat dan Tempat

Ilustrasi alat dan bahan

Langkah kedua dalam Cara Membuat Kerajinan Tangan dari Botol Bekas selanjutnya adalah menyiapkan alat dan tempat. Keberadaan alat akan sangat berguna untuk menunjang proses pembuatan kerajinan dari botol bekas tersebut.

Alat-alat yang mungkin kamu perlukan antara lain adalah : gunting, pisau/cutter, solasi bolak-balik, solasi besar, cat warna, kuas, lem, paku, papan dan lain sebagainya. Kebutuhan alat tersebut sangat bervariatif tergantung kerajinan apa yang ingin kamu buat.

Selain alat, kamu juga harus mempersiapkan tempat pembuatan kerajinan tersebut. Pilihlah tempat yang sekiranya bisa membuatmu merasa nyaman.

3. Mulai

Langkah ketiga dalam Cara Membuat Kerajinan Tangan dari Botol Bekas adalah memulainya. Ada beberapa kerajinan yang bisa kamu buat, di antaranya adalah :

A. Celengan

Ilustrasi celengan dari botol bekas

Kerajinan yang bisa kamu buat dari botol bekas yang pertama adalah celengan. Bisa dibilang ini adalah jenis kerajinan yang paling mudah dibuat serta tak terlalu membutuhkan banyak alat lho. Kamu cukup menyiapkan botol bekas ukuran sedang, pisau, cat semprot, isolatip, mata boneka untuk memperindah hasil akhirnya dan yang terakhir adalah lem.

Cara Membuat Kerajinan Tangan dari Botol Bekas : Celengan

– Potong botol bekas tersebut menjadi 2, hilangkan bagian tengah sehingga botol menjadi lebih pendek.

– Gabungkan kembali dengan menggunakan isolatip.

– Lubangi bagian samping botol tersebut untuk memasukkan uang.

– Berikan warna dengan menggunakan cat semprot.

– Hias sesuai dengan keinginan.

B. Lampu Hias Unik Bentuk Nanas

Ilustrasi lampu hias nanas dari botol bekas

Kerajinan tangan dari botol bekas nomor dua yang bisa kamu coba adalah membuat lampu hias unik. Ada beberapa bahan yang perlu dipersiapkan, antara lain : botol bekas, sendok plastik, lampu lengkap dengan tiang penyangga duduk serta steker listriknya, pisau, obeng, cat semprot, dan juga lem.

Cara Membuat Kerajinan Tangan dari Botol Bekas : Lampu Hias Unik

– Potong botol plastik dan bentuk menyerupai daun nanas bagian atas.

– Potong sendok plastiknya. Gunakan bagian atasnya saja (yang untuk makan) singkirkan bagian gagang.

– Cat bagian sendok plastik atas tersebut. Kamu bisa menggunakan warna sesuai keinginan. Namun, karena kita akan membuat lampu hias dengan bentuk nanas. Kamu bisa menggunakan cat warna orange ataupun kuning.

– Siapkan lampu beserta tiangnya. Pasang sendok plastik tersebut secara urut membentuk buah nanas menggunakan lem mengerubungi lampu tersebut. Tempelkanlah botol plastik yang sudah dibentuk seperti daun nanas tadi di atas. Selesai …

C. Terarium dari Botol Bekas

Ilustrasi terarium dari botol bekas

Terarium ini bisa menjadi salah satu hiasan yang cukup unik lho. Cara membuatnya cukup mudah. Kamu cukup menyiapkan beberapa media tanam seperti tanaman, batu, pohon, tanah, pupuk serta botol. Kamu bisa menggunakan botol plastik yang memiliki diameter yang lumayan besar agar nantinya bisa memuat memuat lebih banyak isi.

Cara Membuat Kerajinan Tangan dari Botol Bekas : Terarium dari Botol Bekas

– Belah botol tersebut menjadi 2 bagian. Ini akan memudahkan kamu untuk menaruh isi botol tersebut.

– Masukkan media tanam ke bagian bawah botol. Dimulai dari batu kerikil kecil, tanah, pupuk lalu tutup dengan tanah lagi.

– Masukkan tanamannya. Pastikan tanaman yang akan dimasukkan memiliki ukuran yang tak terlalu besar. Bisa berupa tanaman kaktus mini atau pakis.

– Masukkan hiasan ke dalam botol. Bisa berupa hewan-hewan, mainan kecil dan lain sebagainya. Jika tanaman tersebut merupakan jenis tanaman rambat maka, kamu bisa menancapkan tiang kecil sebagai media rambatnya.

– Satukan kembali bagian botol yang awalnya dipotong tersebut dengan solatip kemudian hiaslah dengan pita agar bekas potongan tersebut tak terlihat sehingga lebih indah. Jangan lupa untuk membuat lubang udara ya.

D. Wadah Pensil

Ilustrasi wadah pensil  dari botol bekas

Kerajinan tangan selanjutnya dari botol bekas yang bisa kamu buat dengan mudah adalah kotak pensil. Cukup sediakan kertas hias atau bisa menggunakan cat, botol plastik bekas yang memiliki permukaan body yang rata, gunting/cutter dan lem atau isolasi bolak-balik.

Cara Membuat Kerajinan Tangan dari Botol Bekas : Wadah Pensil

– Potong botol bekas tersebut. Gunakan bagian body-nya saja dan buang bagian atasnya.

– Hias dengan cat atau dengan menggunakan kertas hias (bisa ditempelkan dengan menggunakan lem). Selesai,

Kesimpulan

Itulah berbagai pembahasan mengenai Cara Membuat Kerajinan Tangan dari Botol Bekas. Sebaiknya setelah ini, kamu tak langsung membuang botol bekas habis pakai yang ada di rumahmu ya karena kamu bisa memanfaatkannya menjadi barang yang lebih berguna.

Semoga bermanfaat.

Penulis: Ika_sr

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *