Thursday , November 26 2020

Kelebihan dan Kekurangan Sepatu Kulit Asli Dibanding Sintetis

Dari antara sekian banyak pilihan, sepatu kulit asli mungkin masih menduduki pilihan pertama di hati kebanyakan orang. Walau demikian bukan berarti kalau sepatu kulit asli tidak memiliki kekurangan dibanding lainnya.

Nah, pada ulasan kali ini kita akan menilik bersama-sama apa saja kelebihan dan kekurangan sepatu kulit asli dibanding sintetis.

Kelebihan Sepatu Kulit Asli Dibanding Sintetis

1. Tahan Lama

Pertama-tama, mari pelajari kelebihannya lebih dulu. Salah satu alasan kuat mengapa konsumen masih mengidolakan bahan kulit asli adalah karena sifat bahannya yang tahan lama, fleksibel, serta nyaman dipakai.

2. Awet

Memang sih sepatu kulit asli butuh waktu lebih lama untuk ‘pecah’, tapi hal inilah yang ternyata membuatnya lebih awet dibanding bahan sintetis. Itu artinya, Anda juga tak perlu sering-sering membeli sepatu. Jadi lebih hemat kan?!

Maka dari itu tak heran kalau produk sepatu kulit asli berhasil memikat semua kalangan pekerja, mulai dari pengusaha kantoran hingga orang lapangan yang harus bergelut dengan medan berat setiap harinya.

Lebih dari itu, alas kaki berbahan kulit asli juga lebih mudah dirawat dan bersihkan, apalagi kalau itu juga dilengkapi dengan lapisan anti-air.

3. Ramah Lingkungan

Kelebihan sepatu kulit asli lainnya adalah ramah lingkungan dan juga hypo-allergenic (tidak menyebabkan alergi). Dalam proses pembuatannya boleh dikata hampir tidak melibatkan bahan kimia berbahaya sehingga polusi dan limbah berkurang.

Kekurangan Sepatu Kulit Asli Dibanding Sintetis

Harga Mahal

Tentu saja masalah harga adalah yang pertama. Sudah bukan rahasia lagi jika sepatu kulit asli kerap dibandrol dengan harga mahal. Hal inilah yang mungkin jadi faktor utama mengapa sepatu kulit asli tidak dapat dijangkau oleh semua kalangan.

Tapi, mengapa sih kok harganya mahal?!  Karena proses pembuatan kulit membutuhkan waktu lebih lama, dan bahannya biasanya juga lebih terbatas dibanding yang sintetis.

Saking mahalnya, sampai-sampai muncul sepatu kulit sintetis. Biasanya jika sebuah produk tampak terbuat dari kulit, namun harganya murah, besar kemungkinan itu bukanlah kulit asli. Jadi jangan sampai tertipu karena kulit buatan tidak sama dengan kulit asli atau bahan sintetis lainnya.

Walau demikian peminat sepatu kulit sintetis juga banyak lho, karena bahan ini juga mempunyai beberapa keunggulan. Ya jika dibandingkan yang sintetis, kira-kira inilah kekurangan sepatu kulit asli:

  • Mengorbankan hewan (tidak dapat diterima oleh kaum vegan).
  • Warnanya terbatas.
  • Sentuhan akhirnya tidak dapat dibikin glossy.
  • Lebih sulit dibersihkan – bila yang sintetis, dengan lap basah saja sudah cukup.
  • Perawatan lebih ribet.
  • Lebih mudah retak.
  • Tidak tahan terhadap paparan sinar UV.
  • Baunya khas, terkadang tak bisa diterima oleh semua orang.

Kekurangan sepatu kulit asli dibanding bahan sintetis berikutnya adalah butuh waktu untuk ‘pecah’. Ketika bahan kulit sepatu asli belum ‘pecah’, maka penggunanya pasti merasa tak nyaman. Hal ini berbeda dengan bahan sepatu sintetis yang lebih gampang beradaptasi dengan kaki. Jadi bila  Anda jarang memakai sepatu tersebut, katakanlah bot misalnya, lebih baik beli yang sintetis saja ketimbang kulit asli.

Berat

Sayangnya lagi, sepatu kulit asli juga dijumpai lebih berat ketimbang sintetis. Hal ini memang masuk akal. Coba saja bandingkan antara ‘mengenakan’ kulit lembu dengan serat alami seperti nilon, asetat, poliester, akrilik, spandeks, orlon, hingga lateks. Pastinya memang lebih berat sepatu yang terbuat dari kulit asli bukan?!

Selain itu, bahan kulit asli juga tidak se-breathable yang sintetis (selain PVC maksudnya). Karena itu, sepatu kulit asli mungkin kurang cocok bila dipakai bekerja seharian penuh, apalagi oleh mereka yang kakinya mudah berkeringat.

Pilih Sepatu Kulit Asli atau Sintetis?

Nah, kita sudah melihat bersama apa saja kelebihan dan kekurangan sepatu kulit asli dibanding sintetis. Pilihan soal mana bahan terbaik sekarang kembali pada Anda. Dalam hal ini tidak ada unsur benar-salah karena itu tergantung dari kebutuhan, profesi, kenyamanan, serta budget setiap orang.

One comment

  1. Jika kamu ingin mendapatkan sepatu kulit original dengan kualitas terbaik, kamu bisa kunjungi website koelitgarut.com. Disana kami menyediakan berbagai kerajinan kulit original dengan kualitas terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *