Tuesday , October 27 2020

Kelebihan dan Kekurangan Mobil Matic vs Manual

Banyak sekali alasan mendasar mengapa banyak orang memilih untuk membeli mobil jenis matic daripada mobil jenis manual. Mungkin Anda sendiri juga memiliki alasan tersendiri untuk membeli sebuah mobil matic.

Sebagian besar para pemilik mobil matic mengatakan bahwa alasan mereka untuk membeli mobil matic adalah karena kemudahan dan kenyamanan dalam berkendara. Selain itu dengan mengendarai sebuah mobil matic akan menambah prestise tersendiri kepada pemiliknya.

Namun terkadang seseorang yang membeli mobil matic tidak mempertimbangkan berbagai kelebihan dan juga kekurangan dari jenis mobil matic yang mereka beli. Atas dasar hal tersebut seringkali para pemilik mobil matic mengeluh tentang biaya perawatan yang mahal. Namun sebenarnya hal itu dikarenakan kurangnya pengetahuan seputar bagaimana cara merawat sebuah mobil matic.

Nah, sebelum Anda membeli sebuah mobil matic ada baiknya untuk Anda perhatikan beberapa kelebihan dan kekurangan dari mobil bertransmisi otomatis atau mobil matic berikut ini. Let’s Check it Out !!!

Kelebihan Mobil Matic

Mobil bertransmisi otomatis atau mobil matic memang sangat cocok jika dikendarai oleh perempuan. Mengapa demikian? Sederhana saja, seorang perempuan sejatinya identik dengan berbagai kemudahan dan tentunya kenyamanan. Begitu juga dengan mobil matic, bahwasanya sebuah mobil matic menawarkan berbagai kemudahan dan kenyamanan dalam berkendara. Berikut ini adalah beberapa poin dalam kelebihan sebuah mobil matic.

Mudah dalam Pengoperasiannya

Pada dasarnya sebuah mobil matic adalah sebuah mobil yang mudah untuk dipelajari dan dikendarai. Maka dari itu kebanyakan orang yang tidak bisa menyetir sebuah mobil akan dengan cepat menguasai dalam mengendarai sebuah mobil matic, walaupun belum secakap orang yang sudah ahli dalam mengendarai mobil.

Tidak Repot

Hal inilah yang sering dikatakan oleh beberapa perempuan yang memiliki mobil matic dan menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari. Hal tersebut adalah tidak repot dalam mengendarai sebuah mobil matic.

Anda hanya perlu menginjak pedal gas dan wuzzz mobil Anda langsung jalan, tanpa perlu terlalu repot dengan berbagai gerakan tuas perseneling pada sebuah mobil manual.

Tidak Capek

Dengan mengendarai sebuah mobil matic, Anda tidak perlu untuk capek-capek dalam mengendarai sebuah mobil. Tentunya hal ini juga akan membuat kaki Anda tidak mudah capek. Berbeda jika Anda mengendarai mobil manual, dimana Anda harus mengkombinasikan kaki Anda pada ketiga pedal yang ada di mobil manual.

Nyaman digunakan saat ramai atau jalanan macet

Hal inilah yang sering menjadi dasar bagi sebagian besar pemilik mobil matic. Yak, yaitu kenyamanan, sebuah kenyamanan yang didapatkan dari sebuah mobil matic ketika sedang berkendara di jalan. Hal ini tidak akan Anda dapatkan ketika Anda mengendarai sebuah mobil manual.

Kekurangan Mobil Matic

Perlu Anda tahu bahwa, dibalik semua kenyamanan dan kemudahan yang Anda dapatkan dari sebuah mobil matic yang Anda miliki ternyata menyimpan berbagai kekurangan dibalik semua itu. Berikut ini adalah beberapa kekurangan pada sebuah mobil matic yang patut untuk Anda ketahui.

Biaya Perawatan Relatif Lebih Mahal

Banyak orang yang mengatakan bahwa perawatan sebuah mobil matic lebih mahal atau bahkan sangat mahal jika dibandingkan dengan mobil manual. Apakah benar demikian? Yak memang benar begitu adanya, namun tergantung bagaimana kondisi dan situasi yang terjadi.

Jika Anda terlambat dalam melakukan sebuah perawatan rutin pada mobil matic Anda, tentunya akan mengakibatkan kerusakan sebuah sistem transmisi pada mobil matic Anda. Tentu hal tersebut akan memakan biaya yang sangat mahal jika dibandingkan dengan perawatan pada mobil manual.

Boros BBM

Karena putaran mesin pada mobil matic tidak bisa diatur maka membuat konsumsi bahan bakar pada sebuah mobil matic akan lebih boros jika dibandingkan dengan mobil manual.

Hal ini bisa Anda siasati dengan berbagai cara menggunakan mobil matic yang baik dan benar, seperti mengatur pola persneling, gas, dan pedal rem yang ada pada mobil matic kesayangan Anda.

Harga Baru Mahal sedangkan Harga Bekas Sangat Murah

Berbagai fakta telah membuktikan bahwa di lapangan harga sebuah mobil matic baru jauh lebih mahal dibandingkan harga baru sebuah mobil manual. Namun sangat disayangkan bahwa harga jual bekas kedua jenis mobil tersebut sangat berbeda jauh.

Menurut beberapa sumber dan juga fakta, harga bekas sebuah mobil matic turun sangat jauh jika dibandingkan dengan harga barunya. Hal ini sangat berbeda pada mobil manual, dimana harga bekasnya masih dalam rate yang aman dan wajar.

Tidak Memiliki Engine Brake dan Akselerasi

Engine brake adalah satu sistem pengereman pada mobil yang menggunakan mesin sebagai bantuannya. Tapi dalam kebanyakan mobil matic yang ada di pasaran belum memiliki teknologi jenis ini. Maka dari itu, ketika sebuah mobil matic berada di jalanan yang menurun akan beresiko dengan rem yang cepat aus.

Akselerasi yang dimiliki oleh sebuah mobil matic juga kalah jauh jika dibandingkan dengan mobil manual. Hal ini memang sebuah karakteristik mobil matic sendiri bahwa mobil matic diciptakan pada dasarnya untuk sebuah kenyamanan dan menciptakan suasana santai dalam berkendara. Akselerasi pada sebuah mobil matic juga dipengaruhi karena tidak adanya peran kopling untuk membantu mobil dalam ber akselerasi.

 

Kesimpulan

Jika Anda adalah seorang yang tidak ingin kerepotan dalam berkendara dan juga seorang yang mengutamakan sebuah kenyamanan, maka Anda cocok untuk membeli mobil bertransmisi otomatis ini.

Jika Anda adalah seorang yang tidak begitu mempermasalahkan soal harga sebuah mobil matic dan juga biaya yang harus dikeluarkan untuk perawatannya, maka Anda adalah orang yang cocok untuk membeli mobil jenis ini.

Jadi apakah Anda semakin tertarik untuk membeli mobil matic impian Anda?

About Bas