Kelebihan dan Kekurangan Kaos Kaki Wudhu

Kelebihan dan Kekurangan Kaos Kaki Wudhu

Kaos kaki wudhu adalah kaos kaki yang memiliki desain khusus bagi muslimah saat bepergian jauh. Misalnya, saat melakukan haji, umroh, travelling, ke kantor, dan lain sebagainya. Terkadang para muslimah kesulitan saat akan wudhu harus melepas kaos kaki biasa, sehingga membuat mereka merasa ribet untuk menyimpan kaos kaki tersebut.

Berikut akan kami ulas mengenai kelebihan dan kekurangan kaos kaki wudhu sebagai perlengkapan fashion muslimah yang praktis.

Kelebihan Kaos Kaki Wudhu

Kaos kaki wudhu warna hitam.
Kaos kaki wudhu warna hitam (tokopedia.com)

Kelebihan kaos kaki wudhu adalah saat Anda akan melakukan wudhu, kita tidak perlu melepaskan kaos kakinya. Anda hanya menggulung bagian ujung kaos kaki sampai ke atas betis. Sehingga, saat wudhu anda tidak perlu melepasnya dan menyimpan di sembarang tempat.

Kelebihan kaos kaki wudhu lainnya, memudahkan para hijabers tidak perlu memakai kaos kaki kembali yang membuat ribet. Rata-rata kaos kaki tersebut memiliki bahan yang cukup tebal, namun nyaman jika dipakai.

Biasanya, bahan dasar yang digunakan untuk kaos kaki wudhu adalah bahan nilon grade A dan spandek. Sehingga dapat melindungi kulit kaki anda dari terik matahari. Namun, saat ini kaos kaki khusus untuk wudhu sangat bervariasi, salah satunya lubang pembukanya ada di bagian telapak kaki.

Kekurangan Kaos Kaki Wudhu

Mesti mempunyai banyak kelebihan, nyatanya kaos kaki wudhu juga mempunyai beberapa hal yang menjadi kekurangannya. Berikut ini beberapa kekurangan pada kaos kaki wudhu yang perlu anda ketahui sebelum membelinya.

  • Kekurangan kaos kaki wudhu terletak pada ujungnya yang memiliki lubang jika digulung. Bagi sebagian muslimah, memakai kaos kaki tersebut merasa kurang nyaman.
  • Jika kaos kaki anda pakai dalam keadaan basah, akan menimbulkan sarang jamur.
  • Jika menggulung atau menarik kaos kaki ke atas dengan sembarangan, maka bagian belakang mudah melar.

Akan tetapi ada beberapa cara mengatasi kekurangan kaos kaki tersebut. Saat kaki anda basah karena air wudhu, maka mengeringkan kaki terlebih dahulu untuk menghindari tumbuhnya jamur dan bakteri. Saat membeli kaos kaki tersebut, anda dapat memilih kualitas jahitan pada karet/rubberband yang tidak mudah rusak.

Bagaimana Cara Memakai Kaos Kaki Wudhu Yang Benar?

Cara memakai kaos kaki wudhu yaitu pilih lah kaos kaki dari bahan yang lembut, mudah menyerap keringat dan nyaman di kulit. Kemudian pakai kaos kaki seperti pada umumnya. Kemudian anda dapat menggulung kaos kaki dari ujungnya sampai di atas mata kaki.

Anda dapat memakainya saat bepergian jauh untuk memudahkan sewaktu-waktu melaksanakan wudhu. Salah satu model kaos kaki wudhu yang diminati muslimah adalah model kaos kaki wudhu jempol.

Mengenal Bahan Kaos Kaki Wudhu Yang Nyaman Digunakan

Bahan kaos kaki wudhu yang digunakan untuk membuatnya adalah nylon dan spandek. Proses pembuatannya pun bermacam-macam, mulai dari menjahit dengan mesin manual sampai menggunakan mesin jahit komputer. Bagian ujung kaos kaki yang dapat dilipat ke atas, namun dapat anda pasang kembali. Biasanya, ukuran kaos kaki tersebut juga sangat bervariasi.

Rata-rata ukuran yang digunakan 21-24 cm yang menutup seluruh kaki anda dengan sempurna. Warna yang diproduksi pada kaos kaki tersebut adalah hitam, putih, cokelat, dan nude. Supaya kaos kaki dapat dipakai untuk semua warna pakaian anda.

Untuk anda yang sedang mencari kaos kaki yang praktis, maka dapat mengenakan kaos kaki wudhu dengan benar. Maka anda dapat menggunakan kaos kaki tersebut sesuai ulasan kami di atas. Anda dapat memilih kaos kaki wudhu yang memiliki bahan mudah menyerap keringat. Bahan seperti katun, nylon, dan spandek memiliki kenyamanan di kulit yang menjaga kelembapan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *