Kelebihan dan Kekurangan Jenis-Jenis Kain Ceruti

Pada dasarnya, kain ceruti adalah turunan kain sifon. Karena itu, kain ini cenderung tipis dan walau permukaannya bertekstur mirip kulit jeruk, namun tetap terasa halus ketika diraba. Dibanding sifon, tekstur kain ceruti lebih lembut dan elastis. Ketika dipakaipun kainnya langsung jatuh atau flowy, namun itu tidak menjadikannya mudah melayang sewaktu tertiup angin.

Jenis kain ceruti ada beberapa. Nah pada ulasan kali ini, kita akan belajar detail bersama apa saja kelebihan serta kekurangan macam macam kain ceruty yang umumnya dijual di pasaran.

1. Kain ceruti georgette

Kain yang biasanya dipakai sebagai bahan jilbab dan khimar tersebut memiliki beberapa keunggulan seperti:

  • Tekstur halus (mirip seperti kain ceruti premium) sehingga sangat nyaman dipakai untuk kegiatan sehari-hari.
  • Struktur kainnya juga lentur dan agak melar.
  • Sifat bahannya flowy atau jatuh, namun tak terlalu mengikuti lekuk tubuh.
  • Terakhir, kain seruti georgette juga nyaman dipakai.

Sayangnya, kain ini ada versi KW-nya. Namun cara membedakan kain ceruti georgette ori dan palsu tidak sulit. Anda tinggal kembali ke ciri-ciri kain ceruty georgette ori di atas tadi. Jika tak sesuai dengan yang disebutkan, maka besar kemungkinan kain ceruti georgette-nya palsu. Alternatif lain adalah membeli kainnya di toko terpercaya. Harga kain ceruti georgette bermacam-macam tergantung dari si penjual, namun rata-rata sekitar Rp12 ribuan per ½ meter.

2. Kain ceruti premium

kain ceruti warna merah muda dan biru 8787n87as gahagshy

http://www.audinaindonesia.com

Bahan Kain ceruty premium ini memang berserat, tapi tetap halus dan lembut ketika dipegang. Walau agak nerawang, namun tekstur kainnya kuat dan tidak mudah pecah saat dijahit. Anda yang ingin menjahit sendiri jilbab atau gamis, bisa membelinya dengan harga Rp11 ribuan untuk ½ meternya.

3. Kain ceruti babydoll

Ceruty babydoll seperti apa?

Jenis kain ceruti babydoll berikut memiliki keunggulan:

  • Tidak mudah kusut.
  • Stretching atau lentur.
  • Nyaman sewaktu dikenakan.
  • Tekstur Lembut, transparan, serta tidak mengkilap.

Namun sayangnya, kain ceruti babydoll tidak dapat menyerap keringat dengan baik. Produsen biasanya menggunakan bahan ini untuk membuat jilbab, gamis, khimar, dan sebagainya. Harga per ½ meternya rata-rata Rp14 ribuan.

4. Kain ceruti diamond

gulungan kain ceruti o8m7ya987eyde9q8ed i76876t8n7

https://www.bukalapak.com

Orang sering menyebut kain ceruti diamond sebagai diamond italiano. Jenis kain ceruti satu ini memiliki sifat sangat ringan, tidak licin, gampang dibentuk, stretching atau agak melar, sejuk, dan permukaannya yang tidak rata (bertekstur).  Soal harga memang tergantung si penjual, tapi rata-rata adalah Rp15 ribuan.

5. Kain ceruti ultimate

Tak jauh beda dengan jenis kain ceruti lainnya, kain ceruti ultimate ini biasanya dipakai untuk khimar maupun pashmina (masing-masing double layer), rok, serta gamis. Teksturnya memang tidak licin, tapi tetap nyaman dikenakan. Harganya sangat terjangkau pula, hanya sekitar Rp 10 ribuan per ½ meternya.

6. Kain ceruti amunzen

Jenis kain ceruti yang terakhir kita bahas tentang kelebihan dan kekurangannya adalah kain ceruti amunzen. Kain yang umumnya digunakan sebagai bahan cadar ini memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  • Sejuk (meski lingkungan sekitar panas) serta mudah menyerap keringat.
  • Flowy atau jatuh.
  • Agak nerawang (jadi harus dibuat berlapis 2 bila untuk cadar).

Jadi itulah tadi beberapa contoh jenis kain ceruti yang cukup tenar di pasaran. Jika ingin membuat sendiri gamis, jilbab, atau khimar di rumah, jangan lupa baca dulu setiap ciri jenis kain cerutinya, baru tentukan mana yang paling bagus dan sesuai dengan selera dan kebutuhan Anda.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *