Wednesday , October 21 2020

Keindahan Laut Raja Ampat Papua, Surga Di Ujung Timur

Raja Ampat hadir bak Surga di Papua. Keindahan laut yang jernih, hamparan pulau kecil seperti kumpulan Zamrud hijau, dan kekayaan flora fauna yang memukau.  Membuat Raja Ampat berhak menyandang “Surga di Ujung Timur”.

Raja Ampat dikenal dengan laut yang masih jernih, hamparan pasir putih bersih, pepohonan rimbun dan sejuk. Semua keindahan ini memukau dunia traveling karena selama ini tidak menjadi destinasi popular. Raja Ampat memiliki sejarah sendiri

Sejarah

Ceritanya dulu ada seorang wanita yang menemukan tujuh telur. Empat butir di antaranya menetas menjadi empat orang pangeran. Mereka berpisah dan masing-masing menjadi raja yang berkuasa di Waigeo, Salawati, Misool Timur dan Misool Barat. Sementara tiga telur lainnya menjadi hantu, seorang wanita dan sebuah batu.  Sejak itulah daerah ini disebut Raja Ampat.

Diving

Diving adalah salah satu kegiatan wisatawan yang paling populer. Bagaimana tidak, keindahan flora fauna dalam laut membuat siapa pun tidak akan menolak untuk menyelam ke dalamnya. Apalagi kelengkapan dan beragam flora dan fauna di sana termasuk yang paling lengkap di seluruh dunia. Perairan yang tenang, jernih dan biru berkilau termasuk 10 besar perairan terbaik untuk melakukan diving.

Kekayaan Laut

Tercatat Pulau Raja Ampat memiliki keberlimpahan kekayaan alam laut. Ia memiliki 540 jenis karang dan 1.511 spesies ikan, 5 species Penyu langka. 57 species Udang Mantis, 13 spesies mamalia laut, dan 27 spesies ikan. Semua spesies ini sebagian besar hanya ada di perairan Raja Ampat. Jumlah karang di sana adalah 75% dari seluruh spesies yang ada di dunia.

Hantu Laut

Di sini juga kita dapat menikmati sajian alam bernama “Hantu Laut” yang dapat dinikmati di bagian Timur Waigeo, desa Urbinasopen dan Yesner.Di daerah ini terjadi sebuah fenomena alam yang tidak boleh dilewati saat berkunjung ke sana dan hanya terjadi setiap akhir tahun. Ada sebuah sinar yang berasal dari laut dan mengitari permukaan laut selama 8-10 menit. Fenomena ini sangat indah dan magic dan melebihi keindahan sunset yang dapat dinikmati setiap hari.

Pulau-Pulau

Pulau-pulau di Raja Ampat yang selalu ramai dikunjungi wisatawan adalah Pulau Ayau. Pulau yang dikelilingi oleh pulau-pulau kecil di Kepulauan Karang. Keindahan di pulau ini luar biasa dengan dasar laut yang berpasir putih.

Sedangkan Pulau Misool menjadi tempat favorit para selancar. Deburan ombak  yang sangat menantang sekaligus bersahabat dengan para selancar dari seluruh dunia. Pulau lain seperti Pulau Wayag yang menjadi primadona pulau bagi para wisatawan. Pulau ini dipenuhi pepohonan yang rimbun sehingga laut terlihat berwarna kehijauan.

Keindahan yang sama juga dapat dinikmati di Pulau Waiwo. Kebanyakan wisatawan yang memilih pulau ini untuk beristirahat memilih untuk berenang, diving atau snorkeling untuk melihat keindahan biota laut. Ikan warna-warni yang berseliweran di dalam laut dapat terlihat dengan jelas.

Tertarik mau liburan ke Raja Ampat? Ini sedikit petunjuk perjalanan menuju ke sana. Setelah perjalanan dengan pesawat dan tiba di bandara Kota Sorong. Dari situ, bisa naik kapal feri menuju Waisai, ibukota Raja Ampat. Pastikan melakukan perjalanan feri di pagi hari karena kita akan disuguhi keindahan alam dan wisata laut. Oya, jangan lupa bawa kamera bawah laut karena akan banyak aktivitas di bawah situ.

About Bas