Ada yang nonton Amazing Race Australia season pertama? Jika ada yang nonton, pasti masih ingat salah satu pitstop mengambil lokasi di Gili Trawangan, Lombok . Tempat ini membuat pesertanya terkagum-kagum dengan keindahan pantai dan jernihnya air laut  yang seperti sebuah lukisan.

Letaknya yang bersebelahan dengan pulau Bali, tepatnya di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Di Lombok Barat terdapat tiga pulau kecil (Gili) dan salah satu yang terbesar adalah Gili Trawangan. Dibanding dengan dua gili lain yaitu Gili Meno dan Gili Air, Gili Trawangan menjadi tempat paling sering dikunjungi wisatawan.

Pantai Pasir Putih

Di Gili Trawangan, wisatawan benar-benar dimanjakan dengan keindahan pantai yang berpasir putih, laut yang jernih dan biru dengan karang-karang koral tropis. Pulau berukuran panjang 2 km dan lebar 1,5 km ini hanya membutuhkan waktu 2 jam saja berjalan kaki dan kita sudah bisa mengelilingi pulau. Tempat ini cocok untuk wisatawan yang ingin beristirahat dan bersantai. Jauh dari keramaian kota dan kesibukan pekerjaan sehari-hari.

Pantainya yang bersih berwarna putih terbentang luas tanpa sampah berserakan.Wisatawan dan penduduk lokal bekerja sama untuk menjaga kebersihan pantai ini bersama-sama. Jadi, pantai bisa dinikmati bersama tanpa khawatir bau dan kotor dari sampah.

Salah satu aktivitas yang disukai kebanyakan orang yang datang ke sini adalah aktivitas laut seperti diving, berselancar, bermain kayak dan snorkeling. Mereka menikmati keindahan karang-karang koral di bawah laut dan ada tempat menyelam yang menegangkan seperti karang hiu. Bisa juga melihat keindahan penyu hijau di kedalaman 10-20m di bawah laut. Pengunjung bisa menikmati penyu hijau ini meluncur ke lautan. Keren!

Air Laut Bening

Alam bawah laut Gili Trawangan memang menakjubkan. Air laut yang begitu bening sehingga pengunjung bisa melihat ikan dan terumbu karang langsung dari atas kapal yang berlayar tanpa perlu harus menyelam dulu. Jika ingin melihat ikan badut atau ikan nemo (dalam film Finding Nemo), tinggal diving deh.

Menikmati Sunrise dan Sunset

Hanya di Gili Trawangan, pengunjung dapat menikmati sunset sekaligus sunrise. Soalnya pantai di sini ada yang menghadap ke timur dan ke barat. Jaraknya pun tidak terlalu jauh. Sehingga sunset dan sunrise dapat dinikmati di pantai yang sama.

Pulau Pesta

Gili Trawangan juga dikenal sebagai pulau pesta karena banyaknya pesta yang diselenggarakan baik oleh pribadi maupun di beberapa keramaian. Kehidupan malam yang tak kenal waktu itu selalu dipenuhi wisatawan. Jejeran bar dan suara musik ”menelan” keheningan malam menjadi kemeriahan pesta. Umumnya semua dilakukan di Central atau pasar seni Gili Trawangan saat malam tiba.

Bebas Polusi

Oya, di Gili Trawangan dan dua  gili lain, tidak diperbolehkan menggunakan kendaraan bermotor. Semua orang harus berjalan kaki, naik sepeda atau dengan cidomo sebagai transportasi. Cidomo adalah sejenis kereta kuda khas Lombok, NTB. Jadi selain pemandangan yang indah, udara pun masih bersih dan bebas polusi. Jika ingin menyeberang ke gili lain, disediakan motorboat.

Penduduk yang Ramah

Masyarakat Lombok terkenal ramah-ramah seperti kebanyakan orang Indonesia di tempat lain. Mereka akan dengan senang membantu pengunjung yang tersesat dan menyambut siapa saja dengan senyuman ramah dan tulus.

Soal akomodasi, tidak perlu terlalu dikhawatirkan. Tersedia banyak resort di Gili Trawangan dari yang murah untuk backpacker hingga resort bintang lima.  Pemandangan yang indah itu akan sebanding dengan biaya yang dikeluarkan.

Untuk tips sebelum liburan ke Gili Trawangan. Jika tidak ingin terlalu padat, maka hindari liburan antara bulan Juni-Agustus. Jika pun ingin berangkat sekitar bulan ini karena bertepatan dengan liburan anak sekolah maka pastikan untuk membuat reservasi 4 bulan sebelumnya. Selamat berwisata.