Thursday , October 29 2020

Kegunaan dan Aplikasi Logam Platina ( Platinum )

Platina ( Platinum ) adalah salah satu logam transisi dengan kegunaan dan aplikasi sebagai berikut:

  1. Untuk peralatan pengendali emisi kendaraan.
  2. Untuk perhiasan.
  3. Produksi bahan kimia.
  4. Pengolahan minyak bumi.
  5. Untuk aplikasi elektronik seperti hard disk drive.
  6. Obat-obatan dan biomedis.
  7. Pembuatan peralatan gelas.
  8. Investasi.
  9. Elektrode.
  10. Obat antikanker.
  11. Sensor oksigen.
  12. Busi.
  13. Mesin Turbin.
  14. Digunakan sebagai katalis dalam reaksi kimia, ( serbuk platina digunakan untuk mengkatalisis pengapian hidrogen ).
  15. Aplikasi paling penting adalah dalam otomotif sebagai pengubah katalitik (catalytic converter), yang memungkinkan pembakaran lengkap hidrokarbon yang tak terbakar berkonsentrasi rendah dari knalpot menjadi karbon dioksida dan uap air.
  16. Platina juga digunakan dalam industri minyak bumi sebagai katalis dalam sejumlah proses pemisahan, tetapi terutama dalam pembentukan ulang berkatalisis (catalytic reforming) nafta rantai lurus menjadi bensin berkadar oktana yang lebih tinggi sehingga menjadi kaya senyawa aromatik.
  17. PtO2, yang juga dikenal sebagai katalis Adams, digunakan sebagai katalis hidrogenasi, terutama untuk minyak sayur.
  18. Platina juga mengkatalisis dekomposisi hydrogen peroksida menjadi air dan oksigen dan digunakan dalam sel bahan bakar sebagai katalis untuk mereduksi oksigen.
  19. Dalam industri arloji, Vacheron Constantin, Patek Philippe, Rolex, Breitling, dan perusahaan lainnya menggunakan platina untuk memproduksi seri limited edition arloji mereka.
  20. Dalam laboratorium, kawat platina digunakan sebagai elektrode, cawan dan penyangga platina digunakan dalam analisis termogravimetri karena persyaratan ketat tentang keinertan bahan kimia pada pemanasan temperatur tinggi (~1000 °C).
  21. Platina digunakan sebagai logam pemadu dalam beragam produk logam, termasuk kabel berkualitas tinggi, wadah laboratorium tahan korosi, peralatan medis, prostesis gigi, kontak listrik, dan termokopel.
  22. Platina-kobalt, suatu logam paduan dengan komposisi tiga bagian platina dan satu bagian kobalt, digunakan untuk membuat magnet permanen yang relatif kuat.
  23. Anode berbasis platina digunakan pada kapal, pipa, dan dermaga baja.

 

Sumber: wikipedia

 

Kegunaan, fungsi, aplikasi logam platina/platinum, dilut.com