Perak adalah salah satu logam transisi yang kegunaan maupun aplikasinya untuk:

A. Teknologi

  1. Perak digunakan pada fabrikasi kristal panel surya. Perak juga digunakan dalam sel surya plasmonik.
  2. Penyaringan air / pemurnian air ( Mencegah bakteri dan alga tumbuh di dalam filter. Aksi katalitik perak, bekerja sama dengan oksigen, mensanitasi air dan menghilangkan kebutuhan klorin. Ion perak juga ditambahkan ke dalam sistem pemurnian air di rumah sakit, sistem air komunitas, kolam renang dan spa, menggantikan klorin ).
  3. Katalisis reaksi kimia.
  4. Perak digunakan industri dalam stop kontak dan konduktor listrik.
  5. Cermin khusus ( Lapisan pada cermin penyejuk udara yang dipasang pada gedung-gedung ).
  6. Sifat katalitik perak menjadikannya ideal untuk digunakan sebagai katalis dalam reaksi oksidasi, misalnya, produksi formaldehida dari metanol dan udara dengan adanya lapisan perak atau kristalit yang mengandung perak minimum 99,95 persen berat.
  7. Perak digunakan untuk membuat solder dan aloy kuningan dan sebagai lapisan tipis pada permukaan dapra (bearing) yang dapat memberikan kenaikan signifikan pada ketahanan gesekan dan mengurangi beban pada pekerjaan berat, terutama terhadap baja.
  8. Pada teleskop inframerah atau termal menggunakan cermin bersalut perak karena kemampuan perak merefleksikan beberapa jenis radiasi inframerah lebih efektif daripada aluminium, sama baiknya dengan kemampuan perak mereduksi jumlah radiasi aktual yang diemisikan dari cermin (emisivitas termalnya).

 

B. Perhiasan

  1. Perhiasan dan ornamen ( Garam perak telah digunakan sejak Abad Pertengahan untuk menghasilkan pewarnaan kuning atau jingga dalam pewarnaan kaca ).
  2. Peralatan makan dan perabotan bernilai tinggi (muncullah istilah silverware).

 

C. Alat Musik

  • Perak dan alloy perak digunakan dalam konstruksi banyak jenis alat musik tiup bermutu tinggi. Flute, terutama, umumnya terbuat dari alloy perak atau berlapis perak, baik untuk penampilan maupun memanfaatkan sifat friksi permukaan perak. Alat musik tiup kuningan, seperti terompet dan bariton, juga umum dilapisi perak.

 

D. Biologi

  • Pewarna perak digunakan dalam biologi untuk meningkatkan kontras dan penampakan sel dan organel dalam mikroskopi. Camillo Golgi menggunakan pewarna perak untuk mempelajari sel sistem syaraf dan badan Golgi. Pewarna perak digunakan untuk mewarnai protein dalam elektroforesis gel dan gel poliakrilamida, baik sebagai pewarna utama atau untuk meningkatkan visibilitas dan kontras warna koloid emas.

 

E. Kedokteran

  1. Perak dapat dibuat alloy dengan raksa pada suhu ruang untuk membuat amalgam yang banyak digunakan untuk penambal gigi.
  2. Sebagai asuhan luka (wound dressing), dan fungsinya sebagai penyalut antibiotika untuk peralatan medis. Asuhan luka mengandung perak sulfadiazin atau perak nanomaterial yang dapat digunakan dalam penanganan infeksi.
  3. Perak juga digunakan dalam beberapa aplikasi medis, seperti kateter uriner dan pipa pernapasan endotrakeal, yang beberapa bukti menunjukkan bahwa ini efektif dalam mengurangi infeksi saluran kencing yang berhubungan dengan kateter dan pneumonia akibat ventilator. Ion perak (Ag+) adalah bioaktif dan dalam konsentrasi yang memadai dapat membunuh bakteri in vitro.
  4. Perak dan perak nanopartikel digunakan sebagai antimikroba dalam berbagai industri, aplikasi kesehatan dan domestik.

 

F. Fashion

  • Perak mencegah pertumbuhan bakteri dan fungi pada busana, seperti kaus kaki, sehingga kadang-kadang ditambahkan untuk mengurangi bau dan risiko infeksi bakteri dan fungi. Ia dimasukkan ke dalam busana atau sepatu baik dengan cara mengintegrasikan perak nanopartikel ke dalam polimer benang dari awal pembuatan benang atau dengan menyalut benang menggunakan perak.

 

G. Makanan

  1. Perak digunakan sebagai pewarna makanan dengan E174; artinya disetujui penggunaannya di negara-negara Uni Eropa.
  2. Hidangan tradisional India kadang-kadang menggunakan dekorasi lembaran perak yang dikenal sebagai vark,.
  3. Dalam berbagai budaya, perak dragée digunakan untuk menghias cake, cookies, dan makanan penutup (dessert) lainnya.

 

Dll

  1. Mata uang.
  2. Pelapis jendela.
  3. Pelapis Cermin.

 

Kegunaan / aplikasi logam perak ( argentum ), dilut.com