AKHIRNYA! Inilah saatnya kamu dan anak-anak menghabiskan waktu bermain di luar rumah daripada di dalam. Sekarang mereka bisa bilang “Yes” untuk segala kegiatan yang selama ini tidak boleh dilakukan karena menurut bunda akan mengotori tangan, pakaian, termasuk dinding rumah.

Setiap anak pasti menyukai kegiatan bermain di luar, termasuk kita juga, karena tentu saja: kita lebih mudah membersihkan segala kotoran itu di luar rumah. Bermain di luar ruangan akan menjadi petualangan kecil yang menyenangkan, tidak hanya untuk anak, tapi juga untuk seluruh anggota keluarga. Di bawah ini ada 10 kegiatan di luar ruangan yang tidak akan mudah hilang dari ingatan mereka!

1. Main Busa Sambil Mencuci Mobil

Ini kegiatan menyenangkan dan kotor yang pasti disukai anak-anak. Kamu harus menyiapkan waktu lebih panjang dari biasanya, karena acara cuci-mencuci mobil ini bakal berlangsung berjam-jam.

2. Melukis dengan Pistol Lukis

Alat penyemprot untuk melukis, sepertinya tidak perlu dijelaskan lagi. Anak-anak sudah pasti menyukai kegiatan ini. Bahkan mereka akan berupaya agar rencana ini jangan sampai batal karena satupun halangan.

3. Kapur yang Menyala di Kegelapan

Setiap anak di dunia pasti menyukai kapur yang satu ini. Kamu hanya perlu mengajak mereka bermain di luar rumah dan membiarkan mereka mencoret-coret dinding, pohon, lantai carport dengan kreasi gambar yang mereka inginkan. Hasilnya? Malam yang menakjubkan dengan hasil karya yang menyala di kegelapan itu tidak akan mudah hilang dari ingatan mereka!

4. Pesta Balon Berisi Cat

Permainan ini juga seru banget, jangan lupa pakai kaos warna putih ya, dengan begitu nanti bisa ketahuan siapa yang paling banyak terkena lemparan balon.

5. Menggambar dan Melukis di Meja

Kegiatan ini pasti disukai setiap anak. Tangan mereka akan kotor dengan cat air berwarna-warni. Picaso mungilmu itu akan terlihat sangat serius mengerjakan proyek besar mereka untuk dipamerkan atau diberikan kepada nenek dan kakek mereka.

6. Mengecat Pohon

Coba saja kamu tanyakan ke mereka, “siapa yang mau mewarnai pohon?” Pasti mereka akan menjerit-jerit senang dan berlompatan, tak sabar untuk memulai permainan menakjubkan itu. Kamu hanya perlu menyiapkan media lukis yang digulungkan menyelimuti batang pohon. Setelah itu persilakan anak-anak melukis batang pohon dengan berbagai cara.

7. Melukis Menggunakan Lumpur

Dari semua kegiatan bermain kotor di luar ruangan itu, permainan yang satu ini tidak kalah menarik. Anak-anak diajak kreatif membentuk tanah liat menjadi kue, atau pai berbahan lumpur. Mereka-reka, membayangkan, dan membentuk benda-benda dengan lumpur menjadi pengalaman yang tak akan terlupakan. Satu hal yang perlu dicermati, hati-hati ada cacing tanah ya!

8. Membuat Cacing Goreng

Ada sejumlah anak yang jijik dengan cacing, tapi ada anak-anak yang menyukai dan baru menyadari betapa menakjubkan bisa mengaduk-aduk dan menginjak-injak lumpur dengan cacing di dalamnya. Dan yang lebih menarik lagi, cacing-cacing itu bisa dimakan.

9. Mengecat Trotoar dengan Glitter

Kamu tidak akan pernah menyangka menariknya permainan ini! Memupurkan cat warna-warni dan berkilauan (glitter) di sepanjang trotoar. Kegiatan ini akan menjadi salah satu cara sempurna untuk melewatkan liburan musim panas mereka.

10. Bermain dengan Krim

Saatnya bermain dengan bahan-bahan kue milik bunda. Krim beraneka warna dan rasa bisa dicampur aduk bersatu dalam satu wadah, lalu mari bermain perosotan di atas papan. Pasti seru, karena kamu akan merosot di atas krim yang licin.