Tuesday , October 20 2020

4 Jenis Tanaman Dengan Nama Unik Di Indonesia

Pernahkah Anda terpikirkan untuk mencermati setiap nama dari setiap jenis tanaman? Memang akan memakan waktu. Mengingat untuk jenis tanaman yang ada di Indonesia begitu banyak jumlahnya. Namun jika mencoba mencermati beberapa jenis saja, apakah ada yang pernah membuat Anda bertanya-tanya. Misalnya saja pemberian nama dari jenis tanaman tertentu. Bagaimana bisa tanaman tertentu memiliki nama yang unik. Mengapa disebut demikian. Anda akan mendapatkan jawaban melalui empat jenis tanaman dengan nama yang unik dan tentu ada di Indonesia.

1. Cocor Bebek

Meskipun asal mula tanaman ini ada di Madagaskar, namun di Indonesia terbilang sangat mudah untuk dijumpai. Nama latin Kalanchoe pinnata bukanlah yang membuat tanaman satu ini unik. Namun penyebutan versi Indonesia yang terbilang unik. Lihat saja tanaman yang memiliki nama Cocor Bebek. Tanaman yang hanya terdiri dari dedaunan hijau. Setiap tepian daun memiliki lekukan bergerigi. Bentuk daun yang mirip dengan salah satu bagian dari bebek itulah kemudian disebut sebagai tanaman cocor bebek.

2. Lidah Buaya

Masih terkait dengan penyebutan nama tanaman berdasarkan dari nama salah satu bagian hewan. Namun bukan unik dari nama latinnya yaitu, Aloe vera. Tanaman satu ini berwarna hijau, tidak memiliki bunga, batang, namun memiliki daun yang tebal dan didalamnya mengandung lendir. Bentuknya seperti lidah dan bergerigi di sekitar sisi atau tepi. Tanaman ini di Indonesia disebut sebagai Lidah Buaya. Lidah buaya adalah tanaman yang termasuk memiliki nama unik. Selain namanya juga bentuk tanaman yang jika dilihat-lihat memang mirip seperti pada lidah hewan buas buaya.

3. Lidah Mertua

Jika membahas jenis tanaman yang satu ini, terbilang agak kurang mengenakan atau akan sedikit menyinggung perasaan orang lain. Namun entah darimana asalnya padahal nama latinnya sangat bagus dan indah. Kemudian di Indonesia memiliki penyebutan nama yang lain untuk tanaman yang hanya terdiri dari daun panjang berwarna hijau berbintik-bintik dan bagian tepi berwarna kuning. Inilah tanaman yang dikenal sebagai Lidah Mertua. Bentuk daun yang panjang namun sempit ini memang memiliki pola seperti lidah. Namun tambahan kata Mertua pada jenis tanaman ini entah dari mana asalnya. Orang juga akan mengenal tanaman lidah mertua dengan nama latin Sansevieria.

4. Gelombang Cinta

Untuk jenis tanaman yang satu ini baru pertama kali dikenal sudah sangat menghebohkan jagat tanaman di Indonesia. Bagaimana tidak, sempat populer karena harga jualnya yang sangat fantastis berjuta-juta rupiah. Inilah tanaman yang termasuk memiliki nama unik yaitu, Gelombang Cinta. Jika Anda melihat bentuk dari tanaman gelombang cinta pasti akan bertanya-tanya darimana penyebutan nama unik tersebut berasal. Sebab tanaman bernama latin Anthurium plowmanii tersebut hanya terdiri dari daun hijau yang lebar-lebar. Sayangnya, saat ini keberadaan tanaman gelombang cinta sudah tidak sepopuler saat pertama kali kemunculannya. Orang-orang seakan akan melupakan keberadaannya yang sempat menjadikan pemilik atau penjual tanaman gelombang cinta menjadi kaya raya dalam waktu singkat.

Empat jenis tanaman yang memiliki nama unik di atas juga tepat untuk Anda tanam di rumah. Bahkan untuk tanaman cocor bebek dan lidah buaya terkenal sebagai tanaman herbal sampai saat ini. Sedangkan untuk tanaman lidah mertua dan gelombang cinta sebagai tanaman hias rumah. Khusus untuk tanaman lidah mertua adalah jenis tanaman yang baik untuk menyerap karbon dioksida yang akan masuk ke rumah. Sehingga udara di sekitar rumah pun bebas polusi.

About Bas