Hidangan yang kita konsumsi saat berbuka sering kali bukan hidangan yang sehat. Padahal seharusnya ketika berbuka puasa kita harus mengkonsumsi makanan yang sehat dan bernutrisi agar kondisi kesehatan tubuh pun bukan hanya stabil namun menjadi lebih baik. Namun, faktanya kebanyakan orang malah mengabaikan makanan sehat yang seharusnya dikonsumsi ketika berbuka puasa ataupun sahur. Sebagian besar dari umat muslim yang berpuasa malah mengkonsumsi berbagai jenis makanan yang berbahaya untuk tubuh.

Berikut ini ada beberapa jenis makanan yang wajib Anda hindari selama menjalankan ibadah puasa:

1. Hindari Junk Food

Junk food atau yang dikenal sebagai makanan siap saji memang dapat diperoleh dengan cara yang mudah. Namun, hampir seluruh junk food tidak mengandung nilai gizi di dalamnya. Malahan, junk food tergolong sebagai jenis makanan yang tidak baik jika dikonsumsi sehari-hari apalagi selama bulan puasa. Oleh karena itu, janganlah malas memasak makanan yang sehat.

2. Hindari Makanan Putih

Pasti Anda bingung, apa sih makanan putih itu? Makanan putih merupakan jenis makanan seperti roti, nasi ataupun gula. Untuk menghindari makanan putih, Anda dapat mengkonsumsi makanan seperti roti gandum, brown rice, ataupun madu sebagai pemanis alami. Pasalnya, beberapa makanan putih diproses memiliki komposisi yang kurang sehat dan dapat mengalami penurunan pada kadar nutrisi.

3. Hindari Makanan yang Bisa Membuat Dehidrasi

Dehidrasi sering kali dialami oleh seseorang yang sedang menjalankan ibadah puasa. Oleh karena itu, Anda perlu memperbanyak mengkonsumsi beragam jenis makanan yang mengandung air dan menghindari minuman yang dapat membuat Anda semakin dehidrasi. Minuman yang perlu Anda hindari selama berpuasa adalah makanan seperti kopi dan soda.

4. Hindari Gorengan atau Makanan yang Digoreng

Jenis-jenis makanan yang digoreng sangat tidak dianjurkan untuk dikonsumsi selama berpuasa. Pasalnya, jenis makanan ini sangat sulit dicerna oleh tubuh. Makanan yang digoreng dapat menimbulkan masalah yang serius pada kesehatan. Oleh karena itu, gantilah makanan yang Anda konsumsi dengan makanan seperti makanan yang direbus ataupun dipanggang.

Makanan seperti bakwan, samosa, lumpia ataupun beragam jenis makanan yang digoreng lainnya tidak mengandung nutrisi yang baik untuk tubuh. Makanan ini sarat akan lemak yang membahayakan bagi kesehatan tubuh dan lemak yang terkandung sangat sulit diproses oleh hati. Makanan ini dapat menyebabkan terhambatnya saluran pencernaan dan menyebabkan keasaman.

5. Batasi Jumlah Karbohidrat yang Masuk ke Dalam Tubuh

Selama berpuasa, ada baiknya untuk mengurangi porsi karbohidrat. Perbanyaklah mengkonsumsi serat dan protein agar perut Anda menjadi lebih kenyang dalam jangka waktu lama. Selain itu, serat dan protein dapat membantu melancarkan pencernaan Anda.

6. Hindari Makanan Pedas

Makanan pedas jika dikonsumsi pada bulan puasa membuat lapisan perut menjadi lebih sensitif pasca puasa. Pasalnya, mengkonsumsi makanan pedas selama berpuasa dapat memicu timbulnya gas dan rasa mulas pada perut.

Nah, sekarang sudah tahu kan jenis makanan apa yang perlu dihindari selama bulan Ramadhan? Yuk, mulailah mewaspadai makanan-makanan yang tidak sehat masuk ke dalam tubuh Anda sekarang juga. Tujuannya agar kesehatan tubuh Anda dan asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh tetap terjaga selama bulan puasa.