Ini Dia 12 Jenis Kain Satin dan Kegunaannya

Ciri khas satin yang paling terkenal adalah salah satu permukaannya mengkilap serta licin, sedangkan sisi sebaliknya tidaklah demikian. Walau sama-sama mengkilap, namun satin tidak sama dengan sutera. Yang membedakan keduanya adalah bahan serat yang digunakan, satin memanfaatkan serat buatan (biasanya polyester), sedangkan sutra terbuat dari kepompong ulat sutera. Jadi meski sama-sama lembut, satin tak sehalus dan seringan sutera.

Tentu saja harga satin juga tak semahal sutera. Karena itu, mereka yang ingin tampil glamor tanpa merogoh kocek mahal, umumnya lebih memilih satin ketimbang sutera. Bicara soal satin, harganya bervariasi tergantung dari jenisnya yang ternyata tidak hanya 1 melainkan ada beberapa, seperti:

1.Kain Satin Bridal (Duchesse)

Dari namanya saja kita tahu bahwa bahan ini sering dipakai untuk gaun pengantin. Sayangnya, satin bridal cenderung kaku dan juga agak berat ketika dikenakan.

2.Kain Satin Faconne (Jacquard Satin)

Kain yang memiliki beragam motif seperti garis, paisley, dan lain sebagainya tersebut tak sekaku Duchesse. Walau demikian, berat maupun kualitas satin jenis ini juga berbeda-beda.

3.Kain Satin Slipper

Sesuai namanya, kain yang dapat dicelup ini merupakan bahan baku sepatu, khususnya sepatu balet.

4.Kain Satin Delustered

Nama Perancis kain ini adalah “peau de soie” yang artinya kulit sutera. Dibanding satin lainnya, kain ini justru mengkilap pada kedua sisinya dan tetap ringan.

5.Kain Satin Damask

Satin Damask memiliki banyak pola menawan dan rumit, tak jarang polanya juga timbul karena menggunakan kain beludru.

6.Kain Satin Cloth (Satin Wol)

Istilah lain untuk satin cloth adalah ‘satin de laine’ yang artinya satin wol. Bahannya menggunakan wol Perancis yang ditenun dengan teknik satin. Umumnya dipakai sebagai bahan gaun atau blouse karena sifatnya yang kuat, awet, serta halus.

7.Kain Satin (Sateen)

Pada dasarnya satin dan sateen itu berbeda. Sateen lebih menggunakan rayon atau katun sebagai bahan dasarnya. Selain itu, walau sama-sama diproses menggunakan teknik weave (menjadikan kain mengkilap), tapi seratnya berbeda. Jika satin memakai serat filamen semacam sutera, nilon, atau polyester, maka sateen justru mengandung katun atau short-stap.

8.Kain Satin Kahantex

Bahan satin satu ini biasanya dipakai untuk dekorasi ruangan atau kerajinan saja, bukan pakaian. Alasannya karena tekstur mengkilap dan licinnya juga tebal serta kaku. Harga per yard bervariasi bisa mulai dari Rp 8.500, hingga Rp 9.500 (tergantung lebarnya juga).

9.Kain Satin Clarissa (Horden)

kain satin clarissa horden i88iuhhksajs iub76b7

https://pixabay.com/en/christening-event-room-balloon-1499314/

Dari namanya kita tahu bahwa kain ini umumnya dipakai untuk gorden pesta, namun ada juga yang memanfaatkannya sebagai bahan rok dan kebaya modern. Karakteristik satin clarissa antara lain agak lemas, tipis, dan juga murah. Tak heran bahan ini banyak dipakai oleh pengusaha konveksi.

10.Kain Satin Silk (Satin Sutera)

Kebanyakan pengusaha konveksi memanfaatkan satin silk sebagai bahan pashmina, gamis, kebaya modern, atau kerudung segiempat karena sifat kainnya yang lembut, tipis, sejuk, namun tidak mengkilap (melainkan dove). Selain itu, varian warnanya juga sangat beragam.

11.Kain Satin Velvet (Double Satin)

Satin ini mengkombinasikan beberapa bahan kaos, katakanlah seperti spandek jersey stella serta rayon super, atau spandek korea motif dan jersey motif. Kombinasi bahan tersebut biasanya dipakai untuk membuat gaun pesta, seragam, maupun gamis. Ciri-ciri satin velvet adalah lebih tebal (2 kali lipat) dibanding satin clarissa sehingga teksturnya lebih berat dan jatuh.

12.Kain Satin Robert Cavali

Walau sama-sama menggunakan kombinasi 2 bahan – umumnya satin silk dan double hycon (mirip tile dan ceruti) – namun satin Robert Cavali tidak sama dengan velvet. Karakteristiknya yang tebal, sejuk, adem, jatuh, serta berbeda gradasi warna pada kedua sisinya membuat kain ini dibandrol dengan harga mahal.

Jadi itulah sedikit penjabaran mengenai beberapa jenis kain satin dan harganya. Semoga bermanfaat!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *