Kenali 10 Jenis Kain Katun yang Bagus Berikut Sebelum Belanja Online

Salah satu pertanyaan yang biasa dilontarkan konsumen sebelum membeli baju via online adalah soal bahannya. Umumnya, bahan yang paling disukai adalah katun. Masalahnya, tak semua orang tahu kalau kain katun itu banyak jenisnya. Kebanyakan tahunya bahwa katun itu adem dan nyaman dipakai, padahal tidak semuanya demikian. Karenanya, pada ulasan kali ini, mari kita pelajari bersama apa saja jenis kain katun yang bagus itu.

1.Kain Katun Jepang

2 lembar kain katun i87987b98 dhdjdjd

https://gamisjilbabsyari.com

Dibanding katun biasa, katun Jepang umumnya dibandrol dengan nominal lebih tinggi. Selain itu, bahan yang biasa digunakan untuk blouse, piyama, atau seprei ini juga memiliki beberapa ciri lain:

  • Tekstur kain lebih halus ketika diraba.
  • Warna serta motifnya lebih awet dan tak mudah pudar.
  • Ada kode warna atau tulisan seperti ‘japan design’ pada bagian ujungnya (mungkin ini tak ada lagi setelah kain melalui proses penjahitan).

2.Kain Katun Paris

Teksturnya mungkin sama lembutnya dengan katun Jepang, begitu pula dengan warnanya yang tak mudah pudar. Walau begitu, katun Paris biasanya lebih tipis. Bahan yang banyak digunakan untuk blouse ini juga memiliki daya serap keringat yang baik.

3.Kain Katun Silk

Beberapa menyebutnya katun India atau Zada. Katun silk sendiri ada yang tebal, tapi juga ada yang tipis. Ciri paling menonjol dari bahan pakaian ini adalah permukaan kainnya yang mengkilap. Meski dibanderol lebih mahal dari katun biasa, namun harganya masih lebih murah ketimbang katun Jepang. Sayangnya, tak seperti bahan katun sebelumnya, katun silk mempunyai daya serap yang paling rendah.

4.Kain Katun Minyak

Jika dibanding katun silk, katun minyak jauh lebih mengkilap. Sayangnya, kilap tersebut umumnya pudar setelah beberapa kali proses pencucian. Walau begitu, daya serap kain ini lebih baik dibanding katun India.

5.Kain Katun Biasa

Motif katun biasanya sangat beragam, mulai dari polos, garis-garis, kotak, abstrak, hingga bunga. Dibanding katun lainnya, harga katun biasa memang paling murah. Selain itu, persentase bahan kapas dalam kainnya biasanya menentukan daya serap keringatnya, apakah bagus ataukah sedang-sedang saja. Sayangnya, warnanya lebih cepat pudar dibanding katun Jepang.

6.Kain Katun Rayon

Di satu sisi, bahan busana muslim ini memiliki beberapa keunggulan seperti bahannya yang adem/ sejuk sehingga daya serapnya juga baik, jatuh, licin, serta ringan. Sayangnya, katun rayon juga cepat kusut.

7.Kain Katun Bangkok/ Bangko

Anda mungkin awam dengan jenis katun satu ini. Istilah bangko atau bangkok jelas menandakan bahwa kain ini terkenal akan motif ala Thailandnya. Sayangnya, selain agak kasar, struktur kainnya juga tipis ketimbang katun lainnya. Tak jarang pula, banyak katun Bangkok yang nerawang ketika dipakai.

8.Kain Katun Silk Sutera

kain katun warna ungu uyb6v5as sjsjsjsk

https://satujam.com

Katun silk Sutera di sini berbeda dengan no.3 tadi. Katun silk sutra terbuat dari perpaduan kain sutera (dari kepompong ulat sutera) dengan kain katun. Kombinasi kedua bahan itu otomatis membuat kainnya adem, ringan, lembut, licin, kuat, halus, serta tahan lama. Tak heran, harganya relatif mahal.

9.Kain Katun China

Jenis katun berikutnya adalah katun China atau yang sering disebut twill. Meski lebih tipis dibanding katun Jepang, namun kualitasnya sama (ya meski terkadang lebih rendah daripada seharusnya). Sayangnya, warna katun China biasanya kurang menyolok.

10.Kain Katun Combed

Nah bahan kaos ini pasti sudah tak asing lagi di telinga Anda. Ciri-ciri katun combed adalah nyaman, lembut, kuat, tak mudah kusut, adem, dan gampang disablon. Untuk ketebalannya, umumnya dibedakan dari angkanya, apakah 20, 24, 28, 30, 32, 34, atau 40 (semakin kecil, makin tebal).

Nah itulah tadi beberapa jenis kain katun yang perlu kamu ketahui sebelum belanja busana online. Semoga bermanfaat!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *