10 Jenis Kain Ciri-Ciri dan Kegunaannya

Saat ini terdapat banyak sekali jenis kain yang beredar di pasaran. Setiap jenis memiliki ciri, kegunaan dan tampilan yang berbeda antara satu dengan lainnya. Ciri yang terdapat didalamnya membuat kita bisa memilih mana yang cocok untuk kita gunakan. Adakalanya satu jenis kain hanya cocok untuk membuat satu jenis pakaian. Penambahan jenis-jenis kain juga semakin bertambah, menjadikan semakin banyak pilihan untuk kita.

Jika anda saat ini sedang atau ingin bergelut dengan dunia jahit atau konveksi. Bahkan untuk Anda yang gemar membuat busana sendiri. Ada baiknya anda membaca artikel ini, karena kami akan mengupas jenis-jenis kain, ciri-ciri dan kegunaannya :

1. Kain Blacu

Kain Blacu merupakan jenis kain yang terbuat dari kapas. Dari beragam jenis kain yang ada kain ini memiliki kualitas yang lebih rendah. Biasanya di pasaran ditemukan dalam keadaan yang belum diputihkan. Jenis kain ini memiliki ciri ramah lingkungan dan sangat aman digunakan. Dahulu kain ini hanya digunakan sebagai pembungkus terigu. Namun saat ini dengan adanya isu pengurangan sampah plastik. Banyak pengrajin memanfaatkan Kain Blacu sebagai bahan membuat tas. Selain itu juga banyak digunakan untuk produk kerajinan, taplak meja dan hordeng.

2. Kain Brokat

Kain Brokat merupakan jenis kain yang kaya akan dekorasi. Ternyata kaya brokat berasal dari kata yang sama dengan brokoli. Dalam bahasa Italia brocato yang artinya kain yang disulam.Jenis kain ini memiliki ciri memiliki banyak ornament dekorasi di dalamnya serta kain yang berciri elegan. Kain Brokat banyak digunakan sebagai bahan pakaian yang elegan. Seperti kebaya, dan batik.

3. Kain Chiffon

Kain Chiffon (Sifon) merupakan kain yang identik dengan ciri khas tipis serta tembus pandang. Memang benar jenis kain ini memiliki karakteristik tersebut. Perlu diketahui bahwa kain ini dapat dipadukan dengan kain lainnya. Selain itu kain memiliki ciri licin, halus dan mudah jatuh. Kain Chiffon sering digunakan sebagai bahan untuk membuat dress, selendang, blouse, pelengkap kebaya serta tudung kepala.

4. Kain Denim

Kain denim merupakan jenis kain yang sangat kuat. Istilah denim sendiri berasal dari sebuah kota di Prancis. Ciri khas dari kain ini adalah agak tebal, mudah di cuci, dan sangat awet. Saat ini jenis kain ini banyak digunakan untuk membuat rok, jaket, gaun dan tas.

5. Kain Flannel

Kain Flannel sering juga disebut dengan kain felt, merupakan kain yang dibuat dari serat wol. Proses pembuatan kain ini tanpa tenun dan dilakukan proses pemanasan dan penguapan. Ciri dari kain jenis ini adalah agak tebal, sangat lembut dan lentur. Penggunaan kain flannel banyak dimanfaatkan untuk produk kerajinan seperti gantungan kunci, kotak tisu. Selain itu juga banyak digunakan untuk lapisan dalam tas.

6. Kain Jersey

kain jersey
kain jersey (dosendigital.com)

Kain jersey merupakan jenis kain yang terbuat dari jenis tekstil rajutan serta dimana didalamnya terdapat serat katun seluruhnya atau sebagian dicampur serat sintesis. Ciri-ciri bahan kain jersey adalah katun stretch, halus, serta tidak berbulu. Penggunaan jenis kain ini terdapat pada kaos jersey sepak bola, selimut musim dingin, dan busana muslim.

7. Kain Katun

Kain katun adalah kain yang terbuat dari serat kapas, walaupun sangat ringan tetapi sangat kuat. Masyarakat sendiri banyak yang menjadikan kain ini sebagai pilihan bahan membuat pakaian. Secara umum kain ini memiliki beberapa ciri yakni : tekstur halus serta lembut, tidak panas, nyaman di badan, serta mudah dirawat.

8. Kain Satin

Kain satin merupakan kain yang ditenun dengan teknik serat filament. Ciri khas jenis kain ini adalah permukaan yang mengkilap dan licin. Saat ini kain satin banyak digunakan untuk pembuatan hijab atau kerudung.

9. Kain Sutra

kain sutra putih
kain sutra putih (id.aliexpress.com)

Kain sutra merupakan serat protein alami yang ditenun. Umumnya serat sutra dihasilkan dari alam dari kepompong. Ciri-ciri dari kain jenis ini adalah benang penyusunnya kuat, menyerap dengan baik, berkilau dan sangat lembut. Kain ini sangat banyak digunakan sebagai pakaian terutama untuk pakaian wanita.

10. Kain Wools

Kain wools merupakan kain yang diperoleh dari hewan domba. Ciri khas kain ini adalah elastis dan tidak berkerut. Jenis kain ini banyak digunakan untuk membuat pakaian musim dingin.

Semoga artikel ini membantu anda dalam memilih kain yang cocok untuk pakaian anda.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *