Jenis Jenis Pembangkit Listrik di Dunia

PLTU, PLTD, PLTA, PLTN, PLTS, PLTB, PLTSa, PLTG, PLTGU, PLTP

Berikut adalah penjelasan Jenis Jenis Pembangkit Tenaga Listrik yang Ada di Dunia:

1. PLTU

pltu suralaya indonesia gty677
pltu suralaya indonesia (sumber: bidikbanten.com)

PLTU (Pembangkit Listrik Tenaga Uap) adalah Pembangkit Listrik / Power Plant yang sumber energinya berasal dari uap. Uap berasal dari pembakaran bahan bakar di ketel uap (Boiler) dan energi tekan (potensial) uap (steam) tersebut dimanfaatkan untuk memutar Turbin (Turbine) yang terhubung dengan Generator pembangkit listrik.

2. PLTD

PLTD (Pembangkit Listrik Tenaga Diesel) adalah jenis pembangkit listrik yang berasal dari Mesin Diesel. Putaran dari mesin diesel akan dirubah oleh Generator menjadi tenaga listrik.

3. PLTA

plta sutami karangkates malang 89a798e
plta sutami (sumber: detik.com)

PLTA (Pembangkit Listrik Tenaga Air) adalah Pembangkit listrik yang memanfaatkan tenaga gerak (Kinetik) air untuk menghasilkan listrik dengan cara mengalirkan air untuk menggerakkan Turbin Air. PLTA termasuk dalam pembangkit listrik dari energi terbarukan dan ramah lingkungan.

PLTA dalam sekala besar biasanya dibuat dengan membuat Bendungan / Waduk penampung air sungai. Selanjutnya air dengan aliran (flow), kecepatan dan ketinggian tertentu akan dialirkan melalui saluran / Pipa air menuju turbin air.

PLTA dalam sekala kecil biasa disebut PLTMH (Pembangkit Listrik Mikro Hidro) bisanya dibuat dengan mengalirkan air sungai dengan aliran kecil untuk memutar turbin air sederhana / kincir air. PLTMH biasanya hanya berkapasitas ratusan watt sampai beberapa Kw (kilo watt) saja.

PLTPS (Pembangkit Listrik Tenaga Pasang Surut) adalah pembangkit listrik yang sumber energinya berasal dari pasang surut air laut. Energi gerak dari pasang surut air laut digunakan untuk memutar turbin air dan generator listrik. PLTPS terbesar di dunia terletak di negara Prancis (Rance Tidal Power Station) dengan kapasitas dirancang hingga maksimal 240 Megawatt (MW).

PLTO (Pembangkit Listrik Tenaga Ombak Laut) adalah pembangkit listrik yang merubah energi dari ombak di laut menjadi energi listrik.

PLTTL (Pembangkit Listrik Tenaga Termal Lautan) / OTEC (ocean thermal energy conversion) adalah pembangkit listrik yang memanfaatkan perbedaan suhu di laut dalam yang mempunyai temperatur lebih dingin daripada temperatur di permukaan lautan.

4. PLTN

pltn (pembangkit tenaga nuklir) aiuyasasaed23 gy7777
pltn (pembangkit tenaga nuklir) (sumber: middleeastmonitor.com)

PLTN (Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir) adalah jenis pembangkit listrik yang sumber energinya berasal dari Reaksi Nuklir. Prinsip kerja dari PLTN hampir sama dengan PLTU dimana reaktor nuklir akan menghasilkan panas yang akan digunakan untuk memanaskan air sehingga menjadi uap yang akan digunakan untuk memutar turbin uap.

5. PLTS

plts pembangkit listrik tenaga surya vgtyy
plts pembangkit listrik tenaga surya (sumber: beritabali.com)

PLTS (Pembangkit Listrik Tenaga Surya) adalah pembangkit listrik yang sumber tenaganya berasal dari panas matahari.

PLTS yang menggunakan sel surya (sel fotovoltaik) yang akan mengubah langsung cahaya matahari menjadi listrik.

PLTS yang menggunakan lensa atau cermin yang dapat mengumpulkan / memfokuskan sinar matahari ke suatu titik sehingga akan menghasilkan panas dengan suhu tinggi yang akan digunakan memanaskan cairan (fluida) yang digunakan untuk memutar / menggerakkan Generator Listrik.

6. PLTB

PLTB (Pembangkit Listrik Tenaga Bayu / Angin) adalah Pembangkit Listrik yang yang sumber tenaganya berasal dari energi gerak angin. Energi Gerak dari angin akan di rubah oleh suatu alat Kincir / baling baling angin dan meneruskan putaran ke generator listrik.

7. PLTSa

PLTSa (Pembangkit Listrik Tenaga Sampah) adalah Pembangkit Listrik yang sumber energinya berasal dari sampah. Sampah bisa dibakar langsung di dalam boiler untuk memanaskan air atau sampah organik yang menghasilkan gas Methan yang selanjutnya digunakan untuk memanaskan air di dalam Boiler.

8. PLTG

PLTG (Pembangkit Listrik Tenaga Gas) adalah pembangkit listrik yang sumber energinya berasal dari pembakaran gas. Gas yang panas dan bertekanan tersebut selanjutnya akan digunakan untuk memutar turbin gas yang terhubung ke generator listrik.

9. PLTGU

PLTGU (Pembangkit Listrik Tenaga Gas dan Uap) adalah Pembangkit listrik yang Sumber Energinya berasal dari gabungan antara PLTG dan PLTU. Dimana sisa gas buang dari Turbin gas masih mempunyai suhu (temperatur) yang masih tinggi sehingga panas tersebut bisa dimanfaatkan untuk memasak air di Boiler.

10. PLTP

PLTP (Pembangkit Tenaga Panas Bumi) adalah suatu jenis pembangkit listrik yang sumber energinya berasal dari panas bumi. Energi panas bumi mempunyai temperature yang tinggi hingga bisa dimanfaatkan untuk mengolah air menjadi uap di dalam Boiler. Uap yang dihasilkan Boiler akan digunakan untuk memutar Turbin uap yang terhubung dengan Generator yang akan merubah putaran Turbin menjadi energi Listrik.

Note: PLTN dan PLTP sebenarnya juga bisa digolongkan dalam pembangkit PLTU karena Uap yang dihasilkan dari jenis pembangkit ini yang akan digunakan untuk memutar Turbin Uap. Demikian juga dengan PLTGU yang menghasilkan uap untuk memutar Turbin Uap.

 

Jenis Pembangkit Listrik Dilihat Dari Bahan Bakarnya

1. Jenis Pembangkit Listrik Bahan Bakar Batubara

Pembangkit listrik ini menggunakan batubara sebagai sumber tenaganya. Batubara dibakar di dalam Boiler bersama dengan udara pembakaran. Panas yang dihasilkan pembakaran didalam Boiler akan digunakan untuk memanaskan air. Air yang telah dipanaskan tersebut berubah fasa menjadi uap yang akan digunakan untuk memutar Turbin uap. PLTU kebanyakan menggunakan Batubara sebagai bahan bakarnya.

2. Jenis Pembangkit Listrik Bahan Bakar Kayu

Sebelum ditemukanya Batubara, kayu merupakan bahan bakar untuk boiler. Namun kayu hanya bisa digunakan pada PLTU sekala kecil karena nilai kalori dari kayu yang kecil.

3. Jenis Pembangkit Listrik Bahan Bakar Gas

PLTG menggunakan GAS untuk bahan bakarnya. Gas lebih bersih dan ramah lingkungan daripada bahan bakar batubara.

4. Jenis Pembangkit Listrik Bahan Bakar Minyak

Jenis pembangkit ini menggunakan minya sebagai bahan bakarnya. Contoh pembangkit listrik itu adalah PLTD yang menggunakan Solar.

5. Jenis Pembangkit Listrik Bahan Bakar Reaktor Nuklir

Jenis Pembangkit ini (PLTN) menggunakan Reaktor Nuklir untuk menghasilkan panas.

6. Jenis Pembangkit Listrik Bahan Bakar Panas Bumi

Jenis Pembangkit ini (PLTP) menggunakan Panas Bumi untuk menghasilkan panas.

7. Jenis Pembangkit Listrik Bahan Bakar Sampah

Pembangkit Listrik Tenaga sampah menggunakan sampah untuk sumber tenaganya. Sebenarnya sampah merupakan gabungan dari beberapa bahan bakar untuk pembangkit. Karena dalam sampah terdapat berbagai macam bahan bakar seperti: Kertas, Kayu, Minyak, Daun, Plastik, Karet dll.

 

Jenis Pembangkit Listrik Masa depan Dunia

Kebutuhan energi listrik dunia semakin meningkat dengan bertambahnya jumlah penduduk bumi dan kebutuhan akan kemajuan teknologi. Semua negara berusaha mencari cara agar kebutuhan listrik dimasa depan dapat tetap terpenuhi mengingat cadangan energi untuk bahan bakar listrik semakin menipis.

Berikut adalah jenis jenis pembangkit listrik yang mungkin bisa dikembangkan atau baru mulai diteliti / dikembangkan oleh beberapa negara di dunia di masa depan.

1. Pembangkit Listrik Tenaga Manusia

Orang dewasa rata rata mengeluarkan 2000 kalori per hari. Jika penduduk bumi saat ini 7 milyar manusia x 2000 kalori maka akan diperoleh energi sebesar 14.000 milyar kalori = 14 milyar Kkal (kilo kalori) per hari. Jika 1 kwh (kilo watt hour) = 860 kilo kalori maka berapa kwh yang bisa dihasilkan semua penduduk di bumi?

14 milyar kilo kalori per hari / 24 jam = 583 juta kilo kalori per jam : 860 = 678.000 Kwh = 678 MW per jam.

Pembangkit listrik mini yang mungkin bisa di hasilkan manusia di masa depan mungkin bisa terapkan di alas kaki / sepatu, mengingat manusia banyak menghabiskan energi dengan berjalan kaki ataupun berlari. Memasang alat pembangkit listrik mini di sepatu namun sepatu tetap nyaman dan ringan saat dipakai. Listrik yang dihasilkan bisa disimpan dahulu di baterai penyimpan yang terletak didalam sepatu dan bisa dilepas dan energi yang tersimpan di baterai bisa digunakan untuk berbagai keperluan.

2. Pembangkit Listrik Tenaga Tumbuhan / Tanaman

Kalau pembangkit listrik dari tanaman, saat ini sudah banyak ilmuwan dari berbagai negara yang berhasil menghasilkan listrik dari tanaman. Mungkin perlu waktu beberapa puluh tahun lagi agar pembangkit listrik dari tanaman bisa dimanfaatkan untuk energi di masa depan.

3. Pembangkit Listrik Tenaga Hewan / Binatang

Berapa milyar, triliun jumlah hewan di Hewan bumi? tentu banyak bukan? Dimasa depan hewan juga bisa digunakan untuk menghasilkan listrik.

Burung burung bisa dipasang pembangkit listrik mini di tubuh mereka (kincir angin mini penghasil listrik) akan berputar dan menghasilkan listrik saat mereka terbang. Listrik yang dihasilkan akan dirubah menjadi gelombang radio yang bisa ditangkap oleh alat di bumi.

Jutaan ikan di lautan dipasang turbin air mini di badan mereka dan akan menghasilkan listrik saat mereka berenang di air.

4. Pembangkit Listrik Tenaga Gempa Bumi

Mungkinkah di masa depan manusia berhasil membuat Pembangkit listrik tenaga Gempa Bumi? Kita tunggu saja ya.

5. Pembangkit Listrik Tenaga Badai

Badai / Angin Topan / Tornado memiliki energi yang sangat besar. Yang menjadi masalah adalah bagaimana di masa depan ilmuwan bisa menciptakan pembangkit listrik bertenaga Badai?

6. Pembangkit Listrik Tenaga Gravitasi Bumi

Selain PLTA, mungkin suatu saat di masa depan ilmuwan bisa membuat pembangkit listrik dari tenaga gravitasi bumi.

7. Pembangkit Listrik Tenaga Hidrogen

Pengembangan pembangkit listrik berbahan bakar hidrogen terus dilakukan. Yang masih menjadi masalah adalah bagaimana manusia dapat membuat gas hydrogen dengan biaya murah, sehingga pembangkit listrik hidrogen bisa menjadi ekonomis. Ilmuwan saat juga belum mampu membuat hidrogen dari air dengan biaya yang murah.

8. Pembangkit Listrik Tenaga Petir

Saat ini ilmuwan dari berbagai negara sedang meneliti untuk bagaimana caranya agar energi dari petir yang besar dapat di simpan menjadi energi listrik yang dapat digunakan untuk keperluan manusia.

9. Pembangkit Listrik Tenaga Getaran

Getaran / vibrasi dari kendaraan mungkin dimasa depan bisa dirubah oleh suatu alat menjadi energi listrik.

10. Pembangkit Listrik Tenaga Suara

Mungkin di masa depan ilmuwan akan dapat menciptakan alat yang dapat merubah suara menjadi energi listrik. Suara mobil yang berisik di masa depan mungkin dapat dirubah menjadi energik listrik.

Dan masih akan banyak lagi dimasa depan pembangkit listrik baru yang dapat diciptakan untuk memenuhi kebutuhan energi listrik manusia.

Nah menurut Anda bagaimana? Apakan Jenis Pembangkit listrik baru yang akan diciptakan di masa depan?

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *